Hamil 3 Bulan: Bayi Mulai Dapat Mendengar

caramesin.com-Jika Anda berniat mendengarkan musik janin, ibu hamil bisa memulainya di bulan ke-3 kehamilan. Pasalnya, di titik ini janin sudah bisa mendengar suara dan percakapan, suara ibu hamil dan suara lainnya dari luar rahim ibu hamil lho.

Pada usia kehamilan 3 bulan atau di trimester kedua kehamilan, risiko kehamilan berkurang dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Selama waktu ini, gejala kehamilan, seperti mual di pagi hari, sering mulai berkurang. Pada saat yang sama, ibu hamil dapat lebih mudah beradaptasi dengan perubahan dalam tubuh.

Pertumbuhan janin selama 3 bulan kehamilan

Saat ibu hamil memasuki usia kehamilan 3 bulan, biasanya janin memiliki berat sekitar 23 gram dengan panjang sekitar 7,4 cm. Jumlah ini meningkat seiring dengan perkembangan organ janin setiap minggunya.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang perkembangan janin pada usia 3 bulan atau minggu ke 13 sampai 16:

minggu 13

Minggu ini, buahnya tumbuh seukuran lemon. Selain itu, beberapa perkembangan telah terjadi, yaitu:

Ovarium janin perempuan atau testis janin laki-laki berkembang.
Alat kelamin luar dibuat tetapi tidak terlihat pada USG. Janin mungkin mulai cegukan, meskipun ibu hamil mungkin tidak merasakannya. Ini adalah tanda bahwa dia sedang berlatih pernapasan.
Janin mulai mengisap. Ini adalah persiapan baginya untuk merawat puting dan bayinya dengan sangat baik setelah lahir.
Sekitar 2 juta telur terbentuk di ovarium janin perempuan.

Minggu 14

Pada minggu ini, janin sekitar 43 gram dan tinggi sekitar 8,7 cm. Juga minggu ini, ukuran tubuh janin berkembang pesat seiring dengan perkembangan lainnya seperti:

Buah secara bertahap mulai menelan cairan ketuban. Cairan ini segera masuk ke lambung dan diproses oleh ginjal, kemudian mengalir kembali seperti urin.
Ukuran lengannya lebih proporsional dengan ukuran tubuhnya.
Hati mulai memproduksi empedu. Limpa mulai memproduksi sel darah merah.
Rambut mulai tumbuh.
Otot-otot wajah mulai membuat ekspresi tertentu seperti membungkuk, mengerutkan kening dan menyeringai.

See also  Vidio Asli Onic Kayes Full No Sensor Viral New

Minggu 15

Berat janin pada minggu ke-15 mencapai 70 gram dengan tinggi kurang lebih 10 cm. Pada saat ini, janin sudah mulai mendengar suara seperti suara sistem pencernaan, detak jantung, dan suara ibu hamil. Tidak hanya itu, ada juga banyak acara lainnya minggu ini, seperti:

Telinga janin terus berkembang dan mulai menyerupai telinga orang dewasa.
Mata janin mulai bergerak perlahan dari kanan ke kiri kepala, sehingga terletak lebih dekat ke ujung hidung.
Mata bayi masih tertutup, tetapi menjadi sensitif terhadap cahaya dari luar perut.
Janin sering cegukan, tetapi tidak mengeluarkan suara karena tenggorokan penuh dengan cairan.

Minggu 16

Minggu ini, berat badan janin mencapai sekitar 100 gram dengan tinggi 11 cm. Ukurannya kira-kira sebesar buah alpukat. Pada minggu ke-16 kehamilan, ibu hamil mungkin mulai merasakan tendangan kecil dari bayi.

Pertumbuhan dan perkembangan janin lainnya, yang juga akan berlangsung minggu ini, meliputi:

Otot-otot wajah mulai terbentuk, tetapi belum dikendalikan oleh janin.
Sistem saraf mulai berkembang sehingga otot-otot lengan dapat bergerak.
Kepala mulai lurus. Mata ada di wajah, bukan di samping kepala.
Jantung dapat memompa sekitar 28 liter darah.

Perubahan hamil selama 3 bulan kehamilan

Jika ibu hamil biasanya mengalami morning sickness selama 2 bulan pertama kehamilan, ibu hamil di usia 3 bulan mungkin akan merasa lebih sehat dan nyaman. Gairah seksual yang mungkin telah hilang pada awal kehamilan juga dapat kembali normal.

Namun, jika ibu hamil masih ragu atau merasa tidak nyaman saat berhubungan seks, sebenarnya itu adalah hal yang wajar. Selain itu, stretch mark di perut bagian atas, bokong, kaki, dan dada mungkin mulai muncul pada usia kehamilan 3 bulan. Namun, garis kulit ini sering muncul di trimester ketiga kehamilan. Wanita hamil juga mungkin mulai mengalami perubahan kulit yang disebut kehamilan bersinar.

