Ternyata Ini Alasan Mengapa Ukuran Ban Motor Depan Harus Lebih Kecil Dari Ban Belakang

ban motor depan

caramesin.com – Ada Alasannya, Kenapa Ukuran Ban Motor Bagian Depan Lebih Kecil,Secara umum, penggunaan ban sepeda motor di bagian depan lebih kecil daripada di bagian belakang, dan ini sepertinya menjadi alasannya.

Misalnya pada sepeda motor matic dengan pelek 14 inci, ukuran ban depan yang digunakan adalah 80/90. Di bagian belakang terpasang ban 90/90 dengan ukuran pelek yang sama.

Ternyata ada beberapa alasan mengapa ukuran ban motor yang dipasang berbeda-beda, diantaranya untuk menunjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. “Alasan ukuran ban depan lebih kecil agar lebih mudah dikemudikan saat bermanuver,” kata Jimmy Handyo kepada Echo.Customer Service Belakangan Direktur PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR.

Jimeni melanjutkan: Pada prinsipnya mengubah ukuran ban depan menjadi lebih besar dari ukuran ban belakang tidak dilarang bagi pemilik sepeda motor. “Biasanya mengganti ban ke ukuran lebih besar membuat motor terlihat lebih ramping,” ujarnya.

Tapi itu akan membuat pengelolaan arah sedikit lebih berat dari sebelumnya, kata Jamie. Pendapat senada diungkapkan Dodiyanto, senior brand officer dan pengembangan produk di produsen ban IRC PT Gajah Tunggal Tbk.

“Ukuran ban depan sepeda motor yang kecil ditujukan untuk kelincahan dan akselerasi sepeda motor,” ujarnya. Dan karena beban di bagian belakang lebih mengesankan, pabrikan ban belakang cenderung menggunakan ukuran yang lebih besar.

“Untuk itu, jika ingin mengubah ukuran ban sebaiknya tetap standar agar tidak mempengaruhi kemampuan manuver dan akselerasi motor,” pungkas Dodianto.

See also  Saksikan Ikrar Cinta Kaesang dan Erina 9 Desember 2022: Cek Jam Tayangnya di SCTV Sekarang Juga

Related posts