Motor Kawasaki Ninja H2R Terbaru

Motor Kawasaki Ninja H2R Terbaru

caramesin.com – Motor Kawasaki Ninja H2R Terbaru, Kawasaki Ninja H2R merupakan sepeda motor super sport yang diproduksi sejak tahun 2015. Harga yang ditawarkan ketika rilis pertama kali cukup membuat banyak orang takjub, mencapai Rp610 jutaan untuk harga Ninja H2R dan Rp305 jutaan untuk H2.

Mungkin banyak yang belum mengerti, apa bedanya Kawasaki Ninja H2 dan H2R,.Sekadar informasi, Kawasaki Ninja H2 merupakan motor yang diperuntukkan untuk di jalan raya. Sedangkan Ninja H2R merupakan sepeda motor yang khusus untuk keperluan balap di sirkuit.

Kawasaki Ninja H2 memiliki tenaga di angka 200 hp sedangkan H2R memiliki tenaga yang jauh lebih besar mencapai 310 hp. Dari segi harga, Kawasaki Ninja H2R juga dua kali lebih mahal dari H2.

Sejarah Kawasaki Ninja H2R

Sebelum kita mengkajinya secara detail, mari kita bahas dulu sedikit sejarah tentang sepeda motor. Ninja H2 adalah sepeda motor yang diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industrie yang dilengkapi dengan supercharger sentrifugal berkecepatan variabel.

Sedangkan Ninja H2R didesain khusus untuk keperluan periferal. Saat pertama kali diluncurkan, mesin yang didesain secara aerodinamis ini menyandang predikat sebagai mesin tercepat dan terkuat di dunia.

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, perbedaan tenaga antara H2 dan H2R yang cukup jauh inilah yang membuat H2R dinobatkan sebagai motor terkencang.

Tes Kecepatan 2015

Di tahun 2015, pembalap TT Isle of Man bernama James Hillier menguji H2R di atas trek lurus Sulby Straight, sepanjang 1,2 km. Tanpa disadari ia pun melesat bak roket bersama Ninja H2R dengan kecepatan maksimal mencapai 332 km/jam.

Kecepatan tersebut direkam menggunakan aplikasi gadget Strava pribadi Hillier. Sontak kecepatan tersebut membuat H2R menjadi motor terkencang saat itu menurutnya.

Tes Kecepatan 2016

Setahun berselang, ternyata Kenan Sofuoglu, pembalap motor berkebangsaan Turki ingin menjajal motor tersebut di jembatan Osman Gazi. Sekadar informasi, jembatan tersebut merupakan jembatan yang terbentang di atas teluk Izmit, Turki.

Panjang jembatan gantung ini mencapai 2,6 km yang dinilai cocok untuk menguji kecepatan Ninja H2R di atas trek lurus. Hasilnya, Ninja H2R yang dikendarai Kenan mampu melesat hingga kecepatan maksimal 400 km/jam yang diraih hanya dalam waktu 26 detik saja!

Video yang dirilis pada Juli 2016 ini langsung viral lantaran banyak orang terkagum dengan performa buas dari Ninja H2R. Sejak saat itulah banyak orang yang mengincar motor tersebut untuk dijadikan koleksi ataupun pemacu adrenalin di atas lintasan sirkuit.

Spesifikasi Lengkap Kawasaki Ninja H2R

Mesin dan Dimensi

Di atas kertas, Kawasaki Ninja H2R memiliki mesin dengan kapasitas mesin 998 cc, 4 silinder segaris, supercharger yang dibekali pendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan 305 hp @14.000 rpm dengan torsi 165 Nm @12.500 rpm.

Transmisi yang digunakan memakai 6 percepatan dengan dog-ring yang dipadukan dengan kopling basah. Berikut spesifikasi lengkapnya kami sajikan dalam bentuk tabel di bawah ini.

Spesifikasi Mesin Kawasaki Ninja H2R

Kapasitas 998 cc
Jumlah silinder 4 silinder segaris
Teknologi Injeksi, DOHC, 16 valve, supercharge
Kompresi 8,3:1
Tenaga 305 hp @14.000 rpm
Torsi 165 Nm @12.500 rpm
Transmisi 6 percepatan, dog-ring
Dimensinya pun terbilang tidak terlalu besar untuk ukuran sepeda motor balap. Ukurannya panjang 2.070 mm, lebar 850 mm dan tinggi hanya 1.160 mm.

