Breaking News

5 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

caramesin.com-Tidak hanya daging, susu kambing memiliki beberapa manfaat kesehatan. Selain meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, konsumsi susu kambing juga diduga dapat menjaga kesehatan jantung.

Manfaat susu kambing tidak terlepas dari nutrisi yang dikandungnya. Susu kambing mengandung banyak nutrisi, terutama putih telur dan kalsium, dibandingkan dengan susu sapi atau nabati.

Berbagai manfaat susu kambing

Berikut beberapa manfaat susu kambing untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Susu kambing diketahui memiliki potensi manfaat dalam menjaga dan memperkuat tulang dan gigi. Hal ini karena susu kambing mengandung banyak kalsium. Segelas susu kambing (± 235 ml) mengandung sekitar 330 mg kalsium.

2. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Selain memiliki tekstur yang lebih padat dan lembut, protein susu kambing dinilai lebih mudah dicerna tubuh dibandingkan susu sapi. Tak hanya itu, susu kambing masih mengandung prebiotik yang berperan sebagai makanan bagi bakteri baik untuk menjaga jumlahnya demi kesehatan sistem pencernaan.

3. Bantuan dari gejala psoriasis

Beberapa orang dengan psoriasis merasa bahwa gejala mereka membaik setelah mengganti diet susu sapi dengan susu kambing dan menggunakan produk susu kambing. Namun, tidak ada penelitian yang menjelaskan efek ini secara rinci.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selenium merupakan komponen penting dalam memenuhi fungsi sistem kekebalan tubuh. Susu kambing diketahui mengandung lebih banyak selenium dibandingkan susu sapi. Dengan begitu, manfaat yang bisa dirasakan saat daya tahan tubuh baik bisa mencegah penyakit.

5. Pencegahan penyakit kardiovaskular

Susu kambing diketahui mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, seperti trigliserida rantai menengah (MCT), yang lebih efektif daripada susu sapi. Berkat bahan-bahan tersebut, manfaat lain dari susu kambing adalah membantu mencegah penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis, serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

See also  Terbaru Lee Joon Gi, 7 Pemain Drama Tepati Janji Saat Rating Tinggi

Tak hanya itu, kandungan potasium yang tinggi pada susu kambing juga dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Meskipun susu kambing memiliki banyak manfaat, Anda juga harus mewaspadai risiko yang terkait dengan minum susu ini. Dikarenakan kandungan kalori susu kambing yang tinggi dibandingkan dengan susu sapi, Anda harus menjaga asupan susu kambing agar tidak menambah berat badan.

Selain itu, bagi Anda yang mengalami intoleransi laktosa, konsumsi susu kambing tidak dianjurkan karena juga mengandung laktosa seperti susu sapi. Jika Anda mengalami intoleransi laktosa, Anda bisa mengonsumsi susu herbal, seperti susu kedelai, yang dijamin bebas laktosa.

Setelah memahami penjelasan di atas, jangan ragu untuk menggunakan susu kambing untuk kesehatan tubuh. Jika perlu, konsultasikan dengan ahli gizi untuk menentukan takaran susu kambing yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi Anda.

Check Also

(Leaked) Video yeager thugs, Attack On Titan Eren Yeager following Link

caramesin.com – (Leaked) Video yeager thugs, Attack On Titan Eren Yeager following Link,Anime character mod …

Leave a Reply

Your email address will not be published.