Breaking News

Sistem Suspensi Pada Balt Joint

caramesin.com – Fungsi Ball Joint dan Bagian-bagian Ball Joint Pada Sistem Suspensi,Sistem suspensi merupakan bagian dari mobil yang berfungsi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara dengan meredam getaran, guncangan dan osilasi di jalan yang buruk.

Ball Joint

Sistem suspensi terdiri dari banyak komponen dasar seperti peredam kejut, pegas, sambungan bola, balok penyangga, balok penstabil dan banyak lagi. Komponen sistem suspensi di setiap mobil mungkin berbeda tergantung dari jenis sistem suspensi yang digunakan.

Pada sistem suspensi independen dengan pegas koil, biasanya terdapat komponen yang disebut ball joint.

Fungsi sambungan bola dan bagian-bagiannya

Ball joint merupakan bagian dari sistem suspensi yang berfungsi untuk menyerap beban vertikal dan lateral serta sumbu putaran roda selama putaran. Konstruksi dan karakteristik ball joint dapat dilihat pada gambar di atas.

Dari foto di atas terlihat bahwa ball joint terdiri dari banyak bagian, seperti pin, shoe, case, rubber cushion.

Terdapat sepatu atau karet pelindung/penutup pada ball joint, sepatu ini berfungsi untuk melindungi ball joint dari kotoran yang dapat mengganggu kerja dari ball joint itu sendiri.

Biasanya ada dua sambungan bola di satu sisi, sambungan bola atas dan sambungan bola bawah. Setiap ball joint memiliki pelumas tersendiri, pelumas yang digunakan adalah jenis pelumas, tujuannya agar gerakan menjadi lembut dan kasar. Pelumas ini harus diganti pada beberapa interval dengan beberapa jenis lithium molibdenum disulfida. Untuk jenis sambungan bola yang menggunakan grip resin, tidak diperlukan penggantian gemuk.

See also  3 Fungsi Mass Air Flow Sensor pada Kendaraan EFI

Check Also

5 Komponen Motor yang Harus Rutin Diganti, Jangan Sampai Lupa!

caramesin.com-Sepeda motor merupakan jenis mobil yang paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Ini lebih praktis …

Leave a Reply

Your email address will not be published.