Kekurangan dan Kelebihan sunroof mobil, apakah bisa bocor?

caramesin.com-Saat ini mulai banyak mobil di Indonesia yang memberikan fitur sunroof. Selain itu, harga mobil yang dilengkapi dengan sunroof kini juga dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Berbeda dengan zaman dahulu, dimana mobil jenis seperti ini dibandrol dengan harga yang mahal dan termasuk mobil mewah.

Nah, apabila Anda membeli mobil dengan atap sunroof maka jangan lupa untuk memperhatikan perawatannya. Sebab, tetap saja ada kekurangan dan kelebihan atap sunroof mobil. Selain itu, sunroof mobil dapat dibuka dan ditutup. Jangan buka atau tutup, oke? Untuk itu, artikel ini akan mengulas kelebihan dan kekurangan sunroof mobil.

Keuntungan dari sunroof mobil

Sunroof adalah panel pada atap mobil yang terbuat dari lembaran atau kaca tembus pandang yang dapat dibuka dan ditutup sesuka hati. Sunroof membantu sirkulasi udara di dalam kabin mobil. Dulu, mobil dengan sunroof adalah milik mobil mewah. Namun dengan berkembangnya dunia otomotif, mobil saat ini masih bisa dimodifikasi untuk memiliki sunroof.

Awalnya, sunroof adalah fitur opsional untuk mobil yang dijual di negara 4 musim. Sehingga pemilik mobil dapat menikmati suasana musim semi atau gugur dengan membuka sunroof mobil.

Namun kini sunroof juga bisa Anda temukan di Indonesia dengan 2 musim. Apa kelebihan sunroof mobil? Apa saja kelebihan sunroof guard untuk digunakan di negara seperti Indonesia?

Berikut kami rangkum manfaat review mobil sunroof. Jadi selamat membaca sampai akhir, ya.

Lihat Adegan Langsung

Kelebihan sunroof adalah kita bisa melihat pemandangan langsung dari dalam mobil. Lah, kenapa tidak lewat jendela? Tentu saja, hal ini akan memberikan sensasi yang berebda jika melihat pemandangan dari atap sunroof.

Sebab atap sunroof dapat dibuka, sehingga Anda tidak hanya dapat meihat pemandangan namun Anda juga dapat memunculkan badan di atap mobil untuk dapat melihat pemandangan secara langsung ketika sedang melintasi perjalanan dengan view yang indah.

See also  Resep Sayur Bayam Tumis Enak Dan Sehat Ini Bisa Dibuat Kurang Dari 30 Menit!

Perlu diperhatikan ketika akan mengeluarkan badan dari atap sunroof mobil, yaitu pastikan kondisinya aman untuk melakukannya. Misalnya memastikan badan Anda tidak akan terkena kabel atau ranting pepohonan.

Sebab hal ini tentu dapat membahayakan Anda, karena tentu hal ini dapat menyebabkan kecelakaan. Jadi, pastikan dulu jika kondisi aman ya jika Anda ingin mengeluarkan badan dari atap sunroof mobil.

Menurunkan Suhu Dalam Mobil

Kelebihan atap sunroof mobil yang selanjutnya adalah mampu menurunkan suhu mobil? Ha apakah benar? Sunroof juga masih bisa menawarkan kelebihan lainnya seperti menurunkan suhu dalam mobil, bahakan ketika atap sunroo mobil ditutup.

Misal ketika sedang macet pada siang hari mobilmu terpapar sinar matahari sehingga suhu mobil meningkat, maka Anda akan merasakan kepanasan meski AC menyala. Nah, piranti inilah yang dapat mengurangi suhu panas tersebut.

Selain itu, sunroof juga mampu memberikan sirkulasi udara dengan baik sehingga dapat meminimalisir bau gak sedap dalam mobil. Tidak dapat dipungkiri juga dengan tersedianya sunroof pada mobil, tentu memberi kesan mewah dan elegan.

Tampilan Lebih Keren

Kelebihan atap sunroof mobil yang selanjutnya adalah tampilan mobil yang akan lebih keren. Tentunya dapat menambahkan sunroof pada tampilan mobil agar lebih elegan. Tidak diragukan lagi, sunroof membuat mobil lebih mewah dan khas.

Bahkan disebutkan sebelumnya bahwa mobil pertama dengan fitur ini adalah mobil mewah. Karena sunroof dapat memberikan kesan mewah, sejuk dan elegan, maka tak heran jika banyak tuner memodifikasi mobilnya dengan sunroof.

Bagian ini sangat bagus. Karena dapat membuat atap mobil dibuka dan ditutup sehingga udara dari luar dapat diarahkan masuk ke mobil. Adanya sirkulasi udara ini tentu dapat mengurangi bau apek yang seringkali terasa di dalam kabin.

See also  Released, Date, & How to Watch Bleach's Thousand Years Blood War

Kekurangan Atap Sunroof Mobil

Ya, itulah sejumlah kelebihan atap sunroof mobil yang perlu diketahui. Namun, dibalik kelebihan pasti ada beberapa kekurangan juga. Nah, berikut juga telah kami rangkumkan mengenai kekuranga atap sunroof mobil yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan membeli atau memodififikasi. Berikut kekurangan sunroof mobil.

Kelemahan pertama dari sunroof adalah mobil dengan atap ini biasanya boros bahan bakar. Pasalnya sunroof kit memiliki bobot 25-35 kg, yang bahkan lebih berat untuk kelas SUV. Oleh karena itu, boros bahan bakar karena mobil membutuhkan lebih banyak energi.

Plus, Anda akan merasa tidak berguna jika mendapatkan mobil dengan sunroof. Karena di Indonesia sendiri Anda jarang menggunakan bahan ini. Di musim hujan, tentu saja sunroof tidak bisa dibuka, meskipun cuaca panas, lebih baik menyalakan AC daripada berharap angin datang dari atap.

Ada potensi kebocoran

Tidak adanya sunroof pada mobil menjadi masalah serius saat musim hujan tiba. Dengan kata lain, potensi atap bocor adalah tidak adanya skylight berikutnya.

Ya, bukan hanya sunroof saja yang macet saat dibuka atau ditutup, atap ini juga berpotensi bocor lho. Pasalnya, banyak pengguna sunroof yang mengeluhkan mobil ini mengalami kebocoran. Ini mungkin jarang terjadi, tetapi sangat mengkhawatirkan jika itu terjadi pada pengguna lain suatu hari nanti.

Bukankah aneh ketika hujan di dalam mobil? Oleh karena itu, jika mobil Anda memiliki sunroof, Anda harus memperhatikan dan merawatnya. Bisa terjadi kebocoran pada partisi yang dapat menyebabkan air bocor ke kabin saat hujan deras atau saat mencuci mobil.

Sama seperti pintu dan jendela mobil, sunroon juga terpasang karet di bagian-bagian tertentu Anda juga harus melakukan perawatan pada bagian tersebut dengan cara buka-tutup sunroof minimal sekali dalam sebulan.

See also  Honda Siapkan Motor Penantang Harley-Davidson

Nah, itulah kekurangan dan kelebihan atap sunroof mobil. Jadi di tengah kelebihannya, sunroof juga memiliki kekurangan lho. Nah, hal ini dapat menjadi pertimbangan jika kamu tergiur untuk membeli mobil sunroof.

Related posts