Tips menghindari helm kotor dan berjamur di musim hujan

caramesin.com-Saat musim hujan tiba, tidak perlu rutin mencuci atau menyeka hanya bodi sepeda motor. Namun, helm juga bisa cepat, bahu yang bau bisa menjadi berjamur. Tentunya helm yang berwarna abu-abu dan bau apek akan sangat mengganggu Anda saat menggunakannya bukan?

Ya, musim hujan adalah waktu yang cukup tidak menyenangkan bagi pengendara sepeda motor. Karena itu, di musim hujan ini, kondisi helm selalu basah. Jika Anda tidak merawatnya dengan baik maka helm menjadi bau apek bahkan berjamur.

Sehingga, Anda harus lebih rajin merawatnya agar helm bau apek dan berjamur tidak terjadi. Adad beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari helm bau apek dan berjamur. Yuk, baca artikelnya sampai selsai, ya.

Tips Mencegah Helm Bau Apek dan Berjamur
Ketika hujan turun dan masih berada di jalan, menjadi salah satu faktor helm menjadi basah dan bau apek bahkan berjamur. Selain itu, helm yang basah dan bau pasti akan membuat perjalanan Anda semakin tidak menyenangkan.

Helm mana yang bau apek karena jarang ada sinar matahari di musim hujan. Jadi kita tidak bisa menjemur helm kesayangan kita di bawah sinar matahari, itu membuat helm bau dan berjamur.

Helm yang jarang berventilasi dapat dengan mudah membentuk area helm. Belum lagi bagian dalam helm merupakan bagian yang langsung menyentuh kepala sehingga keringat menempel di dalamnya.

Yuk simak ulasan berikut ini untuk mencegah helm bau apek dan berjamur. Sehingga, helm tetap nyaman saat digunakan meskipun musim hujan.

Meletakan Posisi Helm Terbalik

Tips pertama gara untuk menghindari helm bau dan berjamur saat musim hujan adalah dnegan melatakan posisi helm terbalik. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa ketika musim hujan matahari akan jarang sekali muncul di langit sehingga akan sulit untuk menjemur helm.

See also  Ravn ONEUS Dituduh Selingkuh hingga Perkosa Pacar Inilah KlarifikasivLabel RBW

Maka dari itu, Anda cukup meletakkan helm dalam posisi terbalik. Tujuannya agar panas masuk ke dalam helm dengan cepat. Jadi jika helm digunakan dan terkena hujan, Anda dapat membalikkan helm dan membiarkannya selama sekitar 1 jam.

Kemudian kembalikan helm ke posisi semula dan simpan di tempat yang kering. Helm yang jarang berventilasi dapat dengan mudah membentuk area helm. Selain itu, bagian dalam helm merupakan bagian yang langsung menyentuh kepala, sehingga keringat menempel di bagian dalam.

Sudah basah karena hujan ditambah terkena keringat kepa Anda. Apa yang harus dilakukan? Jadi apabila helm sudah cukup basah akibat keringat ataupun terkena hujan, kamu cukup mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan saja.

Disarankan untuk tidak menjemur langsung di bawah sinar matahari. Karena ketika menjemur langsung di bawah sinar matahari akan membuat Expanded Polystyrene/ Styrofoam (EPS) menjadi cepat getas. Jika helm rapuh, kemampuan menyerap goncangan berkurang dan keamanan helm tidak terlalu baik. Tapi hal yang sama ditayangkan untuk sementara waktu.

Busa untuk mencuci helm

Tips lain untuk mencegah helm berbau debu dan jamur adalah dengan rutin mencuci busa helm. Tidak harus konstan karena sinar matahari jarang terjadi, tetapi setidaknya harus dilakukan dari waktu ke waktu.

Anda dapat mencuci helm Anda setidaknya dua kali seminggu. Cara merawat helm sebenarnya tidak rumit, cukup rendam di air hangat. Kemudian jemur di bawah terik matahari dan tunggu hingga kering.

Hal sederhana ini mencegah bakteri jahat tumbuh di helm. Selain itu, foam wash juga mengurangi bau tak sedap dan gatal-gatal pada kulit kepala. Jadi usahakan untuk mencuci busanya agar tidak berbau seperti debu saat digunakan di musim hujan. Nah, perlu diingat bahwa jika memungkinkan dan memungkinkan, jika Anda ingin membeli helm, usahakan untuk memilih helm yang bisa dibongkar pasang dan dipasang busa. Karena itu, busanya bisa dicuci agar helm tidak berbau debu dan jamur.

See also  Borok Masa Lalu Rizky Billar Terungkap Lewat Jejak Digital, Netizen: Pentingnya Tau

Semprot dengan kadar alkohol rendah

Tip lain untuk mencegah bau dan jamur helm adalah semprotan parfum rendah alkohol. Agar helm kesayangan Anda tetap bau dan tidak bau, disarankan untuk menyemprotkan parfum rendah alkohol sebelum memakainya.

Jika perlu, helm selalu disemprot dengan parfum setiap hari, bahkan saat tidak digunakan. Namun, ingat ya harus parfum dengan kadar alkohol rendah. Kenapa tidak menggunakan alkohol tinggi? Sebab parfum dengan alkohol tinggi biasanya kadarnya merusak bagian busa helm.

Menggunakan Helm Ketika Rambut Kering

Menggunakan helm ketika rambut kering juag merupakan cara untuk menghindari helm bau apek dan berjamur saat musim hujan, loh. Sebelum berpergian ke suatu tempat, pastikan jika rambut Anda sudah benar-benar kering supaya bagian helm tidak ikut basah. Namun, meski rambut dalam keadaan kering, keringat yang keluar dari rambut biasanya menyebabkan jamur di helm. Dan tidak hanya itu, jika jarang dicuci biasanya baunya seperti debu.

Untuk mencegahnya, gunakan topi agar rambut dan bagian dalam helm tidak basah. Cara perawatan helm ini cocok untuk Anda yang sering bepergian.

Mencegah bau apek dan helm apek

Pencegahan Bau dan Jamur Helm (Sumber Gambar: Google)
Perhatikan cara memakai helm saat parkir
Cara agar helm tidak berbau debu dan jamur adalah dengan memperhatikan cara memakai helm saat parkir. Jika Anda tiba di tempat tujuan dan ingin meninggalkan helm Anda, coba letakkan di kursi alih-alih menggantungnya di cermin.

Jika helm tergantung dari kaca spion, ada kemungkinan besar helm itu akan jatuh. Bukan hanya helm saja yang kotor, bagian luar atau kacanya mudah pecah dan tergores. Belum lagi saat hujan, biasanya bersembunyi di kaca spion akan menyebabkan air hujan menetes.

See also  Simak Plat Nomer Putih Akan Di Perlakukan Pada Bulan Juni 2022

Disarankan untuk merawat helm dengan menyimpannya di jok motor jika ada banyak bagian jok. Anda juga bisa menggantungkannya di bagian belakang motor karena lebih aman.

Nah, itulah beberapa tips untuk menghindari helm bau apek dan berjamur saat musim hujan. Pasikan helm terkena angin apabila basah karen air hujan merupakan langkah awal yang harus Anda lakukan.

 

Related posts