Breaking News

Berikut Penjelasan Retinol, Waspadai Efek Sampingnya Bisa Bikin Kulit Melepuh!

caramesin.com – Apa Itu Retinol? Waspadai Efek Sampingnya Bisa Bikin Kulit Melepuh!,Tak sedikit orang yang menggunakan produk kosmetik untuk merawat kulitnya agar sehat dan bercahaya. Banyak sekali kandungan dalam satu jenis produk kosmetik, salah satunya adalah retinol. Banyak orang bertanya-tanya apa itu retinol dan manfaat perawatan kulitnya.

Apa itu Retinol?

Apa itu Retinol?

Retinol adalah jenis retinoid, kelas obat yang mengandung vitamin A, juga dikenal sebagai vitamin A1. Karena retinol juga berasal dan terbuat dari vitamin A, sering digunakan untuk mengobati banyak masalah kulit serta masalah jerawat.

Vitamin A termasuk dalam dua keluarga senyawa yang disebut retinoid dan karotenoid. Retinol adalah senyawa dari kelompok retinoid.

Retinoid adalah bahan aktif umum dalam banyak obat dan kosmetik dermatologis karena memiliki efek positif pada kulit dan penampilan. Retinoid ini mencakup berbagai produk retinoid yang dijual bebas dan obat resep retinoid. Retinol yang dijual bebas juga tersedia dalam dosis 2 persen.

Retinol biasanya tersedia dalam berbagai bentuk seperti krim, emolien, gel, serum, secara oral. Ketika manfaat retinol ini termasuk dalam bahan perawatan kulit, mereka dapat membantu meremajakan kulit.

Manfaat retinol tersedia tidak hanya untuk kulit wajah, tetapi juga untuk seluruh tubuh. Itu harus digunakan secara teratur dan konsisten untuk menuai manfaat. Meskipun retinol memiliki banyak manfaat, zat ini juga dapat menimbulkan beberapa efek samping jika tidak digunakan dengan benar. Oleh karena itu, penggunaan retinol harus diperhatikan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui manfaat retinol serta efek sampingnya berikut ini.

Bagaimana Retinol Bekerja?

Retinol mampu menembus lapisan kulit yang dikenal sebagai stratum korneum dan juga dapat menembus sedikit lebih dalam ke lapisan yang dikenal sebagai dermis.

See also  Viral para korban kecelakaan truk pertamina di cibubur

Retinol masuk ke dalam kulit, kemudian diubah menjadi asam retinoat di dalam tubuh. Saat berada di lapisan kulit, retinol meningkatkan pergantian sel dan juga mencegah pemecahan kolagen dan protein yang meningkatkan elastisitas kulit.

Manfaat retinol

Berikut beberapa manfaat lain dari penggunaan retinol:

1. Perawatan nasi

Manfaat retinol sering digunakan untuk mengobati jerawat. Dengan membuka pori-pori kulit, retinoid memungkinkan antibiotik topikal masuk ke pori-pori. Kedua bahan ini membantu menghilangkan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Jerawat disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan minyak dari kelenjar yang menghalangi folikel rambut di kulit. Bakteri ini juga dapat menyerang pori-pori kulit yang tersumbat ini.

2. Mencegah penuaan

Retinol mampu melindungi kolagen kulit yang rusak dan merangsang pergantian sel serta produksi kolagen di kulit. Selain itu, penggunaan retinol juga memperkuat epidermis dan mengurangi jumlah air yang cepat menguap dari kulit. Mengencangkan kulit dan mengurangi serta menunda tanda-tanda penuaan kulit.

3. Meratakan warna kulit

Kulit kita bisa memiliki warna yang tidak merata karena terkena sinar matahari langsung. Retinol juga dapat memperbaiki warna kulit dan tekstur kulit yang tidak merata. Ini karena efek retinol pada pergantian sel serta produksi kolagen. 4. Mencerahkan kulit

Retinol juga berguna untuk mencerahkan warna kulit. Selain itu, kandungan tersebut membantu mencerahkan kulit kusam dengan melakukan pengelupasan pada tingkat sel, sehingga menghasilkan kulit baru yang tampak lebih cerah dan halus.

5. Mengurangi bekas luka dan pori-pori

Retinol juga berguna untuk memperbaiki tampilan bekas jerawat. Penggunaan retinol secara teratur dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit. Bekerja pada lapisan atas dan tengah kulit, retinoid dapat membuka pori-pori, menghaluskan bekas luka, dan juga memperbaiki warna dan tekstur kulit.

See also  Inilah Spesifikasi Dan Harga Terbaiknya 2022 Samsung A73 5G

Efek retinol

Di luar banyak manfaat kulitnya, retinol juga tampaknya menyebabkan efek samping. Dengan bantuan dosis biasa, busa ditoleransi dengan baik, sehingga tidak memiliki efek samping.

Namun, efek samping retinol biasanya terjadi ketika seseorang menggunakan bahan retinol dalam waktu lama atau mengambil dosis yang lebih tinggi. Efek samping yang terjadi biasanya kulit sangat kering, kulit merah, gatal dan kulit mengelupas.

Efek samping yang kurang umum termasuk perubahan warna kulit, jerawat, kepekaan terhadap sinar UV, peradangan kulit, dan kulit terbakar atau melepuh.

Menggunakan retinol inj dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Jadi kita harus menggunakan tabir surya dan memakai pakaian pelindung setelah menggunakan retinol.

Demikian ulasan tentang apa itu retinol? Lengkap dengan manfaat dan efek penggunaannya untuk perawatan kulit. Wanita hamil harus menghindari penggunaan retinol jangka panjang. Semoga ini membantu pemahaman Anda! Untuk informasi lainnya teman-teman bisa langsung kunjungi halaman kami di @caramesin.com

Check Also

Suzuki GSX-R150: Apa yang membuat motor sport ini menarik?

  caramesin.com-Seperti pabrikan sepeda motor lainnya, Suzuki juga merilis motor sport versinya. Ya, motor tersebut …