Breaking News

7 Alasan Kulkas Haier Tidak Mendingin

caramesin.com – 7 Alasan Kulkas Haier Tidak Mendingin,Kulkas Haier yang tidak dingin terkadang bisa terjadi secara tiba-tiba. Penyebabnya bisa terjadi karena beberapa faktor. Maka untuk memperbaikinya kita harus mengecek setiap komponen pada sistem pendingin satu per satu.

Kulkas yang tiba-tiba tidak dingin biasanya disebabkan oleh sistem pendingin yang tidak berfungsi. Akibatnya proses pendinginan suhu di dalam ruangan lemari es tidak terjadi.

Apa yang menyebabkan lemari es Haier tidak mendingin ?Apa yang menyebabkan lemari es Haier tidak mendingin ?

Berikut ini adalah alasan mengapa lemari es Haier tidak tiba-tiba menjadi dingin:

1. Catu daya tidak terhubung

Hal pertama yang harus dilakukan ketika kita menemukan lemari es Haier di rumah Anda tidak dingin adalah memeriksa apakah catu daya terhubung dengan benar atau tidak. Anda harus memastikan bahwa listrik dari rumah terhubung ke lemari es.

Coba buka pintu lemari es dan lihat apakah lampu lemari es menyala atau tidak. Jika menyala, itu tandanya sumber listrik baik-baik saja. Namun jika lampu kulkas tidak menyala saat pintu kulkas dibuka, ada kemungkinan kabel power supply putus yang bisa menjadi penyebabnya.

2. Refrigerant habis

Jika lemari es Anda sudah tua, kehabisan bahan pendingin bisa menjadi alasan mengapa lemari es Anda tidak dingin. Refrigeran merupakan elemen utama yang dibutuhkan dalam sistem pendingin yang berfungsi untuk menyerap panas di dalam lemari es dan membuangnya.

Oleh karena itu, jika refrigeran kulkas habis, dapat menyebabkan kulkas Haier tidak dingin. Penyebab refrigerant habis biasanya karena adanya kebocoran pada pipa refrigerant atau kompresor pada mesin pendingin kulkas.

Untuk menentukan volume refrigeran diperlukan peralatan khusus yang hanya dimiliki oleh teknisi perbaikan kulkas.

See also  Sony Prediksikan: Kamera HP Bakal Kalahkan DSLR Di Tahun 2024

3. Kompresor tidak berfungsi

Kompresor ibarat jantung dalam sistem pendingin kulkas. Fungsi kompresor adalah untuk mensirkulasikan refrigerant pada pipa-pipa dan komponen refrigerant dari lemari es.

Saat kompresor bekerja, kompresor akan memompa dan memampatkan zat pendingin di dalam pipa sistem pendingin, sehingga suhu lemari es yang diinginkan dapat tercapai. Kompresor akan menjaga suhu di lemari es pada tingkat yang diinginkan.

Oleh karena itu, jika kompresor tidak bekerja dapat menyebabkan sistem pendingin lemari es tidak bekerja secara normal.

Anda dapat menentukan apakah kompresor bekerja atau gagal dengan mendeteksi suara di lemari es. Jika setelah menyalakan lemari es selama beberapa menit tidak ada suara sama sekali, ada kemungkinan kompresor rusak

Pada lemari es tipe Haier dengan 2 pintu atau lebih, kompresor yang tidak berfungsi tidak selalu disebabkan oleh kerusakan pada kompresor. Karena kerusakan pada timer juga bisa mengakibatkan kompresor tidak bekerja dengan normal.

4. Termostat rusak

Penyebab berikutnya dari lemari es Haier tidak mendingin adalah karena kerusakan pada termostat. Termostat merupakan komponen dalam lemari es yang berfungsi untuk mengatur dan menjaga suhu lemari es agar tetap sesuai dengan yang diinginkan.

Di dalam termostat terdapat sensor suhu dan relay yang berfungsi untuk mengontrol kerja kompresor dengan cara mendeteksi suhu lemari es. Termostat akan memerintahkan kompresor untuk bekerja ketika suhu di dalam ruang lemari es meningkat. Ketika suhu lemari es telah kembali ke tingkat yang diinginkan, termostat akan menghentikan kerja kompresor. Jika termostat pada lemari es Haier Anda rusak, Anda perlu mengganti satu unit agar dapat kembali normal.

5. Masalah dengan sistem pencairan es

Sistem pencairan es yang tidak berfungsi juga dapat menyebabkan lemari es tidak dingin. Namun, hal ini hanya terjadi pada lemari es dengan 2 pintu atau lebih.

See also  Apa Itu Forward Bias Pada Dioda? Simak Penjelasannya!

Untuk kulkas tipe Haier 2 pintu dilengkapi dengan sistem defrost yang berfungsi untuk mencairkan koral es yang muncul di sekitar area evaporator. Jika tidak dicairkan, karang es yang terbentuk akan menutupi ruang evaporator dan saluran udara dingin di lemari es.

Selain di area ruang evaporator, ice coral juga bisa terbentuk di dalam freezer.

Sistem pencairan di lemari es terdiri dari beberapa komponen:

  • pengatur waktu
  • termofuse
  • sensor temperatur
  • Pemanas

Anda harus memeriksa komponen ini jika sistem pencairan di lemari es Anda bermasalah.

6. Kipas evaporator tidak berputar

Bahkan kipas evaporator yang tidak berputar bisa menjadi penyebab kulkas Haier tidak dingin. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tumpukan karang es yang terbentuk di sekitar kipas evaporator. Sehingga menghambat putaran kipas angin.

Kipas evaporator berfungsi untuk meniupkan udara dingin dari evaporator ke dalam freezer dan ruang lemari es. Oleh karena itu, jika kipas tidak berputar, maka udara dingin tidak akan tersalurkan ke dalam lemari es.

7. Modul kesalahan

Bagi anda yang menggunakan kulkas tipe inverter, kerusakan modul bisa menjadi penyebab kulkas anda tidak tiba-tiba dingin. Modul ini berfungsi untuk mengatur dan mengontrol sistem pendingin pada lemari es.

Oleh karena itu, kegagalan fungsi modul dapat menjadi faktor lain yang dapat menyebabkan sistem pendingin lemari es tidak berfungsi. Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan lemari es Haier tidak dingin. Sebaiknya bawa kulkas ke tempat perbaikan kulkas agar bisa segera dilakukan.

Check Also

Sony Alpha 1 Dapat Update Dengan Kapasitas Rekam Vidio 8K,

caramesin.com – Sony Alpha 1 dapat Update, Kini Bisa Rekam Video 8K,Sony resmi mengumumkan pembaruan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.