Ciri-Ciri Introvert dan Cara Mengatasinya

caramesin.com-Introvert adalah tipe kepribadian yang lebih fokus pada perasaan dan pikiran dari dalam. Dalam masyarakat tumbuh anggapan bahwa orang yang introvert adalah orang yang tidak menyukai hubungan sosial dengan orang lain. Namun, anggapan ini tidak selalu benar.

Padahal, orang dengan kepribadian introvert, seperti tipe kepribadian pada INFJ, INTP, dan INTJ, tetap bisa bersosialisasi meski pemalu. Ini karena introvert cenderung memproses dan memikirkan sesuatu secara internal sebelum berbicara, dan mereka juga menyukai apa yang harus diungkapkan orang lain dan tidak.

Tidak seperti ekstrovert, misalnya, tipe kepribadiannya adalah ENTP dan ambivert, yang lebih keras dan percaya diri dalam mengungkapkan pendapat mereka.

Ciri-ciri pribadi introvert

Berikut adalah beberapa kepribadian introvert yang harus Anda waspadai:

1. Peningkatan penggunaan lobus frontal

Sejumlah penelitian otak telah menemukan bahwa otak orang introvert lebih cenderung menggunakan lobus frontal, bagian otak yang mengelilingi perencanaan, pemikiran pemecahan masalah, dan memori.

2. Fokus pada pikiran Anda sendiri

Selain itu, introvert lebih suka memikirkan ide atau ingatan dalam pikirannya sendiri. Oleh karena itu, kegiatan seperti penelitian, membaca atau menulis mungkin lebih menarik bagi introvert.

3. Lebih mudah untuk berbicara tatap muka

Dalam sebuah interaksi, orang introvert lebih nyaman berbicara satu sama lain dibandingkan berbicara dengan sekelompok besar orang.

Mereka juga sering ingin berbicara secara mendalam dan merasa bahwa berurusan dengan orang kecil, tetapi dengan perasaan yang dalam, bisa lebih bermanfaat. Itu sebabnya introvert berinteraksi dengan banyak orang.

Cara mengatasi kepribadian introvert

Jika Anda merasa introvert, jangan malu-malu. Anda juga tidak perlu bersembunyi. Nikmati tipe kepribadian Anda dan kembangkan ke arah yang positif. Berikut beberapa saran untuk kamu para introvert agar bisa meningkatkan diri dengan tetap menjaga kesehatan emosi.

See also  Naimi TikTok Viral Link Video Diburu Netizen

1. Menulis tentang hal-hal yang menarik

Topik yang Anda tulis mungkin bukan milik Anda sendiri. Anda juga dapat menggunakan jejaring sosial dan membangun hubungan yang kuat dengan banyak orang. Jenis kegiatan ini dapat meningkatkan komunikasi dan keterampilan sosial.

2. Periksa bidang minat

Cobalah untuk meneliti sesuatu sampai Anda menjadi ahli di bidang ini. Teruslah menulis dan bagikan pengetahuan Anda dengan orang lain di bidang yang sama.

3. Buat interaksi sederhana

Latih interaksi sederhana, seperti menyapa orang dengan penglihatan yang baik. Cobalah untuk mengobrol sebentar dengan beberapa orang.

4. Belajar berbicara di depan umum

Berlatih bahasa lisan di depan umum akan memungkinkan Anda untuk berbicara di depan banyak orang. Ini juga merupakan aliran energi yang efisien untuk introvert.

5. Nikmati waktu sendirian

Terkadang Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri, atau saya menyebutnya waktu. Kegiatan ini bermanfaat sebagai upaya untuk menghilangkan rasa lelah. Dalam beberapa budaya, ekstrovert cenderung lebih diutamakan daripada introvert. Introvert tampaknya memiliki kesehatan mental dan kesehatan yang lebih rendah daripada ekstrovert. Namun, ini tidak benar.

Seorang introvert dapat mengembangkan kepribadiannya dan mencapai kebahagiaan. Hanya saja kebahagiaan versi introvert bisa berbeda dengan ekstrovert. Oleh karena itu, orang dengan kepribadian introvert tidak boleh merasa rendah diri dan membandingkan diri dengan orang lain dan asumsi umum.

Related posts