Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Mendingin Tapi Freezer Baik-Baik Saja

caramesin.com – Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Mendingin Tapi Freezer Baik-Baik Saja,Salah satu jenis kerusakan lemari es adalah lemari es tidak dingin tetapi freezer baik-baik saja. Umumnya kondisi kerusakan seperti ini tidak terlalu parah. Karena sistem pendingin masih berjalan dengan baik.

Masalahnya adalah bahwa penyebaran udara dingin tidak terjadi dengan benar. Sehingga hanya area freezer yang dingin, sedangkan kulkas tidak dingin.

Alasan kulkas tidak dingin tetapi freezer baik-baik sajaAlasan kulkas tidak dingin tetapi freezer baik-baik saja

Penyebab utama lemari es tidak mendingin sedangkan freezer baik-baik saja adalah karena sistem pencairan di lemari es tidak berfungsi secara normal. Defrost berguna untuk mencairkan es karang yang terbentuk di area sekitar evaporator.

Bagi anda yang belum tahu, evaporator merupakan pipa pendingin yang berguna untuk menghasilkan udara yang bersuhu rendah. Letak evaporator berada di belakang freezer. Anda harus membuka penutup belakang ruang freezer agar dapat melihat kondisi area evaporator.

Suhu dingin yang dihasilkan oleh evaporator dihembuskan oleh kipas evaporator ke dalam ruang freezer dan masuk ke saluran udara yang menuju ke lemari es.

Saat lemari es beroperasi, suhu di sekitar evaporator sangat dingin. Kondisi ini menyebabkan terbentuknya lapisan ice coral di area evaporator. Oleh karena itu, jika tidak dicairkan akan menumpuk dan menutupi area evaporator.

Dalam beberapa kasus bahkan dapat menghambat putaran kipas evaporator sehingga menyebabkan lemari es tidak menjadi dingin. Untuk mencairkan es karang yang terbentuk di ruang evaporator, lemari es dilengkapi dengan sistem defrost. Sistem defrost secara berkala akan mencairkan karang es di sekitar jaringan pipa evaporator.

Kerusakan pada sistem defrost dapat menyebabkan lemari es tidak bekerja dengan normal, salah satu gejala kerusakan adalah lemari es tidak dingin tetapi freezer baik-baik saja.

See also  All New Vario 125 Harga Setara Iphone 12 Pro Max

Bagaimana memperbaikinya ?

Untuk memperbaiki kerusakan lemari es karena sistem defrost tidak berfungsi, kita harus mengecek komponen-komponen sistem defrost satu per satu. Secara sistem, fitur pencairan kulkas terdiri dari beberapa komponen:

  • pengatur waktu. Untuk mengatur kapan waktu pencairan untuk mulai bekerja.
  • termofuse. Mencegah kerusakan akibat panas berlebih.
  • Sensor pencairan. Mendeteksi suhu di sekitar evaporator
  • pemanas. Pemanasan area evaporator untuk mencairkan es karang.

Sekarang saatnya untuk memeriksa komponen-komponen dalam sistem pencairan kulkas.

1. pengatur waktu

Timer digunakan untuk mengatur kerja defrost. Di dalam komponen ini terdapat relay yang berfungsi untuk mengatur pemberian arus listrik antara heater dan kompresor. Jadi, ketika relay memberikan arus listrik ke pemanas, kompresor tidak akan bekerja, dan sebaliknya.

Berikut cara memeriksa timer:

  • Periksa konektor dan sambungan kabel pada timer.
  • Putar timer dan lihat apakah Anda mendengar roda berputar di timer.
  • putar timer dan periksa apakah relai pada timer berfungsi dengan benar.
  • Jika saat dicek timer menunjukkan gejala tidak normal, sebaiknya ganti timer kulkas dengan yang baru.

2. Termofuse

Thermofuse berfungsi untuk melindungi komponen di area evaporator dari kerusakan akibat panas yang berlebihan dari heater. Komponen ini akan memutus aliran listrik ke pemanas ketika panas di evaporator mendekati 75 °C.

Untuk memeriksa kondisi thermofuse dapat dilakukan dengan mengukur hambatan pada kedua ujung thermofuse menggunakan ohmmeter atau multimeter.

Jika tidak ada hambatan yang terdeteksi, kemungkinan thermofuse rusak atau rusak. Ganti thermofuse dengan yang baru

3. Sensor

Fungsi sensor suhu pada defrost adalah untuk mendeteksi suhu di sekitar area evaporator. Sensor ini mengandung bimetal yang dapat berubah bentuk jika terkena suhu dingin.

See also  Kamu Wajib Tahu, Ini Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatan!

Pada prinsipnya sensor ini merupakan relay yang menghubungkan dan memutuskan aliran listrik ke heater. Ketika suhu di sekitar evaporator sangat dingin, logam bimetal di dalam sensor akan berubah bentuk dan menghubungkan suplai listrik ke pemanas.

Untuk mengecek kondisi sensor dapat dilakukan dengan mengukur hambatan pada kedua ujung sensor. Pada suhu normal, hambatan di kedua ujung sensor adalah nol. Tempatkan sensor dalam es cair selama beberapa menit. Seharusnya sensor akan menunjukkan resistensi yang tak terbatas.

4. Pemanas

Cara mengatasi kulkas tidak dingin tapi freezer baik-baik saja adalah dengan memeriksa pemanasnya. Komponen ini berfungsi untuk mencairkan karang es yang terbentuk di area evaporator.

Anda dapat memeriksa pemanas dengan mengukur hambatan pada pemanas menggunakan ohmmeter. Pemanas normal akan memiliki nilai resistansi tertentu, biasanya beberapa ratus Ohm.

Namun, jika pemanas telah rusak atau pecah, maka tidak ada hambatan yang akan diukur sama sekali pada pemanas.

Demikian penjelasan cara memperbaiki kerusakan kulkas berupa kulkas tidak dingin tapi freezer baik-baik saja. Kerusakan kulkas seperti ini seharusnya mudah diperbaiki sendiri tanpa perlu menggunakan jasa teknisi.

Anda hanya perlu mengidentifikasi setiap komponen dalam sistem pencairan es lemari es dan menggantinya jika Anda menemukan kerusakan pada salah satu komponen sistem pencairan es.

Related posts