Suntik Jerawat untuk Atasi Jerawat Membandel

caramesin.com-Suntik Jerawat untuk Atasi Jerawat Membandel Suntikan jerawat adalah salah satu cara dokter dapat mengobati jerawat yang meradang. Langkah pengobatan jerawat ini biasanya aman, namun tidak semua orang bisa mengobati jerawat dengan cara ini.

Suntikan jerawat digunakan untuk mengobati jerawat inflamasi seperti jerawat papula, jerawat nodular dan jerawat kistik. Jenis obat yang paling umum digunakan adalah injeksi kortikosteroid.

Meskipun sangat efektif dalam menghilangkan jerawat yang meradang, prosedur ini biasanya dilakukan untuk mengobati jerawat yang parah dan parah dan bukan untuk mengobati jerawat yang ringan.

Suntik jerawat dapat memberikan hasil yang cepat, yaitu sekitar 1–2 hari. Selain menghilangkan jerawat, prosedur ini juga bisa mencegah munculnya bekas jerawat pada kulit.

Apakah Suntik Jerawat Aman Dilakukan?

Suntik jerawat merupakan prosedur yang aman bila dilakukan oleh dokter kulit. Hal ini karena penentuan dosis hingga proses penyuntikan harus disesuaikan dengan kondisi jerawat yang ingin diobati, guna mencegah munculnya jaringan parut atau penipisan kulit. Meski suntikan jerawat relatif aman, tidak semua orang bisa mengobati jerawat dengan cara ini. Metode injeksi jerawat tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan anak-anak, serta untuk orang dengan masalah kesehatan tertentu, seperti:

Riwayat penyakit liver, ginjal, darah tinggi dan diabetes
Infeksi seperti TBC dan infeksi jamur
penyakit tiroid
Tukak lambung dan gastritis
Gagal jantung
Selain suntikan jerawat, jerawat seringkali perlu diobati dengan obat jerawat, baik obat topikal maupun obat oral. Obat ini bisa berupa antibiotik dan retinoid.

Risiko dan efek suntikan jerawat

Seperti perawatan lainnya, suntikan jerawat dapat menyebabkan efek samping. Obat jerawat, yang diterapkan secara berlebihan atau sering, menyebabkan jaringan parut di tempat suntikan.

Selain itu, penggunaan kortikosteroid secara berlebihan juga dapat menimbulkan beberapa efek samping, antara lain:

Jaringan kulit yang dicurigai
Perubahan warna kulit
infeksi
Garis merah muncul di kulit
Mual dan muntah
Peradangan pada bagian tubuh tertentu, seperti wajah
Sakit kepala
Perubahan suasana hati
Ada juga risiko patah tulang dan sistem kekebalan yang melemah dengan penggunaan kortikosteroid jangka panjang atau dalam dosis tinggi. Orang yang menjalani terapi kortikosteroid juga memiliki peningkatan risiko mengembangkan sindrom Cushing.

Namun, jumlah obat kortikosteroid yang digunakan dalam suntikan jerawat biasanya sangat sedikit sehingga jarang menimbulkan efek samping ini.

Berbagai tips untuk mencegah jerawat
Perawatan jerawat yang melemahkan akan menunjukkan hasil yang maksimal bila dikombinasikan dengan perawatan kulit jerawat yang baik. Untuk mencegah peradangan jerawat, Anda dapat mengikuti tips berikut:

Hindari menyentuh atau memencet jerawat.

Bersihkan wajah secara rutin setiap pagi dan sore hari dengan sabun wajah khusus. Bersihkan wajah Anda segera setelah aktivitas fisik atau ketika Anda banyak berkeringat di wajah Anda.
Gunakan pembersih wajah tanpa pewangi untuk mencegah iritasi kulit.
Gunakan tabir surya pelembab untuk melindungi kulit Anda dari radiasi UV.
Gunakan produk makeup yang tidak menyumbat pori-pori (non-comedogenic).
Hapus riasan sebelum tidur di malam hari. Menghilangkan jerawat yang meradang sangat sulit dan terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, Anda dapat mencegah jerawat dengan membersihkan kulit Anda secara teratur setiap hari.

Jika Anda merasa terganggu dengan adanya jerawat, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Anda juga dapat bertanya kepada dokter apakah jerawat harus diobati dengan suntikan jerawat atau tidak.

Related posts