AC Hemat Listrik Hingga 200 Watt, Memangnya Ada? Simak!

Untuk menjawab pertanyaan adakah AC yang bisa menghemat listrik sampai 200 watt, saya harus riset ke beberapa situs bule. Dan ketemu satu artikel yang berjudul The Most Energy Efficient Inverter Air Conditioner, artinya AC inverter dengan energi paling efisien. Selain itu, situs dan artikel lain juga saya riset untuk pertimbangan menulis informasi dan validasi, saling cross check antara satu informasi dan info lainnya.

Akhirnya, setelah membaca beberapa sumber referensi, saya mendapati kalau memang AC Inverter bisa menghemat penggunaan energi listrik. Dari beberapa aspek seperti pada prinsip kerja, AC Inverter tidak lebih banyak menggunakan listrik ketimbang AC Non Inverter.

Sebetulnya, penggunaan kata hemat agak membingungkan. Hemat itu adalah perbandingan kondisi normal dengan kondisi yang sudah dimodifikasi. Dalam hal ini, saya akan membandingkan watt konsumsi energi antara Air Conditioner Inverter dengan Non Inverter.

AC Inverter Bisa Hemat 200 Watt?

AC hemat 200 watt
AC hemat 200 watt, Adakah?

Jawabannya, ya, bahkan lebih dari 200 watt. Untuk membuktikan hal ini, contoh perhitungan sederhana terkait perbandingan konsumsi energi listrik antara AC Inverter dan non inverter diperlukan. Di samping itu, kita juga harus tahu berapa lama pengembalian dana dari menghemat energi listrik.

Sebelum masuk ke detail perhitungannya, ada baiknya jika kalian faham terlebih dahulu apa itu AC inverter. Singkatnya, inverter merupakan metode yang inovatif untuk menyesuaikan suhu ruangan dan mempertahankannya. Teknologi modern ini dapat mengubah suhu ruangan lebih cepat 25% setelah disetel oleh pengguna, serta dapat mempertahankannya dengan cara yang lebih efisien.

Tidak hanya itu, AC inverter juga diklaim bisa menghemat listrik sampai 40%. Informasi ini berdasarkan artikel dari theozonhole.com. Ada juga artikel yang menuturkan bahwa hemat listrik sekitar 30 sampai 50%.

Apa Itu Satuan Watt pada Energi Listrik?

Energi listrik diukur dalam watt atau satuan unit listrik. Watt pada dasarnya adalah Joule per detik, yang artinya berapa Joule yang dikonsumsi oleh perangkat elektronik setiap detiknya. Katakanlah kalian menggunakan alat elektronik dengan spesifikasi 5 Watt selama 10 detik, berarti konsumsi listriknya adalah 50 Joule. Hanya saja satuan energi ini jarang ditulis, justru yang paling sering kalian lihat adalah kWh (kilo Watt hour/ kilo Watt jam) yang sebetulnya sama saja (bedanya satu detik satu jam saja).

Energi Konsumsi AC Inverter vs Non Inverter

ac inverter vs ac non inverter
AC inverter vs AC non inverter

Pada beberapa kasus, produk memiliki penilaian tertentu dalam skala bintang. Penilaian atau rating ini ditentukan oleh konsumsi energi dan ukuran produk elektronik tersebut.

Dalam hal ini, rating atau penilaian Air Conditioner tergantung seberapa efisien penggunaan energi saat AC tersebut beroperasi/ dinyalakan.

Dan didapati bahwa AC inverter bintang 3 (BEE 3-star) lebih hemat dan efisien dibandingkan AC non inverter bintang 5 (BEE 5 Star). Bagaimana mungkin?

AC non inverter bintang 5 menghabiskan 576 unit energi untuk beban panas 0.75 ton selama 1600 jam, sementara AC inverter 3 bintang hanya menghabiskan 550 unit energi untuk beban dan durasi yang sama.

Jika bebannya dinaikkan menjadi 1 ton, maka hasilnya 760 unit vs 726 unit energi yang masih dipegang oleh AC inverter 3 bintang. Dan seterusnya.

Berdasarkan informasi di atas, bisa dikatakan kalau AC inverter memiliki konsumsi energi lebih rendah, karenanya AC inverter lebih hemat.

Seberapa Hemat AC Inverter? Lebih 200 Watt kah?

seberapa hemat AC inverter
Seberapa hemat AC inverter ini?

Mari kita mulai perhitungan sederhana berapa watt yang bisa dihemat oleh AC inverter. Asumsinya, AC inverter bisa menghemat 30% energi listrik, menurut beberapa perusahaan manufaktur. Air Conditioner pada kasus ini menggunakan 2HP AC.

Harga Air Conditioner:

  • Harga 2 Horse Power AC Merk Daikin adalah sekitar 9,8 juta untuk non inverter; dan 12,5 juta untuk AC inverter. Perbedaannya sekitar 2,7 juta rupiah.

Perhitungan konsumsi energi listrik:

  • Input energi untuk satu unit AC non inverter = 1835 Watt
  • Penggunaan harian: 8 jam per hari
  • Penggunaan bulanan : 8 jam x 30 hari = 240 jam per bulan
  • Konsumsi energi listrik = 1835 Watt x 240 jam = 440.4 kWh (kilo Watt hours)
  • Tarif energi di Indonesia = Rp 1400 per kWh (perkiraan kasar)
  • Biaya energi perbulan untuk AC non inverter = 440.4 kWh x 1400 = Rp 616,560

Asumsi 30% hemat energi AC inverter:

  • Biaya energi per bulan untuk AC inverter = 616,560 x 0.7 = Rp 431,592

Artinya, dengan AC inverter, hemat energi tiap bulannya sekitar 132.12 kWh atau sekitar Rp 184,968

Ingat tadi kan perbedaan harga AC inverter dan non inverter sekitar 2.7 jt rupiah? Kalau kalian hemat 185 ribu tiap bulannya, berarti 2.7 jt: 185 rb, butuh 15 bulan untuk menutupi perbedaan harga dengan ada nya hemat listrik.

Penutup

Sebagai kesimpulan, menjawab pertanyaan adakah AC hemat listrik 200 watt? Maka jawabannya, ada. Tergantung dari spesifikasi Air Conditoner inverter yang kalian beli, jumlah hemat energi listrik juga akan bervariasi. Dalam kasus ini, AC inverter Daikin 2HP dapat menghemat 550.5 Watt, dimana jumlah ini lebih besar dari 200 Watt.

Tinggalkan komentar