Informasi Pembangunan Jalan Tol Dari Arah Jakarta Menuju Pelabuhan Ratu Jawa Barat

Informasi Pembangunan Jalan Tol Dari Arah Jakarta Menuju Pelabuhan Ratu Jawa Barat

caramesin.com – Informasi Pembangunan Jalan Tol Dari Arah Jakarta Menuju Pelabuhan Ratu Jawa Barat, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit berencana menyelesaikan pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi Tahap 2 pada Desember 2022.
Dalam keterangannya di Jakarta, Da Nang mengatakan: “Sejauh ini konstruksi terus berjalan dan seksi kedua seksi Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sedang dalam tahap konstruksi dengan progres konstruksi 81,24%, dengan target konstruksi Desember 2022. Siap ….” , Jumat . . Dikatakannya, keberadaan Tol Ciawi-Sukabumi telah banyak memberikan dampak positif bagi pertumbuhan penduduk di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.
Jalan tol ini tidak hanya memberikan akses berkendara tanpa hambatan, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan bisnis di wilayah Jawa Barat, khususnya wilayah Bogor dan wilayah Sujabumi. Danang mengatakan tol Ciawi-Sukabumi Tahap 1 saat ini sudah beroperasi dengan tol Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer sejak Desember 2018.
Tol Ciawi-Sukabumi juga diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh menuju kawasan Sukabumi, misalnya akan memakan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke Pelabuhan Ratu. Sehingga jika ditempuh hanya 2,5 jam dari kawasan Jakarta ke Pelabuhan Ratu, maka akan memberikan dukungan yang lebih cepat untuk kelancaran arus orang yang pergi ke tempat-tempat wisata dan kendaraan logistik yang tersebar di Jawa Barat.
Selain itu, tol tersebut juga mempersingkat waktu tempuh dari Sukabumi, dua kabupaten dan kota ke Chavi, menghemat satu hingga dua jam, yang saat ini hanya lima belas hingga setengah jam dengan mobil. Keberadaan Tol Bocimi juga mendukung koneksi ke banyak destinasi wisata terkenal di Jawa Barat, seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, Gunung Gede dan masih banyak wisata menarik lainnya.
Jalan tol Ciawi – Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Investasi tol Trans Jawa Barat senilai Rp 11,71 triliun. Tol tersebut akan memiliki enam persimpangan (SS) antara lain SS Ciawi, SS Caringin, SS Cigombong, SS Cibadak, SS Sukabumi Barat dan SS Sukabumi Timur.

Tol Cigombong-Cibadak Selesai Akhir 2021, 2 Jam di Provinsi Bogor-Sukabumi

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi Tahap 2 sepanjang 11,9 km ruas Cigombong-Cibadak.
Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat menjadi jalan alternatif yang menghubungkan kawasan wisata di sekitar Sukabumi, seperti Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng dan Geopark Ciletuh, serta lebih memudahkan hubungan ekonomi masyarakat dalam hal industri, barang dan jasa. karena akan menghubungkan Jawa bagian barat dan selatan seperti Bogor dan Chawi. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan keberadaan jalan tol yang terhubung dengan area produksi akan mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk lokal. Konektivitas yang lebih lancar diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah di dalam dan sekitar Sukabumi serta mendukung produktivitas pariwisata. “Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat menjadi solusi mengatasi kemacetan lalu lintas khususnya arus barang,” kata Menteri Basuki di Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2021.
Sementara itu, Menteri Teknologi, Industri, dan Lingkungan PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, tol Cigombong-Cibadak yang akan menghubungkan Kabupaten Bogor akan terhubung dengan tol Jagorawi, sehingga mengurangi waktu tempuh Jakarta-Sukabumi dari 4 menjadi 5 jam menjadi 1 cepat 2 jam melalui jalan alternatif.
“Dulu, ke Sugabumi rasanya sudah lama sekali, biasanya harus melewati kemacetan di Ciawi, Cigombong, Cicurug, Cibadak sebelum ke Sugabumi. Nantinya jalan tol ini insya Allah akan lebih cepat dalam waktu sekitar 2 jam.

Read More

Bagian dari jalan tol Ciawi-Sukabumi

Ruas Cigombong-Cibadak merupakan bagian dari jalan tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 km. Saat ini, pembangunan jalan tol ini telah mencapai 75,55%, dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021. Secara umum Jalan Tol Ciawi – Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Tol Trans Jabar terdiri dari 4 seksi yaitu Seksi 1 Ciawi-Cigombong dengan total panjang 15,35 km dan telah beroperasi sejak Desember 2018. Kemudian etape 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,90 km, etape 3 Cibadak-Sukabumi Barat 13,70 km, dan etape 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km.
Jalan tol ini nantinya akan menyambung dari Jakarta ke kota/wilayah Sugabumi melalui jalan tol Jagorawi yang akan menyambung ke arah utara. Diharapkan dengan selesainya jalan tol Ciawi-Sukabumi akan semakin meningkatkan iklim usaha dan meningkatkan perekonomian di wilayah Bogora, Ciawi dan Sukabumi.

See also  Proses Pembangunan Jalan Tol Baru Dari Arah Jakarta Menuju Pelabuhan Ratu

Related posts