Breaking News

Manfaat Kacamata Hitam untuk Mencegah Penyakit Mata

caramesin.com-Manfaat Kacamata Hitam untuk Mencegah Penyakit Mata Banyak orang mengira bahwa manfaat kacamata hitam adalah untuk menunjang penampilan. Padahal, kacamata hitam memiliki banyak manfaat yang melindungi mata dari bahaya sinar matahari dan mencegah penyakit mata.

Mata merupakan salah satu panca indera yang berperan penting dalam aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, mereka harus menjaga kesehatannya terutama dari berbagai faktor yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan, salah satunya adalah paparan sinar matahari.

Manfaat kacamata hitam untuk mencegah penyakit mata – Alodoctor

Sinar matahari pagi baik untuk kesehatan. Tapi di bawah sinar matahari itu berbeda. Sinar matahari sore memancarkan radiasi ultraviolet yang lebih intens dari pukul 10 pagi hingga 4 sore.

Radiasi UV dapat merusak kesehatan mata. Salah satu jenis perlindungan terhadap bahaya sinar ini adalah penggunaan kacamata hitam.

Kacamata hitam untuk mencegah sakit mata

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kacamata hitam berperan penting dalam mencegah penyakit mata melalui paparan sinar matahari. Ada beberapa jenis penyakit mata yang bisa disebabkan oleh radiasi sinar UV, antara lain:

1. Katarak

Katarak adalah penyakit yang menyebabkan penglihatan kabur atau kabur. Kondisi ini sering dialami oleh orang tua, namun bukan berarti remaja tidak mengalami kondisi tersebut.

Salah satu penyebab katarak pada remaja adalah paparan sinar UVA dari matahari. Sinar ultraviolet ini dapat menembus kornea dan merusak lensa mata dan retina sehingga menyebabkan katarak. Selain penglihatan kabur, penderita katarak juga bisa mengalami gejala seperti penglihatan ganda, kepekaan terhadap cahaya dan kesulitan melihat dengan jelas.

See also  Link Buss It Challenge Twitter Viral Video Full 2022

2. Pterygium

Kondisi ini ditandai dengan adanya selaput kuning atau merah yang tumbuh di bagian putih mata. Dalam beberapa kasus, jaringan di kornea dapat tumbuh dan menyebabkan masalah penglihatan.

Pterygium biasanya terjadi pada orang yang menghabiskan berjam-jam di bawah sinar matahari atau tinggal di iklim yang hangat dan biasanya tidak memakai kacamata hitam. Jaringan yang tumbuh ini tidak bersifat kanker, tetapi jika menutupi kornea dan mengganggu penglihatan, diperlukan pembedahan untuk mengobatinya.

3. Pinguekula

Pinguecula ditandai dengan adanya benjolan kuning pada konjungtiva, yaitu selaput bening dan tipis yang menutupi permukaan putih bola mata di dekat kornea.

Kondisi ini sering dicurigai menderita pterygia karena memiliki tanda dan gejala yang hampir sama. Alasannya sama, yakni paparan sinar matahari secara terus-menerus tanpa memakai kacamata hitam. Namun kedua kondisi tersebut berbeda.

4. Fotokonjungtivitis dan fotokeratitis

Paparan sinar ultraviolet yang terjadi dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan kornea yang serius atau luka bakar. Kondisi ini disebut fotokeratitis.

Seseorang dengan fotokeratitis mungkin mengalami gejala seperti pusing, sakit mata dan air mata terus-menerus, pembengkakan kelopak mata, mata merah atau kehilangan penglihatan sementara. Di sisi lain, fotokonjungtivitis adalah suatu kondisi di mana konjungtiva mata berkembang setelah beberapa jam berjemur dan terkadang menyakitkan.

Tips memilih dan memakai kacamata hitam

Memilih kacamata hitam bukan hanya soal gaya. Anda juga harus mempertimbangkan jenis dan efektivitas pelindung mata terhadap radiasi UV. Kacamata hitam sangat bagus sehingga menghalangi 100% radiasi UV.

Pilih kacamata hitam dengan lensa hitam yang memiliki lensa paling gelap sekalipun. Namun, Anda harus ingat bahwa lensa hitam tidak menjamin bahwa kacamata ini efektif melawan radiasi UV yang berbahaya.

See also  Ada Beberapa Tips Cara Untuk Membersihkan Blok Mesin

Pilih juga kacamata hitam berukuran besar. Semakin besar, semakin baik, karena mencegah kontak sinar UV dengan dinding samping.

Dari menu lensa, ada banyak sekali jenis sunglasses yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda, antara lain:

Kacamata terpolarisasi
Monokel polikarbonat
Kacamata dengan lensa yang menghalangi cahaya biru dari elektronik
Lensa fotokromik
Kacamata dengan lensa gradien

Kenakan kacamata hitam saat Anda aktif di bawah sinar matahari langsung, bermain di pantai dan berolahraga. Satu hal yang perlu Anda waspadai, harga tidak selalu menjamin efektivitas kacamata dalam mencegah radiasi UV. Kacamata hitam murah sama efektif dan mahalnya karena memiliki perlindungan UV 100%. Namun, ada baiknya membeli kacamata hitam dengan optik yang andal.

Mata adalah organ sensorik yang sangat penting. Jaga kesehatan mata Anda dan kenakan kacamata hitam dengan perlindungan UV agar tidak menyebabkan masalah mata di kemudian hari.

Untuk mendapatkan kacamata hitam yang pas dan berkualitas baik, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dengan demikian, manfaat kacamata hitam pun dapat Anda peroleh dengan maksimal.

Check Also

Tips Cara Mudah Belajar Saham Untuk Pemula,

Cara Mudah Belajar Saham Untuk Pemula

caramesin.com – Berikut Ini Tips Cara Mudah Belajar Saham Untuk Pemula,Milenial, apa kabar? Ya, pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published.