Breaking News

Inilah 30 Kegunaan Cuka Putih Yang Wajib Anda Tahu

caramesin.com-Inilah 30 Kegunaan Cuka Putih Yang Wajib Anda Tahu Inilah 30 Kegunaan Cuka Putih Yang Wajib Anda TahuCuka telah ada di tengah-tengah peradaban manusia sejak lebih dari 2500 tahun yang lalu. Sejarah sering menyebutkan bahwa barang yang mudah didapat dan murah ini memiliki banyak kegunaan untuk kehidupan sehari-hari. Zat terpenting di dalamnya adalah asam korosif yang dapat berperan dalam banyak hal. Cuka sendiri hadir dalam lebih dari satu jenis, tetapi cuka putih dinilai sebagai jenis yang paling banyak digunakan. Berikut adalah XX penggunaan cuka putih yang harus Anda waspadai.

MEMBERSIHKAN RUMAH

Karena kemampuannya sebagai disinfektan dan pewangi, cuka putih bisa dijadikan ‘senjata’ dalam proses pembersihan rumah.

1. Tambahkan beberapa tetes cuka ke air bilasan saat membersihkan tempat sampah untuk hasil yang paling ekstrim dan menghilangkan bau.

2. Semprotkan pada area lantai yang terkena noda membandel. Setelah tanah terangkat, pel lantai seperti biasa menggunakan air dan cairan pembersih.

3. Campurkan dengan baking soda dan air hangat untuk membersihkan wastafel dan menghilangkan kotoran yang menempel di saluran air agar tidak berhenti.

4. Semprotkan pada permukaan cermin, kaca atau jendela sebelum dibilas dengan air. Baik debu atau noda membandel lainnya akan lebih mudah terangkat.

5. Gosok dan hilangkan coretan pada dinding rumah dengan spons yang sudah diberi campuran cuka putih, air hangat dan soda kue.

KESEHATAN TUBUH

Cuka putih juga sering digunakan sebagai bumbu tambahan di setiap masakan yang Anda santap, mulai dari bakso hingga masakan lainnya yang membutuhkan proses memasak yang lama. Lebih dari membuat makanan terasa lebih enak, mengkonsumsi cuka putih juga dapat berperan dalam kesehatan tubuh.

See also  Cara menanam buah di kebun sendiri

6. Cuka putih dalam makanan dapat mempercepat proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bersama, kalsium sendiri berperan dalam mencegah osteoporosis di usia lanjut.

7. Menstabilkan glukosa saat dicampur dalam makanan yang memiliki banyak kandungan pati.

8. Mengontrol glukosa darah sebagai langkah untuk menghindari dan memerangi diabetes. Cuka putih dengan acar setelah makan malam utama adalah campuran terbaik.

9. Mencegah pematangan konten penguat sel di dalamnya sebelum waktunya.

10. Mencegah perkembangan sel pertumbuhan ganas.

11. Menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari risiko stroke karena berperan dalam mengontrol jalannya pembuluh darah vena di dalam tubuh.

12. Dapat digunakan sebagai kondisioner untuk rambut. Zat antibakteri yang tinggi di dalamnya dapat membantu menghilangkan kotoran secara tuntas.

13. Masih karena zat antibakterinya yang tinggi, cuka juga bisa digunakan sebagai obat luar luka untuk mencegah kontaminasi.

BIDANG DAPUR

Dapur tidak bisa dibedakan dengan tanah yang membandel, bau menyengat dan berbagai situasi tidak menyenangkan lainnya, terutama setelah proses memasak. Beberapa penggunaan cuka putih dapat membantu Anda mengatasi situasi ini.

14. Tambahkan beberapa tetes cuka saat merebus telur. Jika kulit telur retak dalam prosesnya, putih telur tidak akan keluar dan akhirnya merusak piring atau kompor.

15. Segarkan sayuran dengan merendamnya terlebih dahulu dalam air yang telah diberi beberapa tetes cuka putih.

16. Hilangkan bau menyengat setelah memotong bawang dengan mencuci tangan menggunakan air yang telah dicampur dengan beberapa tetes cuka putih.

17. Semprotkan cuka pada permukaan kompor dan sekitarnya yang ternoda tanah membandel setelah proses pemasakan. Diamkan beberapa saat dan setelah itu bersihkan dengan air bersih dan tanah lebih mudah terangkat.

See also  Tips Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan, Inspirasi dan Peluang Cuan

18. Tingkatkan proses pembersihan internal microwave. Tempatkan semangkuk air dengan beberapa tetes cuka putih ke dalam microwave dan kemudian hangatkan selama beberapa saat. Uap yang dihasilkan dari proses ini memudahkan Anda untuk membersihkan bagian dalam microwave dan menghilangkan bau di dalamnya.

19. Cuka putih juga berperan sebagai pengawet makanan alami.

MENCUCI PAKAIAN

Sifatnya yang ramah terhadap hampir berbagai macam bahan membuat cuka putih juga bisa digunakan untuk proses mencuci pakaian.

20. Memudahkan membersihkan pakaian yang terkena noda aroma, kecap, saus atau tumpahan cairan lainnya. Masukkan sedikit cuka putih dan biarkan selama beberapa saat sebelum Anda mencucinya.

21. Tambahkan cuka dalam proses mencuci pakaian di mesin cuci. Cuka putih ramah untuk berbagai macam kain. Kehadirannya akan membantu menjaga warna pakaian dan menjauhkan sisa pembersih atau cairan pembersih lainnya yang menempel pada pakaian.

22. Kombinasi cuka, soda kue, dan air berhasil menjadi panduan pertama saat penutup lantai, sofa, dan kasur bernoda.

PEMELIHARAAN TAMAN

Cuka putih juga berperan dalam mendukung tanaman dan kebun; mulai dari memperhatikan kualitas dan waktu tanam, mengusir gulma, hingga membunuh hama yang dapat merusak kebun.

26. Semprotkan cuka putih dan air pada gulma untuk mengontrol perkembangannya.

27. Cuka putih dan air juga ampuh membasmi siput pekarangan dan hama taman lainnya.

28. Semprotkan cuka putih dan air pada dinding depan rumah yang ditempel dengan poster atau stiker lainnya. Dalam beberapa jam, akan mudah bagi Anda untuk menghilangkannya tanpa membuat jejak.

29. Juga dengan kombinasi air dan cuka putih, Anda bisa menyemprotkannya ke dinding tempat permen karet menempel. Setelah beberapa saat, bekas gusi akan lebih mudah diangkat dan dibersihkan.

See also  Cara Download Video Di IG Story Tanpa Tambahan Aplikasi

30. Tanaman dalam vas berisi air dan beberapa tetes cuka putih juga dikatakan memiliki umur dan kesegaran yang lebih panjang.

Check Also

TUTORIAL PASANG CDI BRT DUAL BAND MOTOR JUPITER Z

caramesin.com – TUTORIAL PASANG CDI BRT DUAL BAND MOTOR JUPITER Z, CDI tipe balap, yaitu …

Leave a Reply

Your email address will not be published.