Simak, Adab Bermedia Sosial Yang Baik Dan Benar

caramesin.com – Adab Bermedia Sosial Yang Baik,Di era digital, media sosial menempati posisi penting dalam kehidupan seseorang. Karena perkembangan media sosial yang begitu pesat menjadikan media ini tidak hanya untuk menjalin silaturahmi, tetapi telah menjadi media yang multifungsi. Dimulai dengan media untuk berkolaborasi, berkolaborasi, berkreasi, berdagang, dan berbagi pemeliharaan.

Adab Bermedia Sosial Yang Baik,

Media sosial terus mengupdate diri dengan menghadirkan berbagai fitur menarik agar pengguna tidak bisa terburu-buru meninggalkannya. Teks, foto, video, infografis, animasi, dll dapat dibagikan melalui media sosial.

Media sosial dapat menjadi media yang tepat bagi seseorang untuk membangun portofolionya dalam meniti karir di era digital. Facebook, WhatsApp, Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, dan Snapchat, menjadi contoh dari beberapa media sosial yang sedang populer sekarang.

Namun, karena karakteristik media sosial yang bersifat terbuka dan masif, maka menjadikan media ini berada dalam dua sisi, yaitu positif dan negatif. Berada dalam sisi positif, manakala media sosial digunakan sebagaimana mestinya, misalnya digunakan sebagai media edukasi atau hiburan.

Berada dalam sisi negatif, manakala media sosial tidak gunakan sebagaimana mestinya dan merugikan orang lain, seperti digunakan untuk menyebarkan hoaks, penipuan, pencurian data pribadi, ujaran kebencian, pornografi, dan berbagai tindak kejahatan lainnya.

Oleh karena itu, ada standar dalam penggunaan media sosial, tidak sembarangan dan serampangan. Etiket media sosial yang harus dimiliki setiap orang meliputi:

1. Penyampaian informasi sesuai fakta

Saat berbagi informasi di jejaring sosial, kita harus memastikan bahwa informasi itu benar. Kami tidak ingin menyebarkan informasi yang tidak benar dan kami menyembunyikan informasi yang benar terutama karena kami ingin menjadi viral.

2. Bukan sekedar berbagi informasi

Ketika kita menemukan artikel menarik di media sosial, terkadang kita ingin membagikannya, terlepas dari apakah kita sudah membaca artikel tersebut. Bukan hanya karena judulnya yang menarik, mari kita bagikan walaupun kita tidak tahu isinya. Jadi baca dulu artikelnya tentang apa, jika dirasa bermanfaat maka bagikan agar orang lain bisa menggunakannya.

See also  Bahaya Makan Gorengan dan Cara Menyiasatinya

3. Selalu periksa dan periksa

Media sosial menyajikan jutaan informasi untuk dibaca penggunanya, namun sayangnya tidak semua informasi di jejaring sosial sesuai dengan kenyataan. Oleh karena itu, kita harus selalu berhati-hati dan mengecek kebenaran semua informasi yang diperoleh melalui media sosial, terutama yang bersifat subjektif dan provokatif, agar terbebas dari penipuan.

4. Komentar yang bagus

Mengomentari postingan orang lain adalah cara yang bagus untuk berinteraksi di media sosial. Namun saat berkomentar juga harus dilakukan dengan bijaksana, yaitu menggunakan bahasa yang sopan, memilih emoji yang sesuai dan bersikap sopan. Boleh saja mengkritik, tapi hati-hati dengan perkataanmu agar tidak menyakiti perasaan orang lain.

5. Tidak ada ujaran kebencian

Meskipun kita dapat membagikan apa pun di media sosial, kita tidak boleh memposting apa pun yang mengandung ujaran kebencian. Karena bisa menimbulkan kerusuhan. Jadi tulislah sesuatu yang baik dan bermanfaat.

6. Hormati privasi orang lain

Setiap orang harus memiliki sesuatu yang pribadi dan tidak ingin publik mengetahuinya. Oleh karena itu, hargailah privasi orang lain, maka privasi kita juga terlindungi. Jika kita tidak mengetahui masalah yang dialami orang lain, sebaiknya jangan ikut campur.

7. Hormati hak cipta

Tidak mudah untuk menciptakan karya, butuh proses dan usaha. Hormati hak cipta karya orang lain, jangan membajaknya dan jangan menggunakannya secara ilegal. Misalnya, jika kita mengambil video dari orang lain untuk dibagikan di akun media sosial kita, kita harus mencantumkan sumbernya, meminta izin dari pemiliknya jika perlu.

8. Penggunaan akun nyata

Kemudahan yang ditawarkan media sosial untuk membuat akun membebaskan seseorang untuk membuat akun sesuka hati. Namun sebagai pengguna yang tepat, sebaiknya tetap menggunakan akun asli dengan identitas yang jelas, jangan menggunakan akun palsu. Mengingat, sekarang ini banyak sekali akun yang tidak jelas identitasnya berkeliaran di media sosial dan terkadang meresahkan.

See also  Dilanda Kekeringan Sungai Parah Di Inggris

Dengan memperhatikan beberapa adab bermedia sosial di atas, maka kita ikut berpartisipasi dalam menciptakan suasana media sosial yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi semua orang.

 

Related posts