4 Manfaat Mandi Susu bagi Kesehatan Kulit

caramesin.com-4 Manfaat Mandi Susu bagi Kesehatan Kulit Mandi susu bisa menjadi cara untuk mendapatkan kulit yang halus dan kenyal. Tak hanya itu, manfaat mandi susu juga diketahui meringankan berbagai gejala penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan kulit kering.

Manfaat susu tidak hanya didapat dengan cara dikonsumsi, tetapi juga dicampur dengan bahan lain untuk mandi atau berendam.

Sejarah telah menunjukkan bahwa efek menguntungkan dari mandi susu pada kecantikan kulit telah dipercaya sejak zaman Romawi kuno. Padahal, sudah biasa di kalangan wanita saat itu berendam dalam campuran susu dan madu. Di zaman modern seperti sekarang ini, mandi susu dipercaya baik tidak hanya untuk kecantikan tetapi juga untuk kesehatan kulit.

Manfaat mandi susu

Berikut beberapa manfaat mandi susu dan cara menyiapkannya:

1. Melembabkan dan menghaluskan kulit

Susu mengandung lemak alami yang dapat menghidrasi kulit. Selain itu, asam laktat dalam susu berperan sebagai pengelupasan alami yang dapat mengangkat sel kulit mati. Pengelupasan ini membuat kulit lebih halus setelah mandi susu. Anda bisa mencampurkan 1 cangkir susu bubuk, 1/2 cangkir madu dan 1 cangkir oatmeal dengan air untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut.

2. Meredakan gatal

Mandi dengan susu juga bisa mengurangi rasa gatal akibat psoriasis. Anda bisa berendam di air panas yang dicampur dengan susu, garam Epsom, minyak mineral, madu atau minyak zaitun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan tersebut dapat menghidrasi kulit dan meringankan gejala gatal dan kulit kering pada penderita psoriasis. Setelah mandi, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap pada kulit agar efeknya maksimal.

3.Mengatasi kulit kering saat hamil

Perubahan hormonal pada ibu hamil dan perut yang membesar dapat mengurangi kelembapan dan elastisitas kulit. Itulah sebabnya kulit ibu hamil kering dan rata. Mandi susu bisa menjadi cara mengatasi kulit kering. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mandi susu. Gunakan juga air panas bersuhu 37 derajat Celcius dan batasi waktu perendaman hingga 15-20 menit.

See also  Link originale à TikTok Child Trauma Test mind.betterme.world

4. Menjaga kesehatan kulit bayi

Selain untuk orang dewasa, manfaat mandi susu dapat menghidrasi dan menenangkan kulit anak. Namun, sebaiknya gunakan Air Susu Ibu (ASI) jika ingin merendam atau membasuh bayi dalam ASI. ASI sendiri diketahui mengandung karbohidrat, berbagai vitamin dan mineral, serta senyawa bioaktif.

Tidak hanya dalam perawatan kulit anak, manfaat mandi susu untuk bayi dapat mengatasi berbagai penyakit kulit, seperti.

Eksim
Jerawat masa kecil
Ruam popok
Makanan serangga
Mendapatkan mandi susu untuk bayi ini mudah. Cukup rendam bak mandi bayi dengan air hangat dan tambahkan 150-300 ml ASI. Biarkan meresap selama 5-15 menit. Kemudian keringkan tubuh bayi Anda dan pijat dengan lembut untuk menyerap kelembapan yang diekstraksi dari mandi susu. Untuk orang dewasa, Anda dapat menggunakan berbagai jenis susu dalam susu mandi Anda, seperti susu sapi, susu mentega, santan, susu kambing, susu bubuk atau susu kedelai. Coba gunakan susu tinggi lemak untuk menjaga kulit tetap ternutrisi.

Manfaat mandi susu memang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, mandi susu jika Anda memiliki kulit sensitif. Ini karena asam laktat yang ada dalam susu dapat menyebabkan iritasi kulit. Selain itu, jika Anda mengalami gatal-gatal atau terbakar pada kulit, pusing atau bahkan perasaan ingin menurunkan berat badan, segera hentikan mandi susu dan konsultasikan ke dokter.

Related posts