Berapa Dimensi Ukuran Mesin Cuci dan Kapasitas Ideal? Temukan Jawabannya!

Mesin cuci memiliki beragam jenis dan ukuran. Karena itu, penting bagi kalian untuk memilih mesin cuci yang pas dan cocok untuk keperluan rumah. Begitu juga dengan kapasitas mesin cuci, yang notabene nya menentukan seberapa besar beban cucian yang bisa ditampung oleh mesin cuci.

Masalah nya, kalau kalian membeli mesin cuci yang terlalu kecil, kalian akan membuang buang waktu karena mesin tersebut hanya bisa menampung sedikit pakaian untuk sekali cuci. Sebaliknya, jika terlalu besar, biaya listrik akan naik dan air yang digunakan menjadi terbuang.

Pilih Tipe Mesin Cuci yang Tepat

Mencari tahu ukuran mesin cuci yang pas bisa saja menjadi hal yang sulit dilakukan. Misal kalian berencana membeli mesin cuci online, maka mau tidak mau kalian harus merujuk ke spesifikasi yang disediakan oleh penjual. Sementara jika langsung data ke toko untuk berbelanja, kalian harus mengingat dengan jelas ketersediaan ruangan untuk mesin cuci yang akan dibeli.

Untuk itu, ada beberapa langkah agar kalian tidak salah dalam membeli dan memilih desain mesin cuci.  Pertama dan yang paling penting, ialah ketahui tipe mesin cuci yang akan dibeli. Mesin cuci dapat dikategorikan menjadi:

#Mesin cuci full automatic

Mesin cuci tipe ini melakukan semua urutan cucian hanya dengan menekan satu tombol. Sangat simple bukan?

Biasanya mesin cuci fully automatic terdiri dari satu tabung, dimana tabung ini lah yang berperan untuk semua operasi cucian, mulai dari washer (pencuci), dryer (pengering), dan rinses (pembilasan pakaian).

Mesin cuci full automatic bisa dalam model front loading atau top loading, dan performa serta efisiensi mesin tergantung brand mesin cuci. Yup, ada harga ada kualitas tentunya.

#Mesin cuci semi automatic

Berbeda dengan full automatic, semi automatic ibaratnya sebagian besar proses cucian itu otomatis, dan sisanya harus dilakukan manual. Misalnya, kalian harus mengisi air ke dalam tabung dengan manual, tentu bisa dengan menggunakan ember atau dengan mengalirkan air keran.

Umumnya, mesin cuci semi automatic hanya diperuntukkan untuk jenis mesin cuci top loading, dilengkapi dengan dua tabung; satu untuk mencuci, satu lagi untuk spinning.

Apa Maksud Ukuran Dimensi Mesin Cuci?

Kalian tentu ingin tahu ukuran mesin cuci yang akan dibeli. Ukuran atau dimensi di sini maksudnya adalah dimensi dari mesin cuci; tinggi, panjang, dan lebar. Kebanyakan mesin cuci memiliki tinggi dan lebar standar, begitu juga dengan panjangnya. Karena itu, ketahui ukuran mesin cuci, pertimbangkan apakah nanti bisa masuk melewati tangga atau pintu.

Selain ukuran mesin cuci, ada hal lain yang tidak kalah penting. Yakni “seberapa luas dan besar ruang yang kalian miliki di rumah untuk ditempati mesin cuci?” 

Kalau kalian punya ruang yang agak sempit untuk mesin cuci, hal ini mungkin menjadi pertimbangan utama dalam memilih mesin cuci. Contohnya, mesin cuci fully automatic top load biasanya lebih cocok untuk diletakkan pada tempat yang tidak begitu luas dibandingkan dengan mesin cuci front load. Artinya, mesin cuci top load full otomatis dengan satu tabung lebih ideal kalau kalian tinggal di apartemen kecil.

Ukuran dimensi mesin cuci
Ukuran dimensi mesin cuci

Cobalah untuk lebih presisi saat mengukur ruangan mesin cuci, karena bahkan satu centimeter bahkan milimeter dapat membuat perbedaan. Dan setidaknya ada 2.5 cm jarak antara sisi mesin cuci dengan dinding.

