Breaking News

9 Cara Meningkatkan IQ yang Bisa Anda Coba

caramesin.com-IQ rendah tidak mengakhiri segalanya, karena IQ bukan satu-satunya faktor yang menentukan kesuksesan seseorang. Namun, jika Anda menginginkan IQ yang lebih tinggi, ada banyak cara untuk meningkatkan IQ yang bisa Anda coba.

Intelligence quotient (IQ) adalah istilah yang sering digunakan untuk mengukur kecerdasan intelektual dan kemampuan seseorang untuk memahami ide, memecahkan masalah, mempelajari sesuatu, berpikir dan bernalar.

Saat ini, nilai IQ sering digunakan sebagai persyaratan untuk masuk sekolah dan perguruan tinggi atau bahkan saat melamar pekerjaan tertentu. Perusahaan atau institusi sering melakukan tes IQ untuk mengetahui skor IQ Anda. Jadi jangan sedih atau putus asa jika Anda memiliki IQ yang agak rendah. Ada beberapa cara untuk meningkatkan IQ Anda dan mempersiapkan diri jika Anda perlu mengikuti tes IQ suatu hari nanti.

Beberapa cara untuk meningkatkan IQ

Tingkat kecerdasan atau IQ seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor genetik, asupan makanan, pendidikan, riwayat pendidikan dan status kesehatan. Skor IQ bukanlah nilai yang tetap dan dapat berubah seiring bertambahnya usia seseorang.

Untuk meningkatkan IQ, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Latih otak Anda dengan permainan

Salah satu cara untuk meningkatkan IQ adalah dengan memainkan permainan otak seperti teka-teki silang, teka-teki atau sudoku. Kegiatan ini dianggap dapat meningkatkan kecerdasan dengan melatih memori dan penalaran serta keterampilan bahasa.

2. Memainkan alat musik

Anda juga dapat meningkatkan IQ Anda dengan belajar memainkan alat musik. Menurut penelitian, memainkan alat musik dapat melatih sensorik dan pemikiran, persepsi pendengaran, koordinasi fisik, dan memori Anda. Jangan khawatir jika Anda kesulitan belajar memainkan alat musik. Anda tidak harus menjadi musisi yang baik untuk mendapatkan manfaat musik untuk meningkatkan IQ Anda.

See also  Ini Dia Tips Aman dan Cepat Ajukan Kredit Motor

3. Belajar bahasa asing

Belajar bahasa asing tidak hanya memudahkan Anda bepergian ke luar negeri, berkomunikasi dengan orang-orang dari negara lain, atau mendengarkan lagu dan film asing. Padahal, mengenalkan bahasa asing pada anak sejak dini dapat mendukung perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan. Hal ini dibuktikan dengan banyak penelitian yang mengatakan orang bilingual terlihat memiliki IQ dan kemampuan belajar yang lebih baik daripada orang yang hanya bisa berkomunikasi dalam satu bahasa.

4. Baca buku

Saat membaca buku, cobalah untuk tetap berpegang pada alur cerita, bayangkan, pahami, dan tarik kesimpulan dari apa yang Anda baca.

Aktivitas ini tidak diragukan lagi salah satu cara klasik untuk melatih berpikir, meningkatkan kecerdasan dan menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Tidak hanya membaca, tetapi juga membaca dongeng anak-anak baik untuk otak mereka. Menurut penelitian, kegiatan ini dapat melatih kemampuan bicara dan berpikir anak.

5. Pendidikan formal berkelanjutan atau penyelesaian kursus

Pendidikan dalam bentuk apapun diperlukan untuk mengembangkan kecerdasan atau meningkatkan IQ. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengikuti pendidikan formal selama 1 tahun dapat meningkatkan skor IQ hingga 5 poin.

Selain pendidikan formal lanjutan, Anda juga dapat mengikuti seminar dan mengikuti workshop atau kursus, seperti kursus memasak, menjahit atau bahasa asing.

6. Bersosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial. Oleh karena itu, diskusi atau pertukaran pandangan dapat menjadi cara untuk meningkatkan IQ. Menurut sebuah penelitian, pergaulan yang aktif dapat merangsang pikiran dan pemikiran Anda.

Selain bersosialisasi dengan teman atau orang yang sudah Anda kenal, Anda juga bisa bersosialisasi dengan mengikuti komunitas baru atau menjadi volunteer, sehingga Anda bisa bertemu orang baru dan berbagi pengalaman serta ilmu.

See also  Netizen Syok Lihat Penampilan Baru Lisa BLACKPINK yang Tak Lagi Miliki Ini

7. Makan dan makanan bergizi

Anda juga bisa mengonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan IQ. Pilih makanan yang berbeda yang mengandung asam lemak omega-3, flavonoid, protein dan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, seng dan selenium.

Berbagai kandungan tersebut diduga mampu menjaga dan mendukung fungsi otak. Berbagai nutrisi tersebut dapat diperoleh melalui makanan atau minuman tertentu seperti seafood, ikan, kacang-kacangan, telur, aneka buah dan sayuran seperti teh dan coklat.

8.Waktu istirahat yang cukup

Istirahat total minimal 7-9 jam sehari juga penting untuk mendukung fungsi otak yang baik.

Ketika Anda tidur, otak Anda memperkuat ingatan Anda tentang hal-hal yang telah Anda lalui sepanjang hari dan mempersiapkan Anda untuk informasi baru ketika Anda bangun. Tidur yang cukup adalah salah satu cara untuk meningkatkan IQ Anda.

9. Berolahraga secara teratur

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, olahraga teratur juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan IQ dan fungsi otak. Olahraga dapat meningkatkan daya ingat dan menjaga kelancaran aliran darah ke otak sehingga sel-sel saraf dan jaringan otak tetap sehat.

Selain berbagai cara yang tertera di atas, Anda juga bisa melakukan senam otak secara rutin untuk meningkatkan kecerdasan serta melatih konsentrasi dan daya ingat.

Untuk meningkatkan IQ atau menjaga kesehatan fisik secara keseluruhan, Anda bisa berolahraga minimal 3 kali seminggu, 30 menit sehari.

IQ tinggi masih dianggap sebagai kunci kesuksesan manusia. Namun pada kenyataannya, skor IQ bukanlah satu-satunya faktor utama. Faktor lain seperti kerja keras, ketekunan, kepribadian, perilaku dan emosi juga memainkan peran penting dalam mempromosikan kesuksesan.

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan tidak hanya IQ, tetapi juga kecerdasan emosional dan kecerdasan emosional (EQ). Jika Anda memiliki pertanyaan tentang IQ atau cara untuk meningkatkan IQ Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan psikolog.

See also  9 Aktor Ganteng yang Pernah Jadi 'Kekasih' Park Min Young, Ada Idolamu?

Check Also

(Viral) Seorang Ibu-Ibu Bawa Poster Bertuliskan Legalkan Ganja Medis,Ternyata Sakit Anaknya Menghawatirkan

(Viral) Seorang Ibu-Ibu Bawa Poster Bertuliskan Legalkan Ganja Medis,Ternyata Sakit Anaknya Menghawatirkan

caramesin.com – Baru-baru ini, jejaring sosial Twitter mengejutkan video viral seorang ibu dengan poster yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.