See also  Tautan Video Jeje Saddam Jadi buru-buru, netizen meminta Sandigaga Uno untuk membatalkan beasiswa

Saat berada di bulan ke-3 kehamilan, ibu hamil juga akan merasa lebih kuat dan lebih besar untuk mempersiapkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Pada saat ini, perut ibu hamil mulai membengkak. Meski tidak harus memakai baju hamil, ibu hamil bisa memakai baju yang lebih longgar dan nyaman setiap hari.

Beberapa hal yang harus diperiksa jika Anda hamil 3 bulan

Selain pemantauan berkala terhadap status kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin menggunakan USG, ada banyak kondisi di mana ibu hamil harus memeriksakan diri ke dokter di bulan ke-3 kehamilan. Misalnya jika ibu hamil mengalami nyeri saat buang air kecil atau air seni berwarna kuning tua dan tidak menyerupai bau biasa.

Pasalnya, ukuran rahim bertambah besar dan terjadi perubahan hormonal saat hamil, sehingga aliran urin ibu hamil bisa sedikit mengganggu. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Jika tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan infeksi ginjal pada ibu hamil.

Maka itu juga normal pada kehamilan untuk merasakan sakit kepala. Namun, jika ibu hamil mengalami sakit kepala yang tidak tertahankan dan terus-menerus, mereka juga harus dipantau, ya secara signifikan, karena bisa jadi merupakan gejala penyakit serius seperti preeklamsia.

Wanita hamil juga harus menyadari bahwa hormon kehamilan juga dapat mengubah tampilan tanda yang ada pada wanita hamil. Secara umum, hal ini tidak perlu menjadi perhatian, tetapi ada baiknya ibu hamil memeriksakan diri ke dokter, terutama jika tanda lahir tumbuh dengan cepat, bentuknya tidak valid, berdarah, atau tampak menonjol di kulit.

Apa yang harus dipertimbangkan di bulan ke-3 kehamilan?

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat hamil 3 bulan:

Berhubungan seks

Gairah seksual, yang mulai kembali normal setelah 2 bulan periode pertama kehamilan, mungkin tidak benar-benar terjadi. Oleh karena itu, janin dilindungi oleh cairan ketuban dari rahim, sehingga hubungan seksual selama kehamilan tidak berbahaya.

See also  5 Cara Untuk Mengatur Portofolio Saham Agar Cuan

Namun, percabulan harus dihindari jika:

Cairan ketuban bocor atau hancur.
Ibu hamil memiliki riwayat kehamilan atau kelahiran prematur.
Pendarahan atau keputihan yang tidak normal dapat terjadi pada wanita hamil. Ibu hamil menderita plasenta previa atau penempatan plasenta terlalu rendah.
Wanita hamil menderita penyakit serviks.
Pasangan menderita penyakit menular seksual.

Stretch mark

Seperti yang sudah disebutkan, pada usia kehamilan 3 bulan, stretch mark sudah bisa terlihat pada kulit ibu hamil.

Olahraga ringan dan penggunaan krim vitamin E dan AHA dapat menyembunyikan dan meringankan bekas luka. Namun, perubahan kulit ini seringkali bisa hilang setelah melahirkan.

Makanan yang dikonsumsi

Morning sickness yang dialami ibu hamil dalam 2 bulan terakhir dapat mempengaruhi nafsu makan dan pola makannya. Seiring dengan berkurangnya mual di pagi hari dalam 3 bulan kehamilan, ibu hamil sudah mulai mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang enak.

Pastikan ibu hamil mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kalsium, protein, zat besi dan asam folat ya. Jika perlu, ibu hamil dapat meningkatkan asupan gizinya dengan mengonsumsi suplemen kehamilan sesuai anjuran dokter.

Posisi tidur

Berbaring miring adalah posisi tidur paling nyaman dan sehat bagi ibu hamil. Selain itu, ibu hamil juga bisa menggunakan bantal tambahan untuk membuat posisi tidurnya lebih nyaman. Jika perlu, mintalah bantuan suami untuk melakukan pijatan guna meredakan rasa sakit yang dialami ibu hamil.

Jika Anda sedang hamil 3 bulan, meski sebenarnya risiko hamil sudah menurun, ibu hamil harus waspada dengan hal ini, ya. Beberapa tanda kehamilan yang harus diperhatikan pada ibu hamil antara lain perdarahan disertai bekuan atau jaringan, lemas dan kram, atau nyeri perut. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kehamilan di usia 3 bulan, seperti gejala kehamilan atau tips lain untuk kehamilan yang sehat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Related posts