4 Fungsi Turbocharger Pada Mesin Disertai Cara Kerjanya

Salah satu hal yang paling mendasar pada turbocharger alias turbo adalah terjadinya pemampatan udara terlebih dahulu pada kompresor turbo sebelum masuk ke dalam mesin dan bercampur dengan bahan bakar. Beda halnya dengan mesin mobil yang tidak dibarengi turbocharger, dimana tekanan udara tidak mengalami kenaikan sebelum masuk ke ruang pembakaran mesin diesel.

Pembahasan kali ini akan memberikan sedikit informasi terkait apa itu turbocharger atau turbo, cara kerja hingga fungsi fungsinya. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Turbocharger?

fungsi turbo pada kendaraan
Fungsi turbo pada kendaraan

Turbocharger adalah perangkat yang dipasang pada mesin kendaraan yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi, performa dan kinerja kendaraan. Inilah alasan mengapa banyak produsen mobil memilih untuk memasang turbocharger pada model kendaraan terbaru mereka, seperti Chevrolet Trax dan Equinox. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak kendaraan yang akan dilengkapi dengan mesin tersebut.

Turbo dipasang di bagian pipa gas buang kendaraan. Hal tersebut dilakukan agar gas buang hasil pembakaran dapat dimanfaatkan untuk memutar rotor turbin dan bilah kompresor secara bersamaan.

Bagaimana Cara Kerja Turbocharger?

cara kerja turbocharger
Komponen kerja turbocharger. Source: cummins.com

Turbocharger terdiri dari dua komponen utama, yaitu turbin dan kompresor. Turbin terdiri dari bilah turbin (1) dan rumah turbin (2). Rumah turbine berperan dalam memandu gas buang (3) ke dalam bilah turbin. Energi dari gas buang akan memutar bilah turbin kemudian keluar dari rumah turbin melalui area outlet buang (4).

Kompresor juga terdiri dari dua komponen yaitu roda kompresor (5) dan rumah kompresor (6). Cara kerja kompresor berlawanan dengan turbin. Roda kompresor dan bilah turbin dipasang pada satu poros baja tempa (7) yang sama. Jadi, saat turbin memutar roda kompresor, putaran kecepatan tinggi akan menarik udara dan mengompresnya. Rumah kompresor kemudian mengubah aliran udara berkecepatan tinggi dan bertekanan rendah menjadi aliran udara bertekanan tinggi dan berkecepatan rendah melalui proses yang disebut difusi. Udara terkompresi (8) didorong ke dalam mesin, memungkinkan mesin untuk membakar lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan lebih banyak tenaga.

See also  Begini Cara Daftar Bitcoin Dengan Mudah Dan Aman

Fungsi Turbocharger Pada Kendaraan

fungsi turbocharger
Apa saja fungsi turbocharger?

Fungsi utama dari turbocharger adalah untuk meningkatkan efisiensi kerja mesin mobil. Di bawah ini adalah penjabaran dari fungsi tersebut serta penjelasan mengapa turbo akan selalu ada meskipun dengan keterbatasannya.

1. Kompresi udara sebelum ke mesin mobil

Fungsi utama turbocharger adalah untuk untuk memampatkan lebih banyak udara yang mengalir ke dalam silinder mesin. Ketika udara dikompres, molekul oksigen akan menjadi lebih dekat. Hal ini membuat jumlah bahan bakar untuk dicampur dengan udara menjadi bertambah. Hasilnya, mesin turbo dapat menghasilkan tenaga mekanik dan efisiensi keseluruhan dari proses pembakaran, tanpa meningkatkan kapasitas mesin.

Oleh karena itu, ukuran mesin dapat dikurangi dengan hadirnya turbocharger, di samping manfaat lainnya seperti mengurangi berat dan ukuran mesin serta menghemat bahan bakar secara signifikan.

2. Konsumsi Bahan Bakar Lebih Hemat

fungsi turbo
Membuat mesin lebih efisien

Mesin dengan turbo akan menggunakan lebih sedikit bahan bakar karena ukuran mesin yang lebih kecil. Mesin turbo bisa menghemat bahan bakar hingga 20%.

Contohnya, terdapat dua mesin (dengan mesin turbo dan tanpa mesin turbo)  yang menghasilkan 200 horsepower. Untuk menghasilkan tersebut, mesin dengan turbo hanya membutuhkan 4 silinder, sedangkan mesin tanpa turbo memerlukan 6 silinder.

Selain konsumsi bahan bakar yang menurun, turbocharger juga berfungsi untuk membuat mesin diesel berjalan lebih cepat.

3. Meminimalkan Kebisingan

Dengan ukuran mesin yang lebih kecil untuk menghasilkan tenaga yang sama, itu berarti suara akibat mesin juga lebih sedikit. Selain itu, mesin turbo juga bertindak sebagai peredam tambahan dari kebisingan yang bisa dihasilkan oleh kendaraan.

Prosesnya, gas buang tidak akan langsung di arahkan ke knalpot, namun akan dialihkan ke turbo, sehingga bisa menurunkan suara berisik yang bisa dihasilkan.

See also  Cara Mengatasi Mobil Matic Mengalami Overheat

4. Mengurangi Emisi Gas

fungsi turbo
Mengurangi emisi gas

Prinsip kerja turbocharger adalah memanfaatkan karbon dioksida (gas buang) yang menyebabkan polusi, mengubahnya menjadi energi tekanan pada yang akan udara masuk ke mesin.

Karena ukurannya lebih kecil dari mesin biasa, maka mesin turbo hanya membutuhkan sedikit bahan bakar. Artinya, CO2 yang dihasilkan juga lebih sedikit. Tentu saja, hal tersebut merupakan hal bagus karena CO2 bisa mencemari lingkungan.

Jika kamu pengguna mobil dengan mesin turbo, maka kamu telah berpartisipasi dalam mengurangi emisi gas yang tidak baik bagi lingkungan sekitar. Setidaknya, kamu telah melakukan 1 hal baik.

Related posts