Standar Ukuran Dimensi Mesin Cuci

Berikut standar ukuran dimensi rata rata mesin cuci, baik untuk front load maupun top load.

  • Tinggi. Standar tinggi untuk mesin cuci jenis front load adalah sekitar 85 cm. Sementara untuk mesin cuci top load, standar tingginya adalah 90 cm. Jadi, perbedaan tinggi mesin cuci front load dan top load adalah 5 cm.

    Ukuran tinggi mesin cuci
    Ukuran tinggi mesin cuci
  • Lebar. Mesin cuci front loading memiliki standar lebar sekitar 60 cm. Dan untuk top load itu sedikit lebih sempit, standar nya sekitar 40 cm dengan kapasitas beban cucian sampai 6 kg.

    Ukuran lebar mesin cuci
    Ukuran lebar mesin cuci
  • Panjang. Standar panjang untuk mesin cuci top loading sekitar 60 cm, sama dengan mesin cuci front loading. Namun, bisa saja berbeda 5 sampai 10 cm karena ada bagian tambahan. Ingat kalau pintu mesin cuci juga harus bisa dibuka, jadi jangan letakkan bagian depan ditempat yang sempit.

    Ukuran panjang mesin cuci
    Ukuran panjang mesin cuci

Berapa Ukuran Mesin Cuci yang Kalian Butuhkan?

Apakah kalian terdiri dari keluar besar? Kalau iyya, maka mesin cuci yang besar merupakan pilihan tepat. Berikut beberapa pertimbangan lainnya dalam memilih ukuran dimensi mesin cuci:

  • Mesin cuci dengan kapasitas 6-7 kg ideal untuk keluarga dengan 4 anggota
  • Kalau kurang dari 4 orang dalam satu keluarga, kalian punya opsi untuk mesin cuci yang lebih kecil
  • Sebaliknya, jika lebih dari 4 orang, maka pertimbangkan mesin cuci yang besar
  • Jika dalam kelaurga ada banyak anak anak, sebaiknya kalian membeli mesin cuci dengan fungsi pengunci agar lebih aman

Apa Arti Kg Kapasitas Mesin Cuci?

kapasitas mesin cuci
Kapasitas mesin cuci

Jika kalian menyadari tulisan yang tertera pada mesin cuci dalam satuan kilogram (Kg) seperti mesin 5 kg, atau 7.5 kg mesin cuci, atau 10 kg, maka perlu kalian tahu, angka ini bukanlah berat mesin cuci. Melainkan, angka ini ialah berat beban laundry yang dapat dibasuh oleh mesin cuci secara efektif dan optimal.

Ingat, semakin besar kapasitas mesin cuci, semakin besar dan berat desain mesin cuci tersebut. Jadi pastikan untuk mengecek kembali ukuran mesin cuci sebelum membeli, lihat apakah cocok dengan ruang yang akan ditempati.

Baca juga: Cara Kerja Mesin Cuci Top Load (1-2 Tabung) Dan Front Load

Apakah Kapasitas Mengukur Pakaian Kering atau Basah?

Setiap orang tahu kalau pakaian akan semakin berat ketika basah. Jadi jawabannya apa?

Ya, kapasitas beban mesin cuci merujuk kepada berat pakaian kering. Jadi mesin cuci yang misalnya menampung 7 kg berat berarti dapat membersihkan 7 kg pakaian kering. Tentu saja, beratnya akan bertambah lebih dari 7 kg saat air mulai memasuki drum mesin cuci. Namun jangan khawatir, karena begitulah cara mesin cuci bekerja.

Kenapa Kapasitas Mesin Cuci itu Penting?

Ada beberapa alasan mengapa kapasitas sangat penting ketika kalian ingin membeli mesin cuci:

  • 6 – 7 kg kapasitas mesin cuci pas untuk keluarga dengan 4 anggota keluarga
  • Kira kira, kapasitas 8 kg mesin cuci dapat menampung bebna cucian sampai 40 pakaian
  • Mesin cuci harusnya bisa bertahan untuk beberapa tahun, dan pertimbangkan ke depannya saat keluarga kalian bertambah, mesin cuci juga sebaiknya diganti dengan yang lebih pas

Tinggalkan komentar