5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

caramesin.com-Manfaat puasa bagi kesehatan mulai dari menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung hingga menjaga kesehatan mental. Salah satunya puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat puasa, baca artikel ini.

Saat ini, sebagian orang mungkin beranggapan bahwa puasa adalah ritual yang dilakukan dalam rangka memenuhi tuntutan agama atau tradisi. Namun siapa sangka ternyata ada banyak manfaat kesehatan di balik puasa. Selain itu, puasa juga sering dilakukan sebagai bentuk diet yang disebut puasa intermiten.

Perubahan fisik selama puasa

Selama puasa, tubuh berubah sesuai dengan lamanya puasa. Dibutuhkan tubuh sekitar 6-8 jam untuk menyerap nutrisi dari makanan dan minuman. Artinya, tubuh bisa berpuasa dengan makanan.

Oleh karena itu, penting untuk makan dan memberi makan sebelum berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam. Dalam keadaan normal, sumber energi utama dalam tubuh adalah gula yang diperoleh dari metabolisme karbohidrat atau gula yang disimpan di hati dan otot. Saat berpuasa, minuman gula ini digunakan untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh. Selain gula, jaringan adiposa juga dapat diolah menjadi sumber energi.

Ketika sumber energi ini tidak cukup, tubuh membakar protein otot untuk menghasilkan energi. Fase terakhir ini disebut periode kelaparan. Namun, ini hanya terjadi jika seseorang berpuasa selama beberapa hari tanpa membatalkan puasanya.

Oleh karena itu, penting untuk makan dan memberi makan sebelum berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam. Anda juga harus memastikan bahwa Anda memiliki cukup cairan untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan selama puasa. Minum air putih secara teratur saat berbuka puasa dan sahur.

Selain itu, Anda bisa minum teh untuk menghidrasi tubuh. Sebuah penelitian mengatakan bahwa ketika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, sejenis teh, seperti teh hitam, memiliki efek menghidrasi yang hampir identik dengan air murni.

See also  Headset gaming Razer Kraken Kitty V2 Pro rilis

Beberapa manfaat puasa bagi kesehatan
Berikut berbagai manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

1. Menurunkan berat badan

Manfaat puasa diketahui dapat membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu, puasa juga baik untuk menjaga berat badan ideal.

Penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga meningkatkan pembakaran kalori dan lemak tubuh. Ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Ini juga akan menghindari risiko obesitas.

2. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang berpuasa secara rutin selama kurang lebih 1 bulan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi dibandingkan orang yang tidak berpuasa.

Ini mungkin karena orang yang berpuasa bisa mengatur pola makannya lebih sehat. Saat berpuasa, sebagian orang kerap mengubah pola makannya menjadi lebih sehat, termasuk membatasi makanan berlemak. Selain itu, ada juga kemungkinan untuk makan teh secara teratur. Teh diketahui mengandung flavonoid yang baik untuk kesehatan.

Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung flavonoid, seperti teh, diduga dapat mencegah peningkatan kadar lemak (kolesterol) darah, menurunkan risiko diabetes, dan melancarkan peredaran darah.

3. Mengurangi resiko diabetes

Salah satu manfaat puasa lainnya adalah mengurangi risiko diabetes. Hal ini terkait dengan efek puasa yang merangsang pertumbuhan metabolisme tubuh dan meningkatkan produksi insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah.

Tak hanya itu, ada juga penelitian yang menyebutkan puasa bisa membantu menekan resistensi insulin dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini dapat mengurangi risiko diabetes pada orang yang berpuasa.

4. Mengurangi resiko kanker

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Akibatnya, laju pembelahan sel dalam tubuh, termasuk sel kanker, menurun saat puasa karena asupan makanan yang terbatas.

See also  Perawatan Motor Matic Baru yang Tepat Agar Awet

Selain itu, diyakini juga bahwa metabolisme yang lebih baik berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker pada orang yang berpuasa. Namun, manfaat puasa ini masih belum dieksplorasi.

Ingatlah bahwa untuk mencegah kanker, juga tepat untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti diet seimbang dan bergizi, banyak istirahat, olahraga teratur, pengurangan stres, tidak merokok dan menghindari alkohol.

5. Menjaga kesehatan mental

Puasa tidak hanya baik untuk kesehatan fisik tetapi juga untuk kesehatan mental.

Ini karena puasa dapat membantu menurunkan hormon stres atau kadar kortisol dan merangsang endorfin yang baik untuk meredakan kecemasan. Hal ini diduga terkait dengan efek puasa yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Tidak hanya itu, puasa juga dapat membuat seseorang merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta. Menenangkan perasaan dan suasana batin sehingga pikiran menjadi lebih jernih.

Konsep puasa intermiten

Puasa intermiten memiliki pola yang mirip dengan Senin hingga Kamis. Kesepakatan tersebut terdapat dalam konsep makanan yang diterapkan, yaitu konsep makanan 5 : 2 sebagai 5 hari tanpa puasa dan 2 hari dengan perut kosong. Tujuan puasa ini biasanya untuk menurunkan berat badan.

Jika Anda menjalani puasa intermiten, sebaiknya batasi asupan kalori dengan mengonsumsi hanya sekitar 500-600 kalori. Puasa sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun, perlu juga diingat bahwa puasa juga bisa berbahaya jika tidak mengonsumsi sahur atau jika tubuh sedang tidak sehat.

Puasa umumnya tidak dianjurkan untuk orang dengan penyakit atau kondisi tertentu, seperti penyakit ginjal, kerusakan hati, tekanan darah rendah, tekanan darah rendah, diabetes, gangguan makan dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Selain itu, wanita hamil atau menyusui juga tidak dianjurkan dan orang yang menjalani pengobatan tertentu, seperti kemoterapi, berpuasa.

See also  (Watch) Will Smith's Emotional Apology Video for Oscar Slap's slap in Latest Video

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kondisi atau penyakit tertentu dan ingin berpuasa, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda dapat dengan aman menikmati manfaat puasa.

Related posts