CEK FAKTA: Apakah Letusan Gunung Semeru Timbulkan Tsunami Hingga Jepang? Simak Penjelasan BNPB

CUACA GUNUNG SEMERU

caramesin.com – Minggu dini hari, 4 Desember 2022, Gunung Semeru meletus kemarin di Jawa Timur.

Namun, ada kabar bahwa tsunami akan mencapai Jepang setelah Longsoran Awan Termal Tsunami (APG) Gunung Semeru terjadi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan letusan Gunung Semeru tidak menimbulkan tsunami.

Ini mengoreksi berita bahwa tsunami tidak mencapai Jepang karena Gunung Semeru meletus bersamaan.

Ada beberapa alasan mengapa berita ini tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Gunung Semeru adalah gunung berapi liar yang jauh dari laut. “Sehingga kemungkinan erupsi/puing/keruntuhan sebagian tidak sampai ke laut dan tidak dapat menimbulkan tsunami,” lanjut pernyataan tersebut.

Selain itu, BNPB menjelaskan bahwa lokasi Gunung Semeru berada di Selatan Jawa, sehingga jika terjadi longsoran di pantai selatan Jawa akibat aktivitas vulkanik, kecil kemungkinan tsunami bisa sampai ke Jepang. Pasalnya, tsunami terhalang gugusan pulau di Indonesia sebelum mencapai Jepang.

“Menurut analisis ini, berita meletusnya Gunung Semeru akan menyebabkan tsunami mencapai Jepang,” jelasnya. Terakhir, BNPB mengimbau kepada semua pihak untuk percaya hanya pada berita yang berasal dari lembaga yang berwenang di Indonesia.

Beberapa organisasi yang terlibat adalah BNPB, BMKG, Pusat Vulkanologi dan Pengurangan Bencana Geologi (PVMBG), BPBD dan instansi pemerintah lainnya.

See also  Cara Merawat dan Membersihkan Emas Putih agar Tidak Cepat Luntur

Related posts