6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

caramesin.com-Manfaat air kelapa tidak hanya menghilangkan dahaga tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Selain mengatasi gejala dehidrasi ringan, minum air kelapa juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Para peminum biasanya memilih air kelapa di cuaca panas untuk menghilangkan dahaga. Selain rasa yang menyegarkan, air kelapa juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Dalam 1 gelas atau sekitar 240 ml air kelapa murni terdapat 46 kalori dan berbagai nutrisi seperti :

karbohidrat
marah
protein
Vitamin C
Mineral seperti magnesium, potasium, dan kalsium
Antioksidan

Berbagai manfaat kesehatan dari air kelapa

Selain menghilangkan dahaga, air kelapa juga bisa memberikan beberapa manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat air kelapa yang bisa Anda dapatkan:

1. Meningkatkan kekuatan fisik

Tidak hanya dapat memberikan efek menyegarkan, air kelapa juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat di dalam air kelapa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi agar Anda lebih termotivasi untuk beraktivitas.

2. Hindari dehidrasi

Air kelapa juga sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengatasi dehidrasi ringan. Meski demikian, dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk mencegah dehidrasi.

3. Pertahankan ketekunan

Air kelapa mengandung berbagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Bahkan air kelapa yang ditambah perasan jeruk nipis dianggap sebagai minuman yang bisa menyembuhkan COVID-19. Namun, manfaat air kelapa perlu dipelajari lebih lanjut. 4. Mengurangi risiko penyakit jantung
Air kelapa diduga memiliki efek menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, mengurangi penumpukan lemak yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

5. Pencegahan penyakit batu ginjal

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa air kelapa dapat mencegah pembentukan kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Akibatnya, air kelapa dianggap efektif mencegah batu ginjal.

See also  Walk In Interview Food Advisor Prima Freshmart Golden City – Bekasi

6. Menurunkan tekanan darah

Manfaat air kelapa dianggap baik untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Air kelapa mengandung potasium, yang telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Namun, manfaat air kelapa untuk menurunkan tekanan darah masih perlu penelitian.

Cara minum air kelapa

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari air kelapa, Anda perlu mengkonsumsi air kelapa murni langsung dari buah kelapa. Selain itu, juga disarankan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan pada makanan.

Jika Anda mengonsumsi air kelapa dalam kemasan, pastikan kemasannya tidak rusak dan perhatikan kandungan nutrisinya. Kebanyakan botol air kelapa tidak lagi bersih dan tidak memiliki rasa atau tambahan gula. Jika dikonsumsi terlalu banyak, sudah pasti tidak baik untuk kesehatan Anda.

Anda bisa menyimpan air kelapa dalam kemasan di lemari es agar tetap segar. Namun, begitu dibuka, segera gunakan air kelapa dalam kemasan setidaknya selama 24 jam.

Jika Anda mengalami masalah seperti mual, muntah, sakit perut atau diare setelah minum air kelapa, bicarakan dengan dokter Anda tentang pemeriksaan dan pengobatan.

Related posts