Dinamo Stater Mobil: Cara Cek Yang Benar

caramesin.com-Saat mobil Anda sulit distater, bisa saja hal tersebut karena dinamo stater mobil yang bermasalah. Ya. Tidak hanya aki mobil yang dapat menimbulkan tidka bisa nyalanya mobil ketika bermasalah, namun dinamo juga dapat memberikan efek tersebut.

Nah, untuk itu kita perlu megalakukan pengcekan pada dinamo mobil. Sehingga, dapat mecegah hal- hal yang tidak kita inginkan. Pada sebuah mobil, peran dinamo starter amat vital dalam menyalakan mesin. Tanpa adanya komponen ini, dinamo pada mesin mobil tidak akan dapat bekerja.

Namun, ada kalanya seiring dengan penggunaan mobil, dinamo starter pun mengalami gangguan. Kerusakan pada komponen merupakan masalah yang sangat serius.

Cara Cek Dinamo Stater Mobil

Tanpa adanya dinamo starter, mobil tidak akan bisa menyala dan dijalankan. Kinerja mesin mobil dipengaruhi oleh sehat atau tidaknya dinamo starter. Oleh karena itu, dinamo starter harus selalu dicek kondisinya agar mesin mobil dapat menyala dengan lancar.

Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai cara cek dinamo stater mobil yang perlu Anda ketahui. Jadi, simak sampai selsai ya mengenai cara cek dianmo stater mobil.

Lihat Bagian Soket Otomatis

Cara cek dinamo stater mobil yang selanjutnya adalah dengan melihat bagian sonket otomatis. Untuk mengecek kondisi dinamo starter, Anda dapat melihat atau memeriksa soket otomatis. Langkah ini bisa dilakukan jika Anda kesulitan untuk menghidupkan mobil, tapi lampu indikator yang ada pada dashboard berkedip.

Cek kabel kecil yang menyambungkan dinamo starter dengan soket otomatis. Lihat apakah kabel tersebut masih tersambung atau sudah putus. Jika ini aman, maka periksa juga bagian sekring dan relay.

Caranya mudah, starter mobil tersebut dahulu, jika terdapat bunyi ‘klek’ ketika mesin mobil dinyalakan, maka artinya kedua komponen tersebut masih baik. Artinya, kerusakan ada pada bagian atau komponen lainnya, bukan pada sekring atau relay.

See also  VIDEO VIRAL CEM KÜÇÜK İFŞA GÖRÜNTÜLERİ SİLİNMEDEN İZLE

Cara cek dinamo stater mobil yang selnajutnya adalah denag melakukan cek pada klem aki. Aki juga menjadi salah satu komponen yang dapat mempengaruhi kinerja dinamo stater mobil. Dimana, hal ini umumnya disebabkan oleh baut klem aki yang longgar.

Akibatnya, listrik dari aki tidak mengalir menuju dinamo starter, menyebabkan mobil tidak bisa menyala. Untuk mengetahui apakah hal ini memang terjadi pada kendaraan Anda, simak langkah-langkah berikut ini.

Ya, langkah pertama adalah membuka kap mesin terlebih dahulu dan melihat di mana tempat penyimpanan baterai. Maka Anda perlu memeriksa apakah terminal kabel baterai longgar pada kutub positif atau negatif. Jika komponennya kendor, coba copot baterainya. Coba dorong mobil ke depan agar aki mobil terisi dan berfungsi dengan baik. Cara lain untuk memeriksa alternator mobil adalah dengan memeriksa kabel aki. Selain melonggarkan penjepit baterai, kabel baterai juga bisa rusak. Jadi jika terminalnya bagus maka coba periksa kabelnya. Karena gangguan pada kabel aki dapat mempengaruhi kinerja dinamo starter.

Kerusakan dinamo starter pada kendaraan roda 4 juga dapat menyebabkan rusaknya kondisi kabel aki. Akibatnya, indikator baterai di dashboard padam dan mobil tidak bisa dihidupkan. Hal ini biasanya ditunjukkan dengan mobil tidak bisa dihidupkan dan lampu baterai di dashboard tidak menyala.

Ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa kabel baterai. Pertama, periksa kabel yang terhubung ke baterai. Pastikan semua kabel tidak kendor atau terlepas. Jika tidak ada kerusakan atau gangguan pada kabel aki, bisa dipastikan ada masalah pada alternator starter mobil Anda.

Segera pergi ke bengkel terdekat atau hubungi teknisi untuk segera merawat kendaraan. Untuk melakukan ini, periksa secara teratur apakah kabelnya kering atau tidak. Namun, jika Anda tidak menemukan kerusakan pada kabel, mungkin ada cara untuk memeriksa alternator starter otomatis di bengkel.

See also  Watch the full Teacher web series available at Digi movieplex

Suka atau tidak, Anda harus membawanya ke bengkel untuk pemeriksaan terperinci. Jika tidak segera membawa mobil ke service center, dikhawatirkan mobil akan mati mesin.

Cara lain untuk memeriksa starter Dyanmo adalah dengan memperhatikan soket otomatis. Kemudian silahkan cek bagian alternator starter yang merupakan bagian auto socket. Coba periksa fungsinya jika Anda mengalami masalah saat menghidupkan mobil. Biasanya masalah tersebut diikuti dengan lampu peringatan di dashboard mobil yang terus berkedip.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk memastikan kondisi soket otomatis. Coba cara mengecek dinamo starter mobil pada bagian kabel kecil yang menyambungkan soket otomatis, apakah bermasalah atau tidak.

Apabila hal tersebut tidak terjadi, maka periksa bagian relay dan juga sekring. Caranya adalah dengan starter mobil terlebih dahulu. Jika terdengar suara klek, maka relay dan sekring dalam kondisi yang baik. Namun, ada masalah dengan komponen lain yang rusak.

Perhatikan kecepatan mesin

Cara terakhir untuk mengecek dinamo start mobil adalah dengan mengecek putaran mesin. Dinamo starter bermasalah saat putaran mesin turun atau bahkan tidak bekerja. Coba cek dinamo starter mobil dengan menstarternya.

Caranya adalah dengan menstarter mobil, jika mesin tidak mau hidup, alternator starter mobil anda mungkin bermasalah. Hal ini biasanya disebabkan oleh baterai mobil yang lemah (atau bahkan overcharge).

Bisa juga kabel dinamo starter bermasalah jika kendor, kotor atau bahkan hilang. Agar aman, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel atau hubungi teknisi. Mengetahui penyebab kegagalan dinamo starter tentu akan mengarah pada tindakan manajemen yang baik.

Selain itu, Anda bisa menggunakan cara lain, yakni memperhatikan putaran mesin mobil. Namun, jika tidak kunjung bekerja dipastikan kondisi dinamo starter sedang terganggu. Masalah tersebut biasanya terjadi akibat aki mobil yang mulai melemah atau karena kabel dinamo mengalami gangguan.

See also  ¿Últimas informaciones sobre el estado de salud de Benedicto XVI?

Biasanya kabel dinamo starter ini mengalami longgar, kotor, maupun lepas. Sebab, dinamo starter yang bermasalah akan menyebabkan putaran mesin menjadi lemah atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Itulah cara melakaukan cek pada dinamo stater mobil. Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mencegah mobil mati mendadak. Jadi jika itu terjadi, Anda tidak akan kesulitan.

Related posts