Cara Membersihkan Perhiasan Silver yang Menghitam Supaya Mengkilap Lagi Seperti Baru, Sipakan Sikat Gigi dan Sabun Cuci Piring

PERHIASAN SILVER

Apakah Anda menyukai perhiasan perak atau perak?

Ya, sekarang menjadi outlet perhiasan perak yang menghiasi mal. Perak dan perhiasan perak populer karena harganya cenderung lebih murah.

Itu juga terlihat hampir identik dengan emas putih. Tapi kualitas ada harganya.

Perhiasan perak atau sterling silver dapat ternoda saat digunakan. Kalau hitam, tentu tidak akan terlihat rapi.

Karena itu, sudah ada cara untuk membersihkan perhiasan perak hitam Anda agar kembali bersinar seperti baru. Ayo, lihat.

cara membersihkan perhiasan perak yang menghitam

Perhiasan berbahan perak atau perak akan lebih mudah ternoda jika kita tidak membersihkannya dengan hati-hati. Jika Anda menyimpan cincin, gelang, dan kalung perak Anda dan jarang menggunakannya, warnanya akan menjadi kusam saat Anda memakai kembali perhiasan tersebut.

Bahan perak yang telah disimpan lama menyebabkan reaksi kimia saat terkena udara, menggelapkan perak. Kabar baiknya, Anda bisa membersihkan perhiasan perak Anda agar terlihat seperti baru.

Namun, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengidentifikasi jenis perak yang Anda miliki. Perbedaan antara perak murni, perak murni dan perak berlapis

Penting untuk mengetahui komposisi perak pada perhiasan agar kita dapat membersihkan perhiasan perak dengan lebih mudah.

Pertama, ada yang namanya perak murni. Poles perhiasan kotor dengan sabun cuci piring
Perhiasan perak murni terbuat dari 100% perak.

Sedangkan sterling silver merupakan paduan antara perak dan logam lain seperti tembaga. Untuk mengetahui apakah perhiasan perak Anda adalah perak murni atau perak murni, cari cetakan kecil di dalam perhiasan.

Jika tertulis “925” berarti perhiasan tersebut terdiri dari 92,5% perak dan 7,5% logam lainnya. Sedangkan perhiasan lapis perak adalah perhiasan yang dilapisi foil perak yang menutupi permukaan logam lain, biasanya tembaga atau nikel.

Semua perhiasan perak dapat ternoda seiring waktu, tetapi perhiasan perak murni bertahan lebih lama. Membersihkan Perhiasan Perak:
Siapkan semangkuk kecil air hangat dan beberapa tetes sabun cuci piring ringan.

Kocok hingga berbusa. Kemudian masukkan perhiasan perak Anda ke dalam larutan selama 5 menit.

Gunakan sikat gigi yang lembut untuk membersihkan kotoran di antara perhiasan Anda. Bilas setiap perhiasan dalam semangkuk air bersih dan hangat.

Keringkan perhiasan Anda dengan kain lembut. Jangan gunakan handuk kertas karena dapat menggores permukaan perhiasan perak Anda.

・ Gunakan kain pemoles perak

Kain pemoles perak adalah kain lembut yang dirancang untuk membersihkan perhiasan perak tanpa merusak permukaan perak. Lap ini biasanya mengandung pembersih kimia dan siap pakai tanpa produk tambahan.

Caranya: Gosok perhiasan perak secara bergantian, bukan dengan gerakan melingkar, dengan kain pemoles perak. Jika Anda menggosok perhiasan, noda hitam akan menempel di kain.

Gunakan kain bersih jika perlu. gunakan krim pemoles perak

Selain kain, ada juga krim pemoles perak yang biasa digunakan untuk membersihkan alat makan perak.

Cara ini cocok untuk perhiasan perak yang memiliki luas permukaan besar, seperti liontin. Langkah-langkah mengoleskan krim pemoles perak: Bilas perhiasan Anda dengan air hangat, lalu oleskan sedikit krim pemoles ke permukaan dengan kain lembut atau spons.

Basahi spons sebelum mengoleskan krim. Bersihkan sudut-sudut perhiasan yang rapat, gosok krim pemoles sampai noda hilang.

Ulangi cara ini pada permukaan permata lainnya. Bilas perhiasan secara menyeluruh dengan air hangat, lalu keringkan dengan kain bersih dan lembut.

Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun agar tidak ada sisa polesan di tangan. Bersihkan perhiasan perak
Jika perhiasan yang Anda bersihkan terbuat dari perak murni, gunakan bahan abrasif ringan seperti soda kue untuk menghilangkan noda.

Kami merekomendasikan membersihkan perak sterling hanya dengan soda kue. Soda kue dapat menggores permukaan perak murni atau perhiasan berlapis perak.

Membersihkan perhiasan perak sterling: Campurkan soda kue dan air untuk membuat pasta dan gunakan kain lembut untuk mengoleskan pasta pada perhiasan perak sterling. Biarkan hingga benar-benar kering lalu bersihkan.

Alternatifnya, Anda bisa merendam perak murni dalam semangkuk cuka putih suling dan melarutkan beberapa sendok makan soda kue. Biarkan perhiasan terendam selama tiga jam.

Keluarkan perhiasan dari piring, bilas bersih dan poles setiap bagian.

Related posts