Baking Soda Punya 14 Kegunaan Mengagumkan Ini

caramesin.com-Baking Soda Punya 14 Kegunaan Mengagumkan Ini Anda yang suka membuat kue pasti sudah tidak asing lagi dengan kegunaan baking soda bukan? Bubuk putih ini biasanya membuat adonan kue yang kita olah siap tumbuh dan membumbung melewati lingkaran loyang. Setelah ditelusuri, ternyata baking soda memiliki kegunaan lain di luar masakan, lho! Dari toilet hingga sepatu hingga kuku, berikut 14 benda yang bisa dibersihkan dengan baking soda.

1. Mengangkat Kotoran Di Karpet

Karpet sebagian besar menyenangkan untuk dimainkan dengan anak-anak, saudara kandung, atau hewan peliharaan Anda, bukan? Memang, karena sering digunakan, karpet juga rentan ditumbuhi banyak kuman dan bau tak sedap. Taburkan baking soda powder pada permukaan karpet secara merata, tunggu sekitar 30 menit, lalu gunakan penyedot debu pada penutup lantai seperlunya.

Tidak hanya bersih dari tanah, karpet juga akan wangi kedepannya seperti biasa. Lakukan trik yang sama untuk kebersihan kasur di kamar Anda!

2. Menghilangkan Bau Tidak sedap di Kulkas

Kulkas atau lemari es rentan terhadap bau yang dihasilkan dari makanan, minuman atau benda lain yang dimasukkan ke dalamnya. Kendalikan bau di pendingin dengan menggunakan soda kue. Taruh sekitar 5 sendok makan baking soda powder ke dalam gelas atau tempat gelas lainnya. Tambahkan satu atau dua tetes minyak lemon dan temukan kombinasinya di dalam pendingin.

Dengan ini, bau pendingin akan menjadi lebih tidak memihak dan tidak berbau. Ingatlah untuk mengganti bahan dengan yang baru secara konsisten!

3. Bersihkan Saluran Air yang Tersumbat

Ini paling sering terjadi di saluran pembuangan di wastafel. Hal ini paling logis disebabkan oleh noda atau tanah berkerak di antara saluran air. Tuang soda kue secukupnya ke dalam saluran, tuangkan selama satu hingga dua menit dan kemudian bilas dengan air mendidih agar tanahnya rontok dan saluran dapat berfungsi dengan baik lagi.

See also  Cara menanam buah di kebun sendiri

4. Membersihkan dan Menghilangkan Bau di Toilet

Taburkan soda kue ke dalam mangkuk kakus, diamkan selama 10 menit, lalu siram atau siram. Jamban akan menjadi lebih bersih dan yang terpenting jamban akan terhindar dari bau yang tidak sedap. Campuran soda kue untuk aroma kulkas yang sudah Anda pakai selama sebulan juga bisa digunakan untuk ini.

5. Menghilangkan Sisa Makanan yang Dikeringkan Dalam Oven

Taburkan baking soda di bagian dalam kompor, terutama yang memiliki noda atau bekas makanan kering. Kemudian semprot dengan air, jangan menyiramnya dengan cepat karena dapat membahayakan ayam pedaging itu sendiri. Biarkan selama beberapa jam dan kemudian bersihkan permukaan dengan spons dan bahan yang bersih.

6. Membersihkan Sisa Makanan di Wastafel

Taburkan baking soda pada permukaan wastafel, terutama pada bagian yang terdapat noda. Tunggu beberapa detik dan setelah itu gosok bagian tersebut dengan spons pembersih yang telah diberi air. Lihat bagaimana noda, minyak dan perlahan-lahan terangkat dan dibersihkan untuk tinggal kotoran. Hal yang sama harus dimungkinkan untuk pancuran atau bak mandi di rumah Anda.

7. Jaga agar Kamar Tidur Tetap Wangi

Tempatkan kompartemen terbuka kecil berisi baking soda powder di salah satu sudut strategis ruangan. Ini dapat membantu menjaga udara kamar Anda tetap segar dan menjauh dari organisme mikroskopis yang dibawa oleh sistem udara paksa di dalam ruangan.

8. Membunuh Bau di Sepatu

Sepatu bau adalah dampak yang disebabkan oleh banyaknya mikroorganisme yang terkumpul setelah berulang kali mengelola lantai atau jalan. Taburkan beberapa sejumput baking soda ke dalam sepatu dan biarkan sebentar. Keesokan paginya, sepatu tidak lagi berbau dan nyaman untuk digunakan.

See also  Cara Membuat Video TikTok Cepat Viral!

9. Membersihkan Mainan Si Kecil

Cobalah untuk tidak meremehkan tanah pada mainan si kecil. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihannya karena bisa jadi di luar jangkauan kita, si kecil tanpa sengaja memasukkan mainan ke dalam mulutnya dan terjadilah proses perpindahan organisme mikroskopis. Bersihkan mainan si kecil dengan merendamnya di air yang sudah dicampur dengan baking soda powder. Biarkan selama beberapa jam dan setelah itu bilas dengan air hangat.

10. Memutihkan Kuku Dalam Sekejap

Campurkan soda kue secukupnya dengan beberapa tetes air. Dengan bantuan kuas kecil, oleskan campuran ke kuku Anda dan biarkan selama sekitar 15 menit atau sampai mengering. Bilas dengan air dan lihat perbedaannya!

11. Menghilangkan Noda Krayon di Dinding

Bagi Anda yang memiliki anak kecil di rumah, dinding seringkali menjadi sasaran empuk si kecil untuk berkreasi dengan krayon atau pensil warna. Daripada menolak mereka untuk mengungkapkan, lebih baik tahu bagaimana menghadapinya. Anda hanya perlu menaburkan soda kue secukupnya pada bahan yang lembap untuk digunakan sebagai mekanisme mencoret-coret dinding. Ingat jangan terlalu dekat karena akan mengakibatkan perubahan warna pada cat.

12. Memadamkan Api Saat Terjadi Kebakaran Kecil

Jika ada api kecil di rumah, segera taburkan soda kue ke arah api. Api akan lebih mudah dipadamkan dan Anda akan dijauhkan dari yang terburuk. Pastikan soda kue berada dalam jangkauan, terutama di area yang cenderung ceroboh seperti dekat dengan kompor.

13. Bersihkan bau talenan setelah digunakan

Apalagi bagi Anda yang membuat talenan di dapur serba guna. Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami ketika irisan buah yang Anda butuhkan untuk makan berbau seperti irisan rebusan, atau sebaliknya. Sempurnakan secara rutin talenan kayu Anda dengan kombinasi taburan baking soda agar tidak berbau setelah digunakan.

See also  Resep Dan Cara Membuat Ayam Ungkep

14. Batasi Bau Tidak sedap di Tong Sampah

Wajar jika tempat sampah memiliki bau yang tidak sedap. Namun dengan menaburkan baking soda secukupnya di dalamnya, bau yang dihasilkan akan cenderung berkurang. Akibatnya lalat juga lebih ragu untuk berkerumun.

Jika Anda mengetahui beberapa tips lain yang terkait dengan penggunaan soda kue yang Anda lewatkan, lanjutkan dan bagikan di segmen komentar di bawah. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan layanan kebersihan rumah yang terpercaya dan profesional di Beres.id. Kirimkan permintaan tugas kepada kami dan kami akan mengaitkan Anda dengan master dan layanan pembersihan teratas.

Related posts