Cara Merawat Lensa Kontak yang Benar

caramesin.com-Cara Merawat Lensa Kontak yang Benar Menggunakan lensa kontak dapat membantu Anda melihat lebih jelas sekaligus menjaga mata Anda tetap indah. Namun, untuk menjaga kesehatan mata, Anda harus menggunakan cara penyesuaian lensa kontak yang benar.

Lensa kontak berfungsi sebagai pengganti kacamata. Lensa kontak mungkin lebih sederhana daripada kacamata yang mudah rusak, pecah, pecah atau hilang. Untuk alasan yang tidak mempengaruhi penampilan, banyak orang memilih lensa kontak daripada kacamata.

Cara merawat lensa kontak

Bagi yang memakai lensa kontak, sangat penting untuk menjaga kebersihan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan, seperti infeksi mata dan penyakit mata lainnya.

Meskipun hal ini tidak dapat dicegah sepenuhnya, Anda dapat mencegah infeksi mata dengan tips perawatan kontak berikut:

1. Jaga kebersihan lensa kontak

Selalu cuci dan keringkan tangan Anda sebelum memakai atau melepas lensa kontak. Bagi yang suka make up, disarankan untuk memakai lensa kontak sebelum mengaplikasikan riasan mata. Bahkan dalam hal ini, Anda harus melepas lensa kontak sebelum menghapus riasan. Selain itu, disarankan juga untuk selalu melepas lensa kontak sebelum mandi atau berenang. Hindari kontak dengan air.

2. Lepas lensa kontak saat tidur

Lepaskan lensa kontak segera setelah Anda tidur. Jika Anda terus menggunakannya, jumlah oksigen yang masuk ke mata Anda dapat disimpan. Apabila hal ini terjadi, Anda berisiko tinggi untuk mengalami infeksi mata, peradangan, dan iritasi mata.

3. Gunakan cairan pembersih khusus

Gunakan cairan pembersih khusus yang disarankan dokter atau apotek untuk membersihkan dan merendam lensa kontak. Jangan gunakan air atau cairan lainnya, karena air kolam atau air sulingan bisa mengandung organisme acanthamoeba yang dapat menyebabkan mata mengalami infeksi.

See also  Prospek Teknik Mesin - Sektor Masa Depan, Gaji Serta Pekerjaan Alternatif

4. Bersihkan lensa kontak secara teratur

Bersihkan lensa kontak setelah digunakan. Kemudian segera masukkan ke dalam kotak penyimpanan yang sudah berisi larutan pembersih berbahan dasar hidrogen peroksida. Kotak penyimpanan kontak harus dibersihkan dan diganti setiap 3 bulan agar tetap bersih.

Saat membersihkan lensa kontak, lakukan secara perlahan agar tidak retak. Bagi yang memakai lensa kontak sekali pakai, tidak perlu lagi dibersihkan, karena hanya bisa dilepas setelah digunakan. Jangan memakai lensa kontak sekali pakai selama lebih dari satu hari.

Penyakit berbahaya akibat lensa kontak yang kotor

Bila digunakan dengan benar, lensa kontak terbukti aman. Namun, risiko infeksi mata tetap terletak pada penggunaan lensa kontak, sehingga harus dijaga kebersihannya.

Bahaya memakai lensa kontak tidak hanya infeksi mata, ada juga penyakit mata lainnya, seperti:

Iritasi mata
Ulkus kornea
konjungtivitis
abrasi kornea

Pelajari cara merawat lensa kontak dengan benar agar terhindar dari bahaya lensa kontak, seperti infeksi mata dan penyakit mata lainnya. Jika penggunaan lensa kontak dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, bengkak, nyeri dan nyeri, persisten, gangguan penglihatan atau kepekaan mata terhadap cahaya, segera konsultasikan ke dokter spesialis mata.

Related posts