Bahaya Memindahkan Posisi Gigi ke P saat Mobil Matic Berhenti di Lampu Merah

Bahaya Memindahkan Posisi Gigi ke P saat Mobil Matic Berhenti di Lampu Merah

caramesin.com – Bahaya Memindahkan Posisi Gigi ke P saat Mobil Matic Berhenti di Lampu Merah, Begini Penjelasan Pakar,Para ahli menjelaskan risiko pindah ke P saat transmisi otomatis berhenti di lampu merah.

Sudah lumrah terlihat pengendara menggeser tuas persneling ke P (Parkir) saat berhenti di lampu merah. Menurut Hermes Effendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Werner-Matic, sebenarnya mobil matic tidak perlu menggeser tuas transmisi ke P saat berhenti di lampu merah.

Sebagai gantinya, cukup pindahkan tuas transmisi ke posisi N (netral). “Membosankan meluncur ke P karena kalau mau ke D (drive) jauh,” kata Hermas Efendi Prabowo dalam acara virtual di Worner Matic Training Center (WMTC) beberapa waktu lalu.

“Harus menempuh dua langkah, pertama lewat R (belakang) dan N, lalu masuk ke D,” tambah Elmas. Selain itu, kebiasaan memindah tuas persneling ke posisi P di lampu merah juga berbahaya.

“Saat tuas berada di P, berarti langkah sedang dilakukan menuju R,” kata Hermès. “Mungkin karena kamu tidak tahu di mana tuas di P dan itu hanya bergerak mundur begitu kamu memutarnya,” jelasnya.

Penjelasan. P tuas persneling otomatis
Untuk menghindari bahaya, Hermas mengimbau pengguna mobil matic untuk memindah tuas persneling ke N saat lampu merah.

“Juga lebih fleksibel jika harus maju atau mundur saat terjadi sesuatu, ambil saja langkahnya,” jelasnya.

Related posts