Honda Gemparkan Segmen Light Off Road, XR150LEK Motor Trail Hadir Memikat Hati dengan Desain Baru dan Fiturnya

XR150LEK

caramesin.comKereta api masih memiliki keunggulan tersendiri bagi para pengguna jalan.

Nah, di Amerika Latin, khususnya di Meksiko, Honda telah memperkenalkan model yang menarik yaitu Honda XR150LEK 2023. Kereta ini memiliki desain baru yang menggoda pembeli. Namun, ada satu pertanyaan yang bisa ditanyakan: apakah mesin ini mirip dengan CRF150L di Indonesia? Mari masuk ke detailnya!

Jadi sebenarnya Honda XR150LEK bukanlah motor baru dan ringan di jalanan. Sebelumnya, motor ini dipasarkan di berbagai negara termasuk Filipina dengan nama Honda XR150L. Tapi, di Meksiko, Honda memberikan sentuhan berbeda dengan menambahkan huruf “EK” di belakang namanya. Wow, apa rahasia kecil “EK”? Saya paham benar, perbedaan antara XR150LEK versi Indonesia dan CRF150L sangat kuat. Pertama-tama, desainnya pasti sangat berbeda. Meski sama-sama mengusung konsep sepeda motor off-road, XR150LEK tampil maskulin dan stylish.

Bumper depan dibuat setinggi motor secara keseluruhan. Selain itu, topeng digunakan untuk membuatnya lebih misterius.

Tak lupa knalpot belakang yang terletak di bawah buntut dan di sisi kanan. Oh ya, jangan lupakan kaki-kaki kokoh dengan ban dual purpose dan velg spoked yang siap menembus medan berat!

Berbicara tentang konflik, ujung depan juga merupakan faktor kunci. CRF150L telah dilengkapi dengan suspensi depan yang dapat disetel sepenuhnya, sedangkan XR150LEK masih menggunakan suspensi teleskopik tradisional yang dilengkapi dengan peredam kejut karet. Lalu mengerem kembali? Kali ini masih menggunakan teknologi rem tromol yaitu rem tromol klasik yang bikin kangen masa lalu yang indah. Nah apakah Anda tahu perbedaan antara kursi? Kursinya lebih tebal dan desainnya lebih bundar, yang membuat perjalanan sangat rendah!

Ya, sekarang bagaimana dengan mesinnya? Kebanyakan orang penasaran, lho! Hal ini wajar saja, karena jika kita membicarakan CRF150L, ‚Äč‚Äčkita langsung berpikir bahwa mesinnya mirip dengan Honda Verza.

Sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar guys! Mesin CRF150L berbeda dengan Verza. Nah, bagaimana dengan XR150LEK ini? Jika melihat bak mesinnya, Anda akan langsung berpikir bahwa mesinnya mirip dengan Verza. Namun ada satu hal penting yang harus Anda ingat, Verza dan CRF150L sudah menggunakan sistem injeksi bahan bakar, sedangkan XR150LEK masih menempel pada karburator yang membuat mesin terlihat klasik.

Selaras sempurna dengan mesin Verza, XR150LEK tetap mempertahankan penggunaan karburator yang memberikan sentuhan antik pada performanya. Padahal, model yang dijual di Amerika Serikat masih bergantung pada karburator. Wah, sepertinya ada pesaing menarik Kawasaki KLX150L di sini!

mesin xr150

Mesin satu silinder SOHC 149cc yang senyap membentuk jantung dari XR150LEK. Menurut Honda Mexico, tenaga maksimumnya mencapai 12,3 hp pada 7.750 rpm, sedangkan torsinya mencapai 13,0 Nm pada 6.000 rpm.

Sepeda motor ini dilengkapi dengan transmisi 5 percepatan yang memungkinkan pengendara untuk mengubah kecepatan sesuai dengan kondisi jalan yang dihadapi. Dengan kapasitas tangki bahan bakar 12 liter dan cadangan 3,5 liter untuk perjalanan jarak jauh, XR150LEK siap memberikan sport tanpa batas.

Panjang joknya mencapai 825 mm sehingga memberikan kenyamanan berkendara, dan bobotnya yang hanya 129 kg membuat motor ini sangat bertenaga di segala medan. Lagi pula, ban 90/90-19 inci di depan dan 110/90-17 inci di belakang menambah cengkeramannya di berbagai medan yang dijelajahi.

Tak hanya itu, fitur yang disediakan XR150LEK juga luar biasa. Meski tidak sebesar CRF150L yang menggunakan panel speedometer digital, XR150LEK tetap menggunakan panel analog yang memberikan sentuhan bagus pada tampilannya.

Namun yang menarik adalah hadirnya dua opsi start, yakni electric dan pump start, yang memberikan keleluasaan saat menghidupkan mesin. Meski lampu masih digunakan untuk penerangan, manfaat lain tidak bisa diabaikan.

Untuk harga, Honda Mexico membanderol XR150LEK Mxs $48.990 atau sekitar Rp41 jutaan. Harganya sangat berbeda dengan XR150L di Filipina yang dijual Rp. 26 juta atau sekitar 96.900 peso. Wah, lumayan mahal ya? Tidak kalah dengan Honda Verza. ***

Related posts