Jasa Instalasi Listrik

caramesin.com-Tidak dapat disangkal bahwa listrik sudah menjadi kebutuhan yang sangat besar saat ini bagi semua kalangan masyarakat, mulai dari masyarakat kecil hingga konglomerat yang sangat membutuhkan hal yang satu ini.

Itu ditemukan di hampir setiap rumah tangga, baik kecil atau besar, dengan kabel listrik.

namun sayangnya, meskipun listrik sudah menjadi kebutuhan pokok, tidak semua orang sadar akan pentingnya pemasangan yang benar.

Kebanyakan masyarakat hanya melakukan instalasi seadanya yang berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal bagi warga, seperti tersengat listrik, kerusakan peralatan listrik, korsleting listrik yang dapat menyebabkan kebakaran rumah.

 

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga sistem instalasi yang baik dan benar untuk rumah Anda.

Instalasi listrik

Perlu dicatat bahwa proses pengkabelan adalah tanggung jawab pemilik rumah, bukan tanggung jawab pejabat PLN. Dalam hal ini, PLN hanya berfungsi sebagai pemasok listrik untuk rumah Anda.

Oleh karena itu, ketika membangun atau merenovasi rumah Anda, Anda harus berhati-hati untuk memiliki sistem pengkabelan yang terpasang dengan benar, baik sendiri atau dengan bantuan jasa instalasi listrik di Makassar.

Yang harus diperhatikan dengan instalasi listrik

Dalam setiap desain dan pemasangan, baik oleh Anda sebagai penyedia jasa instalasi listrik Makassar, hal-hal berikut harus diperhatikan.

1. Rencana instalasi

Pembangunan jaringan listrik pada sebuah gedung tidak harus asal-asalan. Jadi sebelum Anda menginstal, lebih baik jika Anda membuat rencana untuk instalasi yang tepat.

Rencana instalasi adalah panduan instalasi yang digunakan sebagai acuan untuk instalasi konstruksi bangunan.

Dari denah lantai, Anda dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk pemasangan, seperti panjang kabel, jumlah soket, jumlah lampu, dll.

Selain untuk mengetahui kebutuhan bahan instalasi, denah instalasi juga berfungsi sebagai acuan lokasi peralatan instalasi yang dibuat berdasarkan kebutuhan bangunan atau rumah.

See also  Toyota Debut Rush Cross, Harga 200 Jutaan, Mistubishi Xpander Cross

2. Kualitas bahan instalasi

Instalasi listrik adalah instalasi yang berhubungan dengan tegangan. Jadi faktor keamanan adalah yang paling penting.

Salah satu jaminan keselamatan instalasi adalah penggunaan peralatan berkualitas tinggi, seperti penggunaan kabel yang disesuaikan secara konduktif. Semakin besar daya yang disalurkan, maka semakin besar pula ukuran dan kualitas resistor yang digunakan. Untuk transmisi tegangan rendah, Anda dapat menggunakan kabel dengan diameter 1,5 mm. Namun jika voltase yang digunakan cukup tinggi, Anda bisa menggunakan kabel berukuran 2.5mm yang mampu menghantarkan listrik hingga 5000 watt.

Selain itu, Anda dapat menambahkan keamanan tambahan seperti fitting pipa untuk meningkatkan keamanan kabel sehingga kabel terlindungi dengan baik.

3. Penggunaan MCB dan ELCB

Faktor penting yang juga harus diperhatikan untuk keamanan pemasangan adalah pemasangan MCB dan ELCB.

MCB adalah Pemutus Sirkuit Mini. MCB merupakan pintu pengaman instalasi terhadap kelebihan listrik. Dengan terpasangnya MCB ini, perangkat elektronik Anda akan terlindungi dari kerusakan akibat tegangan berlebih.

MCB bekerja dengan cara memutus aliran listrik ketika terjadi lonjakan arus saat arus melebihi kapasitas resistansi MCB.

