Apa Itu Cc Motor? Ini Pengertiannya

caramesin.com-Setiap kendaraan bermotor harus memiliki keterangan “cc” dengan detail. Hal ini berkaitan langsung dengan mesin yang digunakan. Mari kita coba cari tahu apa itu motor cc kali ini yang biasa masuk dalam spesifikasi motor untuk semua merk sepeda motor di dunia.

Pertimbangan membeli mesin biasanya mencakup faktor mesin cc. Anggapan umum orang adalah bahwa semakin besar cc sepeda motor, semakin cepat.

Apa itu mesin cc?

Apa yang dimaksud dengan mesin cc dapat dipahami sebagai sentimeter kubik atau sentimeter kubik, yang berarti ukuran ruang silinder di dalam mesin.

Semakin besar volume mesin yang ditandai dengan cc ini, semakin banyak gas yang masuk ke silinder menggunakan warna merah.

Konfigurasi cc besar memungkinkan lebih banyak gerakan, sehingga lebih banyak bahan bakar yang dapat dibakar. Padahal, tenaga yang dihasilkan lebih besar, sehingga torsi mesin lebih kuat. Anda yang sudah menggunakan banyak jenis mesin pasti paham betul perbedaan torsi yang dirasakan. Misalnya saat menggunakan Honda Vario 125 dengan Honda Vario terbaru berkapasitas 160 cc.

Ini tentu saja bisa menjadi perbedaan torsi yang disediakan oleh kedua mesin. Ini adalah analogi sederhana tentang pentingnya cc dalam volume mesin sepeda motor.

Apakah kapasitas mesin yang diiklankan selalu sesuai? Biasanya sepeda motor diiklankan atau ditawarkan dengan kapasitas mesin beberapa cc. Pertanyaannya, apakah volume yang dilaporkan sama dengan volume mesin yang sebenarnya? Jawabannya tidak persis.

Sepeda motor yang dijual dengan kapasitas mesin 150 cc biasanya berkapasitas 148 atau 149 cc, begitu juga sepeda motor dengan kapasitas mesin yang berbeda. Perbedaan kecil ini umumnya dipasarkan untuk tujuan pemasaran produk sepeda motor. Namun, ini tidak berarti bahwa daya yang dihasilkan jauh lebih rendah daripada yang ditawarkan. Sebelum dijual, sepeda motor menjalani serangkaian tes untuk memberikan data valid tentang cc dan kapasitas mesin dalam konteks test drive di lingkungan yang ideal.

See also  Begini Cara Daftar Bitcoin Dengan Mudah Dan Aman

Tidak banyak informasi untuk menjawab pertanyaan berapa volume cc sepeda motor yang biasa dimasukkan ke dalam mesin. Semoga bermanfaat dan selamat untuk kegiatan selanjutnya!

Related posts