Breaking News

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

caramesin.com-Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Minyak alami ini tidak hanya baik untuk menjaga berat badan, tetapi juga menurunkan tekanan darah. Tak heran bila minyak zaitun kerap digunakan untuk mengolah makanan atau sebagai campuran bahan makanan.

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Berdasarkan proses ekstraksi yang dilalui dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya, minyak zaitun terbagi menjadi tiga varian, yaitu extra virgin, virgin, dan refined (light). 10 Manfaat

Kandungan gizi minyak zaitun

1 sendok makan atau setara dengan 15 ml minyak zaitun mengandung 120 kalori dan berbagai nutrisi:

13,5-14 gram lemak
0,1 miligram kalsium
0,1 miligram kalium
0,3 miligram natrium
1,9 miligram vitamin E
8 mikrogram vitamin K.
Meski mengandung banyak lemak, lemak yang terkandung dalam minyak zaitun merupakan jenis lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, omega 3 dan omega 6. Minyak zaitun mengandung kolin dan antioksidan. seperti flavonoid. . dan antioksidan, polifenol.

Berbagai manfaat kesehatan dari minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang sehat dan baik untuk kesehatan. Karena berbagai kandungan nutrisi dan antioksidannya, ada banyak manfaat minyak zaitun yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Periksa tekanan darah Anda

Salah satu manfaat minyak zaitun yang paling populer adalah mengontrol tekanan darah. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun murni lebih dari 50-60 ml, atau setara dengan sekitar 4 sendok makan sehari, kemungkinan memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

Hal ini diyakini karena kandungan antioksidan dan asam lemak sehat dalam minyak zaitun, yang dapat melepaskan lemak darah dan mengurangi peradangan lemak darah.

See also  Harga dan Spesifikasi Keluaran Nokia X150 5G, Terbaru 2022 Viral di TikTok

2. Mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan antioksidan minyak zaitun juga berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak zaitun tidak memiliki kolesterol atau lemak jenuh, sehingga tidak menumpuk dalam lemak darah. Minyak atsiri ini sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penumpukan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke.

3. Menurunkan kolesterol

Mengganti lemak jenuh atau lemak hewani dengan minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada orang dengan kolesterol tinggi.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), yang baik untuk kesehatan jantung. Selain minyak zaitun, minyak sehat lainnya, seperti minyak lobak dan minyak kelapa murni, memiliki manfaat serupa.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Diet sehat menggunakan minyak zaitun dalam pengolahan makanan dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

Antioksidan adalah zat yang mencegah kerusakan sel dan dicegah oleh radikal bebas. Antioksidan juga diketahui dapat menghambat dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Jalankan otakmu

Salah satu manfaat minyak zaitun yang juga sangat penting adalah menjaga kesehatan dan fungsi otak. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan antioksidan dan zat anti inflamasi dalam minyak zaitun mengurangi risiko penyakit otak seperti stroke dan demensia.

6. Pertahankan berat badan Anda

Minyak zaitun juga baik untuk Anda yang sedang diet, termasuk paleo diet atau sedang berusaha menjaga berat badan ideal. Minyak alami ini juga baik dikonsumsi untuk mencegah obesitas. Namun, untuk menuai manfaat dari minyak zaitun, Anda perlu berolahraga secara teratur, mengurangi asupan kalori dan hidup sehat.

7. Mengatasi kemacetan
Sembelit sering terjadi karena pola makan yang buruk, seperti jarang minum air putih atau kurang minum makanan berserat. Agar kotoran lebih kental dan mudah dilewati, Anda bisa mengonsumsi fiberglass dari buah-buahan dan sayuran.

See also  Begini Cara Hasilkan Uang Dari Youtube Short!

Selain itu, minyak zaitun dapat dikonsumsi dalam pengobatan sembelit, karena menenangkan kotoran sehingga dapat dengan mudah dihilangkan dari tubuh.

8. Periksa kadar gula darah Anda

Satu studi menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengikuti diet sehat, termasuk minum minyak zaitun, memiliki kadar gula darah yang lebih terkontrol. Hasilnya, minyak zaitun bermanfaat dalam mengurangi risiko diabetes.

9. Melembabkan dan mengeringkan kulit

Minyak zaitun mampu memerangkap kelembapan pada kulit, sehingga sering digunakan untuk merawat kulit kering. Anda bisa mengeringkan kulit wajah, tangan atau kaki Anda dengan minyak zaitun.

10. Menjaga kesehatan mulut

Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan antibakteri. Berkat efek ini, minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, berkumur dengan minyak zaitun seringkali dapat mencegah bau mulut dan juga memperbaikinya. Meski banyak yang diklasifikasikan, berbagai manfaat kesehatan jangka panjang dari minyak zaitun masih memerlukan penelitian.

Selain karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang relatif tinggi, antioksidan juga baik dikonsumsi oleh anak-anak maupun ibu hamil atau menyusui. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutu, bahkan sebagai agen pengurang lemak yang dicampur dengan minyak esensial.

Cara menyimpan minyak zaitun yang benar

Jika ingin membeli minyak zaitun, pilihlah varian extra virgin. Minyak zaitun jenis ini memiliki banyak antioksidan dan nutrisi, sehingga dianggap lebih sehat daripada jenis minyak zaitun lainnya. Minyak zaitun extra virgin biasanya disimpan dalam botol berwarna hitam agar lebih awet dan tidak mudah rusak oleh sinar matahari.

Setelah membuka tutupnya, disarankan untuk menggunakan minyak zaitun selama 6 bulan. Simpan minyak zaitun pada suhu kamar dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

See also  Bad Thinking Diary Chapter 2 Read Indonesian Subtitle

Saat membeli minyak zaitun, jangan lupa untuk memilih produk yang terdaftar di BPOM RI. Perhatikan juga tanggal produksi pada kemasan untuk menentukan batasan penggunaan minyak zaitun. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang kandungan, penggunaan dan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Check Also

Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik

Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik

caramesin.com – Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik, Industri manufaktur pada era ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published.