Jarak sumbu roda 1.450 mm dengan ground clearance 130 mm. Ketinggian joknya sendiri 830 mm dengan volume tangki bahan bakar 17 liter.

Dimensi Kawasaki Ninja H2R

Tinggi 2070 mm
Lebar 850 mm
Tinggi 1.160 mm
Jarak sumbu roda 1450 mm
Tinggi jarak bebas 130 mm
Berat 216 kg
Volume bahan bakar 17 liter
Untuk memastikan handling yang mumpuni, Kawasaki memasang sasis teralis yang terbuat dari material baja berkekuatan tinggi, yang sering digunakan pada motor MotoGP. Swingarm belakang menggunakan mounting plate yang diklaim mampu memberikan stabilitas kemudi. Dibagi berdasarkan fungsi

Mesin balap legal ini juga dilengkapi dengan banyak fitur. Motor ini bahkan diklaim setara dengan motor balap MotoGP.

Fungsi Kontrol Cornering Kawasaki (KCMF)
Kontrol traksi, kontrol roda, dan umpan
Kontrol miring dan menikung
Kontrol rem mesin Kawasaki
Pembangkitan tekanan
Sayap ada di depan kaca depan
Pemandangan sudut bangku
Katup throttle elektronik
Pergeseran cepat Kawasaki
Kopling hidrolik dan pembatas torsi terbalik
Nozel minyak
Fitur-fitur di atas diklaim dapat memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara bagi penggunanya. Wah ribet juga ya part mesin balapnya legal untuk dipakai di jalan ini.

Suspensi dan rem

Di bagian depan, rem menggunakan cakram semi-mengambang ganda 330mm dengan peringatan Brembo. Kaliper yang digunakan adalah model Brembo dengan pemasangan radial ganda dan Stylema monoblok 4 piston.

Sementara rem cakram tunggal 250mm digunakan di bagian belakang, peringatan Brembo dengan kaliper 2 piston. Kedua rem memiliki kinerja pengereman yang sangat baik pada kecepatan yang sangat tinggi.

Pada bagian suspensi, suspensi depan 43 mm disandingkan dengan rebound dan damping kompresi. Suspensi juga dapat disesuaikan untuk preload dan penyetelan serta pegas atas.

Di bagian belakang terdapat Uni-trak yang dipadukan suspensi Ohlins TTX36 gas-charged shock with piggyback reservoir. Suspensi tersebut juga masih bisa diatur preload dan adjustability and top-out springs.

Pelek dan Ban

Bagaimana dengan ukuran pelek dan ban yang digunakan? Pelek dan ban yang digunakan oleh H2R berbeda dengan H2 biasa.

Untuk pelek memakai material serat karbon terbaik berukuran 17 inci. Ban yang digunakan memakai Pirelli yang sama dengan yang digunakan di balap MotoGP.

Ukuran ban di bagian depan memakai 120/600, sedangkan ban belakang memakai ukuran 190/650. Enggak heran kalau ban tersebut sanggup dipacu hingga kecepatan lebih dari 300 km/jam.

Harga Kawasaki Ninja H2R

Di tahun 2021, Kawasaki Ninja H2R terpantau memiliki harga yang masih bikin nyali menciut. Sayangnya, harga kawasaki Ninja H2R ini tidak ada yang pasti. Itu karena Kawasaki Heavy Industries telah resmi menghentikan produksi H2R. Namun, konsumen yang ingin memesan masih memiliki waktu hingga 21 Oktober 2021.

Bahkan website Kawasaki UK (UK) menyebutkan pemesanan masih bisa dilakukan hingga 20 November 2021. Namun jika ditilik kisarannya, Kawasaki H2R ini dibanderol Rp 900 juta hingga Rp 1 miliar.

Harganya tentu saja label harga Inggris. Bisa dibayangkan bila sepeda motor ini sampai di Indonesia, nilainya bisa berlipat ganda karena perpajakan.

Melihat harga Kawasaki Ninja H2R di atas, kira-kira Carmudian akan membelinya atau tidak? Bagi para sultan Indonesia, harganya terkesan murah.

Related posts