Begini cara cepat merawat mobil di rumah tanpa harus buru-buru ke bengkel

caramesin.com– memiliki mobil pribadi membutuhkan seseorang untuk menjaga dan merawatnya seperti layaknya sebuah mobil.

Tidak hanya dapat mengatasi hujan dan panas di jalan, tetapi juga menjaga performa mobil untuk perawatan agar dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Menurut Hariadi selaku Asst 4Wheel, 2Wheel & Marine Service Dept. Head of PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ada beberapa hal sederhana namun penting yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil sendiri tanpa membayar atau membawanya ke bengkel saat hari libur atau akhir pekan. Berikut ulasannya:

1. Bersihkan secara teratur

Membersihkan eksterior dan interior mobil penting untuk menjaga penampilan dan kenyamanan saat berkendara.

Mencuci mobil secara rutin minimal dua minggu sekali, membuang barang-barang yang tidak terpakai dan menjaga mobil tetap bersih adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan mobil.

Saat mencuci, gunakan sabun khusus mobil dan gunakan kain lembut untuk menghindari kerusakan cat, dan hindari mencuci mobil di bawah sinar matahari yang kuat, dapat merusak cat mobil.

2. Selalu hangatkan mesin

Meski tidak digunakan untuk perjalanan jauh, mesin mobil perlu dipanaskan dari waktu ke waktu agar oli dapat bersirkulasi dengan baik. Namun karena mobil saat ini sudah dilengkapi dengan ECU (Electronic Control Unit) yang dapat mengoptimalkan mesin, maka tidak perlu memanaskan mobil setiap hari, cukup dengan memanaskannya minimal dua hari sekali.

Pemanasan mesin mobil tidak memakan waktu lama, melainkan sekitar 5-10 menit.

3. Periksa bahan-bahannya

Saat memanaskan mobil, pastikan untuk memperhatikan lampu indikator komponen pada Multi-Information Display (MID) untuk masalah.

Cek juga secara manual komponen lain seperti air radiator, volume udara cadangan di tangki cadangan, volume minyak rem, kondisi ban, lampu mobil dan kelengkapan dokumen mobil.

See also  Kelebihan & Kekurangan Menggunakan Angin Nitrogen Pada Ban Mobil

4. Mengendarai mobil

Jangan memarkir mobil dalam waktu lama, pengemudi atau pemilik mobil sebaiknya sesekali mengemudikan mobil minimal 10 menit setiap dua hingga tiga hari sekali agar pengisian aki mobil lebih baik.

Baterai yang berkualitas dan terawat memiliki kapasitas yang lebih baik untuk menghemat energi, sehingga mencegah kebocoran yang dapat merusak program ECU, dan juga menjaga bagian-bagian kontrol sistem elektronik tetap terbuka, sehingga sulit untuk menghidupkan mobil.

Selain itu, terkadang mengendarai mobil juga dapat mencegah terjadinya titik kempes atau deformasi ban yang disebabkan oleh beban mobil yang bertumpu pada satu titik pada ban saat diparkir dalam waktu yang lama.

“Meski libur lebaran tahun ini di rumah saja, kami berharap para pengguna Suzuki tetap bisa melakukan aktivitas mengisi waktu luang, termasuk merawat mobil sendiri. Merawat mobil sendiri tentunya menjadi tanggung jawab pemilik mobil. Tujuan perawatan adalah untuk menjaga mobil dalam kondisi prima. Jadi saat kembali beraktivitas tidak perlu khawatir dengan masalah di jalan,” pungkas Hariadi dalam siaran pers Suzuki, Kamis.

Selain perawatan mobil mandiri, Suzuki juga menyediakan layanan perawatan mobil, seperti melalui Halo Suzuki for Home Service, Pick Up Service dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA).

Ada juga aplikasi MySuzuki dan website resmi belanja onderdil mobil online, seperti website Auto Value untuk pencarian mobil bekas atau jual mobil Suzuki online.

Related posts