Namun perlu diingat bahwa penggunaan kabel instalasi harus disesuaikan dengan MCB, karena kabel yang digunakan memiliki konduktivitas yang lebih rendah dari yang dapat menyebabkan kebocoran energi karena bahan yang rusak secara termal. Kabel sehingga dapat menyebabkan kebakaran.

Alat pengaman lainnya adalah ELCB atau pemutus arus kebocoran pembumian. ELCB adalah perlindungan ganda untuk MCB. ELCB akan beroperasi dengan memutus aliran listrik jika terjadi kebocoran arus pada instalasi.

4. Kapasitas listrik

Faktor penting yang perlu diperhatikan saat memasang jaringan listrik adalah kapasitas listrik. Desain dan pemasangan instalasi harus disesuaikan dengan kapasitas tegangan listrik. Jika Anda memiliki daya 1200VA, maka instalasi yang digunakan tidak boleh melebihi 1200VA. Bagaimana jika ingin menggunakan daya di atas 1200 VA harus meminta kenaikan daya PLN.

See also  5 jenis terapi kognitif untuk orang yang menderita insomnia, lihat penjelasannya

5. Desain jalan

Untuk merancang instalasi yang baik, Anda perlu mengetahui peralatan apa yang akan Anda gunakan sehingga Anda dapat dengan mudah mendesain trek.

Bagikan perjalanan sesuai kebutuhan Anda. Jalur self-driving biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu jalur kecil dan jalur besar.

Saluran kecil digunakan untuk mengoperasikan komponen berdaya rendah sedangkan saluran besar digunakan untuk mengoperasikan komponen tegangan tinggi.

Tata letak jalur ini dimaksudkan agar komponen tidak saling mengganggu dan menjaga perangkat Anda lebih stabil saat digunakan. Setiap saluran harus dipasang MCB sebagai pengatur aliran listrik yang melalui saluran tersebut.

6. Dasar-dasar

Sederhananya, pentanahan adalah proses pemindahan tegangan untuk melepaskan kelebihan listrik ke dalam tanah. Pembumian merupakan hal yang tidak boleh diabaikan saat merancang suatu instalasi listrik.

Pembumian biasanya untuk mencegah kerusakan pada komponen listrik dan peralatan elektronik yang terhubung jika terjadi kebocoran arus karena kenaikan tegangan secara tiba-tiba, yang sering terjadi karena petir, atau jika sumber listrik diperbaiki.

7. Pemeriksaan acak

Hal terakhir yang harus diperhatikan pemilik rumah adalah pemeriksaan. Pada dasarnya pengecekan dilakukan beberapa saat setelah instalasi selesai dan listrik berjalan lancar. Pemeriksaan dilakukan untuk menentukan kesehatan perangkat.

Jika ada bagian yang perlu diperbaiki, Anda dapat memperbaikinya dengan cepat sebelum menimbulkan masalah.

Ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan kabel yang tepat untuk mencegah Anda dan keluarga Anda menginginkan sesuatu.

Jika Anda tidak memiliki pengalaman dengan instalasi listrik, ada baiknya Anda meminta bantuan teman atau kenalan Anda yang sudah berpengalaman di bidang ini. Selain itu, Anda juga dapat mencari bantuan penyedia layanan profesional.

Jasa Instalasi Listrik Makassar

See also  Answers About Crossword Puzzle Hints – Try The Hard Guide

Saat membangun atau memperbaiki sebuah hunian, segala hal dasar harus diserahkan kepada ahlinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Pemasangan kabel listrik merupakan salah satu elemen dasar dalam proses membangun atau memperbaiki sebuah rumah. Untuk itu, pemasangan instalasi harus memberikan perhatian khusus pada perencanaan yang matang, pemilihan jenis material yang tepat dan pelaksanaannya.

Untuk itu sebaiknya menggunakan jasa jasa instalasi listrik Makassar yang sudah berpengalaman dan bersertifikat. Selain keamanan, bantuan jasa instalasi listrik Makassar juga dapat membantu Anda dalam memilih material terbaik dan perawatan yang rutin.

Related posts