Ciri-ciri aki mobil lemah dan cara mengatasinya

caramesin.com-Jika aki mobil rusak, dapat menyebabkan masalah dengan bagian mobil lainnya juga. Untuk itu, jangan sampai aki mobil melemah atau basah, agar tidak rusak dan menimbulkan banyak masalah.

Fungsi aki mobil adalah memberikan tenaga listrik untuk suku cadang mobil seperti lampu dan starter untuk menghidupkan mesin. Namun terkadang tidak sedikit dari kita yang menurunkan fungsi baterai.

Akibatnya aki mobil lemah atau rusak, sehingga suku cadang mobil tidak berfungsi dengan baik. Parahnya, jika aki mobil lemah, akan merusak mobil.

Ciri-ciri aki mobil lemah

Aki mobil yang lemah memiliki banyak karakteristik yang harus Anda waspadai. Sehingga nantinya bisa dilakukan tindakan agar tidak basah dan tidak mengganggu komponen lainnya. Aki mobil yang lemah merupakan tanda bahwa arus tidak mengalir ke seluruh bagian mesin yang membutuhkan listrik.

Akibatnya, mobil akan sulit untuk dihidupkan. Aki mobil bertanggung jawab pada kerja kelistrikan yang ada di mobil sehingga hal ini tidak dapat disepelekan. Lalu apa saja ciri aki mobil lemah? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda. Selamat membaca, ya.

Mesin Mobil Sulit Dihidupkan

Ciri aki mobil lemah yang paling sering terasa adalah mobil sulit distater. Jadi jika mesin tidak hidup saat dihidupkan, kemungkinan ada masalah dengan aki mobil. Listrik pertama yang mengalir dari baterai diarahkan ke sistem starter mesin.

Jika starter mengeluarkan bunyi tetapi mesin tidak mau hidup, ini tandanya aki sudah mulai melemah. Pada umumnya mesin mobil tidak dapat distarter karena goncangan yang merusak sel aki atau karena sudah terlalu tua.

Hal ini bisa terjadi karena air dalam baterai berada di bawah batas minimum sehingga tidak dapat menghantarkan listrik. Namun, bukan berarti Anda pengguna aki mobil kering bisa santai.

See also  5 Waktu Yang Tepat untuk Menjual Saham Agar Tidak Rugi

Oleh karena itu, periksa kembali apakah baterai yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan. Jika terlalu rendah, pasti tidak akan mendorong mesin untuk hidup. Cara mengatasi aki mobil basah untuk aki basah adalah dengan mengisi aki dengan air pada titik normal. Tunggu beberapa menit agar elektrolit dari baterai meresap ke dalam kotak baterai.

Klakson redup dan lampu redup

Ciri lain dari aki mobil yang lemah adalah klakson yang lemah dan lampu mobil yang redup. Makanya suara klakson mulai meredup dan brebet berbunyi. Hal ini terjadi karena tidak ada cukup listrik dari baterai ke sistem klakson, sehingga suaranya lemah atau tidak keras.

Selain mempengaruhi klakson, aki mobil yang lemah juga dapat mempengaruhi pencahayaan mobil. Yang menyebabkan cahaya yang dipancarkan lampu menjadi lemah atau kurang terang. Jadi jika lampu mobil Anda redup, selain lampu yang sudah sangat tua, bisa juga menjadi penyebab aki mobil yang lemah.

Jadi Anda harus memeriksanya dengan cermat. Suara klakson memudar dan lampu mulai menghalangi pengemudi mengemudi. Klakson juga berfungsi sebagai sinyal jika Anda membutuhkan perhatian kendaraan lain atau pejalan kaki.

Ciri lain dari aki mobil yang lemah adalah tegangan aki yang kurang. Jadi untuk melihat apakah aki mobil Anda memiliki tegangan, Anda bisa melakukan tes. Anda bisa menggunakan alat yang disebut stress tester atau menggunakan clickers.

Nah, ciri-ciri aki mobil yang bermasalah bisa diketahui dari aliran listriknya. Caranya adalah dengan memasukkan load tester atau engkol. Jika hasilnya menunjukkan angka di bawah 10 volt, berarti baterainya rusak. Jadi biasanya aki mobil dalam kondisi baik pada 12.45V (Idle/Off) dan 13-14V (On/On). Baterai yang lemah atau terisi daya berlebih dapat merusak komponen lain. Gunakan aki mobil jika perlu.

See also  Vidéo Une terrible attaque de requin s'attaque à deux femmes en Égypte, la côte de la mer Rouge temporairement fermée

Anda dapat merasakan mesin berjalan

Tanda lain aki mobil lemah adalah bau saat menghidupkan mesin. Baterai yang lemah karenanya akan mengeluarkan bau. Dimana bau tersebut berasal dari sel-sel aki mobil lemah yang mulai hancur.

Untuk membuatnya menyala dan terlihat seperti air mendidih setelah menghidupkan mesin mobil. Jika Anda menemukan gejala-gejala tersebut, itu tandanya Anda perlu segera mengganti aki mobil Anda.

Masa pakai aki mobil telah kedaluwarsa

Ciri lain dari aki mobil yang lemah adalah umur aki mobil yang habis. Ya, karena kita tahu bahwa aki merupakan salah satu suku cadang mobil yang memiliki umur panjang. Nah, apabila aki sudah lama digunakan maka lama kelamaan aki akan lemah.

Umumnya, aki mobil memiliki usia pakai sekitar dua tahun. Namun, hal tersebut juga bergantung terhadap bagaimana cara perawatan dan pemakaian kendaraan Anda. Perawatan aki yang baik dapat membantu aki tidak mudah soak.

Seperti diketahui, biaya penggantian aki mobil baru tergolong mahal. Karena harga aki mobil cukup mahal, Anda perlu merawatnya dengan bijak. Ya, biasanya ketika Anda membeli baterai baru, bengkel akan memberi Anda tanggal pembelian sehingga Anda dapat dengan mudah memeriksa masa pakai baterai.

Demikian ciri-ciri aki mobil yang lemah. Meskipun aki memiliki masa pakai dengan perawatan yang tepat dan teratur, aki mobil dapat memiliki masa pakai yang paling lama. Jika Anda melihat ciri-ciri aki mobil yang lemah di atas, bawalah ke pusat servis. Karena salah satu gangguan di awal hari adalah mobil tidak mau hidup karena aki basah. Hal ini sering terjadi jika Anda jarang memperhatikan keadaan baterai. Jangan biarkan baterai Anda merusak hari Anda.

See also  6 Fakta Film Top Gun: Maverick, Memakai Pesawat Jet Asli

Maka mengetahui karakteristik aki mobil yang perlu diganti itu penting agar mobil Anda tidak bermasalah saat dibutuhkan.

Related posts