Breaking News

Informasi lebih lanjut tentang pneumonia, infeksi paru-paru yang berbahaya

caramesin.com-Apa itu pneumonia? Pneumonia adalah infeksi pada salah satu atau kedua paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur.

Infeksi ini menyebabkan peradangan pada kantung udara di paru-paru, yang disebut alveoli. Alveoli terisi dengan cairan atau nanah, membuat sulit bernafas.

Pneumonia yang disebabkan oleh virus dan bakteri biasanya ditularkan, biasanya melalui udara. Bahkan, penularan juga bisa terjadi jika Anda bersentuhan dengan permukaan atau benda yang terkontaminasi bakteri atau virus penyebab pneumonia.

Sedangkan pneumonia yang disebabkan oleh jamur dapat menular di lingkungan dan tidak menular.

Pneumonia diklasifikasikan lebih lanjut menurut di mana atau bagaimana ia didapat, sebagai berikut:

1. Pneumonia yang didapat di rumah sakit (HAP). Jenis pneumonia bakteri dikontrak selama tinggal di rumah sakit. Ini mungkin lebih parah daripada jenis lain karena bakteri yang terlibat mungkin lebih resisten terhadap antibiotik.

2. Community-acquired pneumonia (CAP). Ini mengacu pada pneumonia yang didapat di luar pengaturan medis atau institusional.

3. Pneumonia terkait ventilator (VAP). Ketika seseorang yang menggunakan ventilator menderita pneumonia, itu disebut VAP.

4. Pneumonia aspirasi. Menghirup bakteri ke paru-paru dari makanan, minuman, atau air liur dapat menyebabkan pneumonia aspirasi. Ini lebih mungkin terjadi jika Anda memiliki masalah menelan atau karena penggunaan obat-obatan, alkohol.

Pneumonia berjalan

Pneumonia berjalan adalah kasus pneumonia yang lebih ringan. Orang dengan tipe ini biasanya tidak tahu apakah mereka menderita pneumonia.

Ini karena gejalanya mungkin lebih mirip infeksi pernapasan ringan daripada pneumonia. Namun, pneumonia berjalan mungkin memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama. Gejala pneumonia berjalan dapat mencakup hal-hal seperti:

  • demam ringan
    batuk kering yang berlangsung lebih dari seminggu
    embun beku
    terkesiap
    sakit di dada
    nafsu makan menurun
See also  Viral Video Istri Polisi Ngamar Dengan Oknum Polisi,Saat Suami Sakit Dirawat di RS

Pneumonia sering disebabkan oleh virus dan bakteri seperti Streptococcus pneumoniae atau Haemophilus influenzae.

Namun, pada pneumonia berjalan, kondisi ini biasanya disebabkan oleh bakteri Mycoplasma pneumoniae.

Tahapan pneumonia:

Pneumonia dapat diklasifikasikan menurut area paru-paru yang terkena:

1. Bronkopneumonia,

Bronkopneumonia dapat mempengaruhi bagian dari kedua paru-paru Anda. Ini sering terletak di dekat atau di sekitar bronkus Anda. Ini adalah tabung yang mengalir dari tenggorokan ke paru-paru.

2. Pneumonia lobaris,

Pneumonia lobaris mempengaruhi satu atau lebih lobus paru-paru Anda. Setiap paru-paru terdiri dari lobus yang merupakan bagian dari paru-paru.

Pneumonia lobaris dapat dibagi lagi menjadi empat tahap berdasarkan perkembangannya:

– Pemblokiran. Jaringan paru-paru terasa berat dan sesak. Cairan yang mengandung organisme infeksius terkumpul di kantung udara.

– Hepatisasi merah. Sel darah merah dan sel kekebalan memasuki cairan. Hal ini membuat paru-paru menjadi merah dan padat. – Hepatisasi abu-abu. Sel darah merah mulai dihancurkan, sementara sel kekebalan tetap ada. Penghancuran sel darah merah menyebabkan perubahan warna, dari merah menjadi abu-abu.

– Resolusi. Sel-sel kekebalan mulai menghilangkan infeksi. Batuk produktif membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari paru-paru.

gejala

Gejala pneumonia dapat berkisar dari ringan hingga mengancam jiwa. Ini mungkin termasuk:

1. Batuk yang mengeluarkan dahak (phlegm)

2. demam

3. Berkeringat atau kedinginan

4. Sesak napas yang terjadi saat beraktivitas normal atau bahkan saat istirahat

5. Nyeri dada yang semakin parah saat bernafas atau batuk

6. Lelah atau lelah

7. Hilangnya nafsu makan

8. Mual atau muntah

9. Sakit kepala.

Check Also

Belimbing Wuluh

Rambut Modal 1 Belimbing Wuluh Bisa Libas Uban hinga Ke Akar,

caramesin.com – Rambut Hitam Bak Muda Lagi, Modalnya 1 Belimbing Wuluh Bisa Libas Uban hinga …