Simbol dan Fungsi Kapasitor beserta Jenis-jenisnya

Lambang dan Fungsi Kapasitor dan Jenisnya – Kapasitor (Kapasitor) atau disebut juga dengan Kondensor (Kondensor) adalah Komponen Elektronik Pasif yang dapat menyimpan muatan listrik untuk waktu sementara dengan satuan kapasitansi adalah Farad. Satuan kapasitor diambil dari nama penciptanya, tepatnya Michael Faraday (1791 ~ 1867) yang berasal dari Inggris. Namun, Farad adalah unit yang sangat besar, oleh karena itu secara keseluruhan kapasitor yang digunakan dalam perangkat keras elektronik adalah unit Farad yang diturunkan menjadi picoFarad, NanoFarad dan MicroFarad.

Konversi Satuan Farad adalah sebagai berikut:

1 Farad = 1.000.000µF (miniatur Farad)
1µF = 1000nF (nano Farad)
1µF = 1.000.000pF (piko Farad)
1nF = 1000pF (pico Farad)

Kapasitor adalah komponen elektronika yang terdiri dari 2 pelat saluran yang pada umumnya terbuat dari logam dan di antara keduanya terdapat isolator sebagai pemisah. Dalam Rangkaian Elektronik, Kapasitor disingkat dengan huruf “C”.
Baca juga : Cara Kerja dan Struktur Dasar Kapasitor.

Jenis Kapasitor

Berdasarkan bahan isolator dan nilainya, Kapasitor dapat dipartisi menjadi 2 jenis, yaitu Kapasitor Nilai Tetap dan Kapasitor Variabel. Berikutnya adalah klarifikasi singkat untuk setiap jenis kapasitor:

A. KAPASITOR NILAI TETAP (FIXED CAPACITOR)

Fixed Value Capacitor atau Kapasitor Tetap adalah kapasitor yang nilainya tetap atau tidak berubah. Berikutnya adalah jenis-jenis kapasitor yang nilainya tetap:

1. Kapasitor Keramik (Ceramic Capacitors)

Kapasitor Keramik adalah kapasitor yang isolatornya terbuat dari keramik dan berbentuk bulat kecil atau persegi panjang. Kapasitor Keramik tidak memiliki jalur atau polaritas, sehingga dapat dipasang ke sana kemari di sirkuit Elektronik. Pada umumnya, Nilai Kapasitor Keramik berkisar dari 1pf hingga 0,01µF.

Kapasitor sebagai Keripik (Chip Capacitors) pada umumnya terbuat dari bahan Keramik yang dibundel kecil untuk mengatasi masalah peralatan Elektronik yang dirancang lebih kecil dan dapat dipasang oleh Mesin Produksi SMT (Surface Mount Technology) yang cepat.

See also  Viral Video Zoya Hashmi di Twitter dan Reddit

2. Kapasitor Poliester (Kapasitor Poliester)

Kapasitor Polyester adalah kapasitor yang isolatornya terbuat dari bahan Polyester dengan bentuk persegi panjang. Kapasitor Polyester dapat dipasang terbalik di sirkuit Elektronik (tidak memiliki polaritas terarah)

3. Kapasitor Kertas (Paper Capacitor)

Kapasitor kertas akan menjadi kapasitor yang isolatornya terbuat dari kertas dan secara keseluruhan nilai kapasitor kertas berkisar dari 300pf hingga 4µF. Kapasitor Kertas tidak memiliki polaritas arah atau dapat dipasang dengan cara ini dan itu di Sirkuit Elektronik.

4. Kapasitor Mika (Kapasitor Mika)

Kapasitor mika adalah kapasitor yang isolatornya terbuat dari mika. Nilai kapasitor mika pada umumnya mencapai dari 50pF hingga 0,02µF. Kapasitor mika juga dapat dipasang kembali karena tidak memiliki polaritas arah.

5. Kapasitor Elektrolit (Kapasitor Elektrolit)

Kapasitor Elektrolit adalah kapasitor yang bahan isolatornya terbuat dari elektrolit (Elektrolit) dan berbentuk silinder/ruang. Kapasitor Elektrolit atau disingkat ELCO banyak digunakan pada Rangkaian Elektronika yang membutuhkan kapasitansi tinggi. Kapasitor Elektrolit yang memiliki Polaritas Positif (- ) dan Negatif (- ) ini menggunakan Aluminium sebagai penutup dan sekaligus sebagai terminal Negatifnya. Sebagai aturan umum, nilai Kapasitor Elektrolit berkisar dari 0,47µF hingga ribuan mikrofarad (µF). Biasanya pada badan Electrolytic Capacitor (ELCO) akan tertera Nilai Kapasitansi, Tegangan (Voltage), dan Terminal Negatifnya. Hal yang perlu diperhatikan, Kapasitor Elektrolit dapat meledak jika polaritas (jalan) instalasinya terbalik dan melebihi batas tegangan.

6. Kapasitor Tantalum

Kapasitor tantalum juga memiliki polaritas bantalan positif (+) dan negatif (- ) serta kapasitor elektrolit dan bahan isolatornya juga berasal dari elektrolit. Disebut Kapasitor Tantalum karena kapasitor jenis ini menggunakan Tantalum Metal sebagai terminal Anoda (+). Kapasitor Tantalum dapat bekerja pada temperatur yang lebih tinggi dari jenis Kapasitor Elektrolit lainnya dan selanjutnya memiliki kapasitansi yang sangat besar tetapi dapat dibundel dalam ukuran yang semakin kecil. Oleh karena itu, Kapasitor Tantalum merupakan jenis kapasitor yang harganya mahal. Sebagai aturan umum, ini digunakan pada perangkat keras elektronik kecil seperti ponsel dan laptop.

See also  Perbedaan TV Digital vs Video Streaming, Lengkap Penjelasannya

B. VARIABEL KAPASITOR (VARIABLE CAPACITOR)

Kapasitor Variabel adalah kapasitor yang nilai kapasitansinya dapat diatur atau diubah. Secara fisik, Variable Capacitor ini terdiri dari 2 jenis, lebih spesifiknya :

1. VARCO (Kondensator Variabel)

VARCO (Variable Condensator) berbahan logam dengan ukuran yang lebih besar dan umumnya digunakan untuk memilih Gelombang Frekuensi pada Rangkaian Radio (digabungkan dengan Antena Spool dan Oscillator Spool). Tanda

Related posts