5 Jenis Kemasan Makanan yang Ramah Lingkungan sebagai Pengganti Plastik

caramesin.com-Saat ini, penggunaan plastik sebagai alat pengemasan makanan sudah berkurang. Karena semakin banyak sampah plastik yang mencemari lingkungan, karena sampah plastik membutuhkan waktu puluhan tahun untuk diurai oleh bakteri di dalam tanah. Selain itu, paparan mikroplastik pada makanan ditengarai berbahaya bagi kesehatan dan memicu berbagai jenis penyakit berbahaya. Oleh karena itu, kita perlu mengganti penggunaan plastik sebagai alat pengemasan makanan dengan jenis lain yang lebih ramah lingkungan.

Dikutip dari Healthline.com, berikut 5 jenis kemasan makanan yang bisa digunakan sebagai pengganti plastik dan lebih ramah lingkungan.

1. Wadah kaca

Sebagai bantuan pengemasan makanan, wadah kaca lebih ramah lingkungan daripada wadah plastik. Wadah kaca juga mudah dibersihkan dan dapat digunakan kembali sebagai kemasan makanan. Namun, wadah kaca lebih berat dari wadah plastik dan wadah kaca mudah pecah. Oleh karena itu, wadah kaca hanya dapat digunakan sebagai kemasan makanan rumah tangga.

2. Wadah baja tahan karat

Food grade, stainless steel lebih baik dari plastik. Selain itu, wadah stainless steel mudah dibersihkan, tahan panas, tahan karat dan dapat digunakan kembali sebagai kemasan makanan. Stainless steel memiliki bobot yang tidak terlalu berat, sehingga lebih nyaman untuk dibawa kemanapun Anda pergi.

3. hidangan bambu

Bambu memiliki sifat yang lebih mudah terurai dibandingkan plastik, sehingga bisa disebut ramah lingkungan. Selain itu, bambu memiliki sifat tahan panas serta bobot yang ringan, meskipun penggunaan bambu sebagai bahan kemasan makanan tidak bertahan lama.

4. Hidangan bekatul

Wadah dedak padi adalah produk terbarukan dalam peralatan pengemasan makanan berkualitas tinggi. Selain itu, wadah dedak padi murah untuk diproduksi, tahan lama dan dapat digunakan kembali.

See also  Detik Penangkapan Nikita Mirzani di Mal Perbelanjaan Netizen Soroti Histeris Arkana Mawardi

5. Gelatin Film yang Dapat Dimakan

Selain wadah dedak padi, food film gelatin juga dapat digunakan sebagai peralatan pengemasan makanan terbarukan. Percobaan pertama dengan gelatin edible film sebagai alat pengemasan makanan, yaitu pembungkus bumbu mie instan yang tidak perlu dibuka kemasannya. Cukup tuangkan air panas ke dalam bungkus bumbu mie instan dan bumbu bungkus akan larut dalam air. Selain itu, edible gelatin film dianggap aman sebagai bahan kemasan makanan walaupun hanya sekali pakai.

Itulah 5 jenis kemasan makanan ramah lingkungan sebagai alternatif pengganti plastik, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Related posts