4 Cara Merawat Mesin Sepeda Motor agar Tetap Awet

caramesin.com-Tidak dapat disangkal bahwa sepeda motor adalah mobil yang praktis dan mudah dikendarai untuk semua orang. Banyak yang memilih mobil roda dua ini. Selain sangat murah, mesin memiliki banyak manfaat dan kegunaan, seperti untuk membeli, mengantar atau mengantar anak ke sekolah, penggunaan di tempat kerja, pengiriman barang, dan manfaat lainnya.

Maka, tidak heran jika banyak orang saat ini beralih ke mesin untuk penggunaan praktisnya. Namun dibalik banyaknya manfaatnya, sepeda motor juga membutuhkan perawatan untuk menjaga tenaga mesin dan menjaga mobil tetap stabil dalam penggunaan. Jangan abaikan perawatan dan servis yang jelas-jelas akan merusak mesin dan mengganggu berbagai aktivitas saat menggunakan mesin.

Berikut rangkuman dari situs resmi Astra Motor empat cara merawat motor agar mesin tetap terjaga dan bertenaga.

1. Ganti oli secara teratur dan sesekali

Cara pertama adalah Anda perlu mengganti oli mesin secara berkala. Oli sepeda motor harus diganti setidaknya setiap dua bulan atau sesuai dengan penggunaan mesin agar mesin Anda tetap bertenaga. Oli memegang peranan penting bagi mesin, selain untuk melumasi mesin, oli juga berguna untuk mendinginkan mesin saat bekerja.

2. Periksa aki sepeda motor

Cara kedua adalah pemeriksaan aki mesin yang melelahkan. Baterai merupakan perangkat penting dalam hal kelistrikan sepeda motor. Saat menggunakan sepeda motor, baterai kering dan basah harus disimpan untuk menjaga performa mesin.

3. Ban dalam kondisi baik

Sebelum bepergian, sebaiknya periksa kondisi ban, terutama udara di dalam ban. Jangan biarkan kekurangan udara, karena dapat merusak Anda di jalan dan mudah merusak ban dan roda Anda.

4. Lakukan servis rutin

Cara lain agar mesin sepeda motor tetap kuat adalah dengan bekerja keras dan selalu membawa sepeda motor ke bengkel sepeda motor. Anda dapat membawa sepeda motor ke pusat layanan resmi setidaknya setiap 5.000 kilometer. Tujuannya untuk mengecek kondisi mesin dan perlengkapan sepeda motor Anda. Jangan abaikan servis rutin ini, karena jika mesin rusak, biaya Anda akan bertambah.

See also  Bisakah Kaya dari Saham? Ini Tips Caranya

Related posts