Breaking News

5 Manfaat Menonton Drama Korea untuk Kesehatan Mental

caramesin.com-Tidak hanya menyenangkan, menonton drama kesehatan mental Korea memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah pengurangan stres. Tak heran jika drama Korea sangat disukai banyak orang, mulai dari remaja hingga dewasa.

Menonton drama Korea sudah menjadi kegiatan sehari-hari bagi sebagian orang. Ada yang menonton drama Korea di sela-sela kesibukannya, dan ada juga yang menonton untuk membuang waktu atau sekadar mencari kesenangan.

Beberapa manfaat menonton drama Korea untuk kesehatan mental

Berikut beberapa manfaat menonton drama Korea untuk kesehatan mental Anda:

1. Kurangi rasa takut

Ketika Anda merasa cemas, Anda tidak akan duduk diam dan sulit berkonsentrasi. Kecemasan juga dapat meningkatkan detak jantung dan menyebabkan otot menjadi kaku dan tegang. Hal ini tentu saja mengganggu Anda.

Salah satu cara untuk mengatasi rasa takut ini adalah dengan bersantai. Ada beberapa bentuk relaksasi yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah menonton televisi atau film yang menghibur seperti drama Korea. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa menonton film atau drama dapat menenangkan orang yang menjalani prosedur medis tertentu dan mengurangi kecemasan. Ini tandanya drama Korea bisa menyenangkan untuk menenangkan kamu.

2. Menghilangkan stres

Manfaat lain dari menonton drama Korea adalah mengurangi stres. Stres adalah kondisi umum yang dialami setiap orang. Namun, jika Anda sedang stres, cobalah istirahat atau menonton film seperti drama Korea.

Saat menonton acara yang menghibur, tubuh melepaskan hormon dopamin dan endorfin. Kedua hormon ini dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres.

See also  Makin Cantik Setelah Tahu Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

3. Singkirkan masalah mental

Menonton film bahkan dijadikan sebagai salah satu bentuk pengobatan yang membantu orang dengan masalah kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, depresi, gangguan panik, fobia sosial, disfungsi fisik, gangguan makan dan trauma. Namun perhatikan juga jenis drama Korea yang Anda tonton. Agar tidak gugup atau sedih, pilihlah drama Korea yang memiliki unsur komik yang akan membuat Anda tertawa dan terhibur.

4. Bangun kepercayaan diri

Apakah Anda merasa kurang percaya diri saat berbicara di depan umum atau bertemu orang baru? Cobalah menonton drama atau film Korea dengan karakter atau karakter yang memiliki masalah serupa dengan Anda. Ketika Anda melihat seorang karakter berjuang dengan masalah yang dia alami dan dapat mengatasinya, Anda tidak dapat langsung membayangkan bahwa Anda melakukan hal yang sama. Dengan cara ini, kepercayaan diri muncul.

5. Waspadai kesehatan mental

Selain sebagai hiburan, menonton drama Korea juga bisa menjadi sarana mengedukasi Anda dan masyarakat luas tentang kesehatan mental.

Keunggulan ini dibuktikan dengan banyaknya drama Korea yang bercerita tentang orang-orang dengan gangguan jiwa dan bagaimana mereka mengatasi kondisi yang mereka alami.

Dampak Negatif Menonton Drama Korea Terhadap Kesehatan Mental

Meskipun memiliki banyak manfaat, terlalu banyak menonton drama Korea dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik. Berikut dampak negatif dari penyimpangan mengatasi drama Korea:

Kecanduan atau terobsesi

Menonton drama Korea bisa membuat Anda terobsesi dengan cerita itu sendiri dalam drama atau aktornya. Ketika Anda berada di bawah, mungkin sulit bagi Anda untuk memikirkannya atau Anda tidak perlu menunggu cerita berlanjut.

Secara tidak langsung dapat mempengaruhi keadaan emosi dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

See also  Toxic Relationship: Arti, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya

Lupakan lingkungan

Menonton drama Korea bisa membuat Anda malas beraktivitas atau berkomunikasi dengan orang lain, bahkan dengan keluarga sendiri. Padahal, hubungan dan interaksi sosial Anda dengan orang-orang di sekitar Anda penting agar selalu berkesinambungan.

Kurang tidur

Terlalu sibuk menonton drama Korea seringkali bisa membuat Anda begadang dan mengurangi waktu tidur Anda. Padahal, kurang tidur berbahaya bagi kesehatan karena dapat menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan seperti depresi, gangguan kecemasan, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Selain hal di atas, pemantauan jangka panjang dari drama Korea juga dapat menyebabkan sakit punggung, mata lelah, dan masalah aliran darah karena sesi yang lama.

Meskipun menonton drama Korea memiliki beberapa manfaat kesehatan mental, sebaiknya jangan lupakan istirahat, makanan, dan tidur. Biarkan hal-hal yang membuat Anda bahagia tidak menyebabkan masalah kesehatan dan berdampak negatif pada kehidupan sehari-hari Anda.

Jika kamu merasa kecanduan menonton drama Korea yang mengganggu aktivitasmu sehari-hari, sebaiknya konsultasikan ke psikolog atau psikiater untuk mencari solusinya.

Check Also

(Leaked) Video yeager thugs, Attack On Titan Eren Yeager following Link

caramesin.com – (Leaked) Video yeager thugs, Attack On Titan Eren Yeager following Link,Anime character mod …

Leave a Reply

Your email address will not be published.