Kegunaan Facing, Cushion Plate dan Torsion Dumper pada Kampas Kopling

Fungsi Facing, Cushion Plate dan Torsion Dumper pada Kampas Kopling

caramesin.com – Fungsi Facing, Cushion Plate dan Torsion Dumper pada Kampas Kopling,Pada kesempatan terakhir kita membahas tentang komponen utama kopling, dimana kopling mobil terdiri dari 3 bagian utama yaitu plat kopling atau piringan kopling, penutup kopling dan mekanisme penggerak.

Sekarang kita akan mengambil kesempatan ini untuk fokus pada pembahasan pelat kopling atau clutch plate. Fungsi kopling adalah untuk mentransfer tenaga mesin dari roda gila ke pelat dorong dan kemudian ke poros input transmisi.

Bagian utama dari clutch lining terdiri dari 3 bagian yaitu lining, torsion tipper dan damping plate. Lantas apa sajakah sifat dari ketiga komponen utama kampas kopling tersebut? Berikut kami jelaskan:

1. Fungsi pemasangan lapisan kopling

Bagian utama dari sisipan kopling pertama adalah bagian muka. Mungkin, seperti namanya, wajah itu dekat dengan wajah, yang artinya wajah.

Permukaan dapat ditentukan ke permukaan, yaitu permukaan lapisan kopling bergesekan dengan pelat penekan dan roda gila. Apa kamu tahu di mana itu? Jika tidak, Anda dapat melihat gambar di bawah ini:

Permukaan ini melekat pada pelat bantal dengan paku keling. Kemudian pelat peredam itu sendiri menjadi salah satu pelat cakram, yang juga dirakit.

Maka dimulailah proses transfer energi dari wajah, lalu ke pelat bantalan dan akhirnya ke pelat cakram. Pelat cakram memiliki hub kopling yang terhubung ke poros input transmisi.

2. Fungsi pelat peredam pada sisipan kopling

Bagian utama kedua dari kopling adalah pelat redaman. Bantalan terpasang ke bagian depan dan pelat cakram. Ikat dengan dentingan.

Sarung bantal ini berbentuk gelombang, mengapa keriting? Tujuannya adalah agar tekanan melambat saat pelat penekan membentur pelat kopling.

See also  Ciri-ciri aki mobil lemah dan cara mengatasinya

3. Fungsi peredam torsi pada lapisan kopling

Fitur terpenting ketiga dari lapisan kopling adalah tipper torsi.

Komponen ini berfungsi untuk meredam getaran pelat kopling, lebih detailnya memiliki fungsi untuk menyetrum/memutar saat menutup kopling/melanjutkan putaran dan saat akselerasi dan deselerasi.

Ada dua jenis torsion dumper, yaitu torsion rubber damper (tipe karet) dan torsion spring damper (bentuk pegas koil). Selain 3 komponen di atas, masih ada komponen lain yaitu hub kopling, piringan cakram dan paku keling. Tapi karena namanya termasuk fungsi dari lining, damping plate dan torsion dumper, saya tidak bisa menjelaskan fungsi dari komponen-komponen tersebut. Mungkin lain kali akan saya jelaskan.

Related posts