5 Manfaat Permen Karet yang Sayang Dilewatkan

caramesin.com-Tidak hanya dapat menyegarkan nafas, mengunyah permen karet juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, ada beberapa hal yang harus diwaspadai saat mengunyah permen karet, karena ada efek samping yang bisa disembunyikan.

Mengkonsumsi permen karet dikatakan memiliki beberapa manfaat kesehatan, namun tidak berlaku untuk semua jenis permen karet, ya. Permen karet lebih baik untuk kesehatan daripada permen karet bebas gula. Permen karet dikatakan bebas gula jika kandungannya kurang dari 0,5 gram.

Sementara itu, konsumsi gula dengan kadar gula berlebih atau bahan tambahan lain seperti BHT (butylated hydroxytoluene), aspartam, dan titanium dioksida harus dibatasi karena berdampak negatif bagi kesehatan.

Berbagai manfaat mengunyah permen karet

Permen karet adalah permen yang dimaksudkan untuk dikunyah, bukan ditelan. Permen karet, terutama permen karet bebas gula, dikatakan memberikan sejumlah manfaat kesehatan, seperti:

1. Kurangi stres

Satu studi menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu mengatasi stres. Studi tersebut mengatakan bahwa orang yang mengunyah permen karet lebih tenang dan lebih fokus ketika mereka cemas dan stres, seperti dalam sebuah tes. Karena aksi mengunyah permen karet membantu menurunkan hormon stres seperti kortisol.

Namun, jika stres Anda tidak kunjung hilang karena mengunyah permen karet, maka cobalah perawatan lain untuk mengatasi stres, seperti pernapasan, relaksasi, atau meditasi.

2. Membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut

Permen karet bebas gula juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang bersin secara teratur tanpa tebu tampaknya memiliki risiko karies yang lebih rendah. Mengunyah permen karet meningkatkan produksi air liur, sehingga membantu membersihkan gigi dan mulut dari bakteri dan sisa makanan.

See also  (Update) Link Full Videos Sheemza Shahbaz on Twitter and TikTok Viral

Ingat, meskipun. Meski membantu mencegah kerusakan gigi, mengunyah permen karet tetap tidak bisa menggantikan fungsi pembersihan gigi, bukan? Anda juga harus menyikat gigi secara teratur dua kali sehari untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat dan bersih.

3. Menurunkan berat badan membantu

Mengunyah permen karet juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mengontrol nafsu makan dengan lebih baik serta keinginan untuk makan atau mengurangi terlalu banyak. Alhasil, manfaat mengunyah permen karet sangat bagus untuk mencegah atau menurunkan berat badan.

Namun, Anda tidak harus bergantung pada permen karet untuk mencapai berat badan ideal. Anda juga harus melakukan hal-hal lain, seperti menjaga pola makan yang sehat, minum banyak air dan berolahraga secara teratur.

4. Pencegahan infeksi telinga pada anak-anak

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi permen karet yang mengandung xylitol memiliki risiko infeksi telinga yang lebih rendah. Hal ini diduga karena kebiasaan mengunyah permen karet membantu memperkuat rahang bayi dan melebarkan tuba eustachius dan telinga bayi.

Namun, manfaat permen karet di dalamnya belum dieksplorasi dan belum terbukti sepenuhnya efektif dan aman. Jika anak Anda mengalami gejala infeksi telinga seperti bau mulut, tinitus, demam, mual dan kurang makan dan minum, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

5. Otot-otot wajah tegang

Tak hanya menguatkan rahang, kebiasaan mengunyah permen dipercaya bisa membantu mengencangkan otot-otot wajah.

Namun, bukan berarti mengunyah permen karet bisa langsung melangsingkan wajah. Bentuk wajah seringkali dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti genetik dan berat badan.

Selain banyak manfaat yang disebutkan di atas, mengunyah permen karet juga dikatakan dapat membantu mempercepat penyembuhan dan proses pencernaan pada pasien yang baru saja menjalani operasi saluran cerna, seperti usus buntu.

See also  Full Video De Robert Morales Cerro Porteño Video Viral On Twitter

Hati-hati saat memilih permen karet

Meskipun mengunyah permen karet bisa memberikan banyak manfaat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin mengonsumsinya. Yang terpenting di dalamnya adalah komponen gulanya.

Konsumsi permen karet tinggi gula harus dihindari karena alih-alih membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut, malah bisa menyebabkan kerusakan gigi.

Permen karet yang mengandung pemanis buatan, seperti aspartam, juga harus dikurangi atau dihilangkan. Hal ini karena asupan aspartam yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah seperti sakit kepala, pusing, pusing dan muntah.

Selain memperhatikan kandungan gula, Anda juga perlu memperhatikan seberapa sering Anda mengonsumsi permen karet. Hindari mengunyah permen karet terlalu sering atau terlalu sering, karena Anda mungkin berisiko mengalami masalah kesehatan tertentu seperti diabetes, sakit gigi, dan sakit gigi.

Itulah berbagai informasi tentang manfaat permen karet dan risikonya. Selain makan permen karet, selalu ingat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi setiap hari dan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Related posts