Breaking News

Rumus Z Score dan Cara Menghitung Z Score

caramesin.com-Rumus Z Score dan Cara Menghitung Z Score – Z Score adalah Z Score adalah ukuran penyimpangan informasi dari nilai tipikalnya yang diukur dalam satuan standar deviasi. Jika nilainya di atas normal maka nilai Z akan positif, sedangkan jika nilainya di bawah nilai normal maka Z skor akan negatif. Z Score disebut juga dengan Standard Value atau Nilai Standar.

Manfaat menstandardisasi skor mentah atau nilai yang diamati dari distribusi biasa ke Skor Z atau Skor Z adalah memungkinkan kita untuk memastikan kemungkinan skor terjadi dalam distribusi tipikal dan selanjutnya memungkinkan kita untuk melihat dua skor yang berasal dari perbedaan populasi.
Baca juga: Cara Membuat Histogram di Excel.

Harap dicatat bahwa skor Z ini mungkin berguna atau memiliki arti jika ditentukan untuk pengamatan sebagai distribusi biasa. Distribusi Normal Standar adalah distribusi biasa dengan nilai rata-rata nol (0) dan Standar Deviasi adalah satu (1).

Persamaan Skor Z

Untuk mencari Z Score atau Nilai Standar ini, kita benar-benar ingin mengetahui mean (mean) dan standar deviasi suatu populasi karena persamaan untuk mengerjakan Z Score adalah mengurangkan nilai yang diamati (skor kasar) dengan mean populasi dan kemudian partisi dengan standar deviasi.

Berikutnya adalah resep untuk menghitung Z Score:

Z = (x-μ)/

Data

x = penghargaan yang diamati (skor kasar)
= populasi rata-rata
= adalah simpangan baku populasi
Z = Z Skor (Nilai Default)

Cara Menghitung Z Score (Nilai Default)

Berikutnya adalah contoh mengerjakan Skor Z atau Nilai Standar untuk melihat dua nilai dari 2 populasi yang berbeda.

Contoh kasus

Seorang siswa bernama Jessy mendapat nilai 80 di kelas Matematikanya, sedangkan rata-rata dan simpangan baku semua siswa di kelasnya masing-masing adalah 75 dan 9,29. Di kelas yang sama, Jessy mendapat nilai 85 dalam bahasa Inggris. Nilai tipikal semua siswa di kelas adalah 82,5 sedangkan standar deviasinya adalah 7,54. Pertanyaannya adalah di mana subjek ditingkatkan?

See also  Memperbaiki Penampilan Melalui Operasi Hidung

matematika

Z = (x-μ)/
Z = (80-75)/9,29
Z = 5/9,29
Z = 0,538

pelajaran Bahasa Inggris

Z = (x-μ)/
Z = (85 – 82,5)/7,54
Z = 2.5/7.54
Z = 0,331

Dari hasil estimasi diatas didapatkan hasil bahwa nilai ZMathematics lebih tinggi dari English Z. Artinya Jessy lebih baik dalam Matematika dibandingkan dengan English.

Check Also

Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik

Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik

caramesin.com – Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik, Industri manufaktur pada era ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published.