Breaking News

Tutorial Cara Kerja Busi

caramesin.com – Tutorial Cara Kerja Busi, Fungsi busi pada kendaraan adalah untuk membakar campuran bensin dan udara yang telah dimampatkan oleh gerakan piston. Mulai dari cara kerja busi, dapat dikatakan bahwa komponen ini sangat mendasar dalam proses pembakaran mesin bensin atau diesel.
Artinya tanpa busi, proses pembakaran di ruang bakar mesin tidak akan pernah berlangsung dan semua komponen yang berhubungan dengan sistem gerak tidak akan berfungsi sesuai tugasnya masing-masing.

Fungsi lain dari busi yang juga harus dipahami adalah untuk mengekstrak energi panas yang tidak diinginkan dari ruang bakar dan kemudian mentransfernya ke sistem pendingin kendaraan.
Busi, atau busi dalam bahasa Belanda, berbeda untuk setiap mesin tergantung pada ruang bakar yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin dan kemudian terus mengemudi. Meskipun ukurannya kecil, lilin terdiri dari banyak komponen kompleks. Beberapa komponen tersebut ditunjukkan di bawah ini.

1. Penjepit

Terletak di atas busi, menghubungkan busi ke busi dan terbuat dari besi.

2. Isolator keramik

Bagian keramik atau porselen berada di belakang konektor. Berfungsi untuk mendukung mekanisme inti elektroda di bagian tengah dan juga merupakan isolator listrik tegangan tinggi yang mengalir melalui inti elektroda.

3. Heksadesimal

Ukuran hex menentukan soket yang diperlukan untuk memasang busi pada kendaraan.

4. Ujung isolasi

Ujung isolator ini merupakan daerah yang mengalami pembakaran karena terbuat dari bahan yang dapat menahan suhu tinggi. Resistansi maksimum 650 derajat Celcius dan tegangan suplai maksimum 60.000 volt.

5. Paking:

Ini mencegah kompresi ruang bakar bocor keluar dari lubang busi.

6. Kasus Logam:

Terletak di kursi busi untuk mengamankan busi ke kepala silinder. Itu juga dapat bertindak sebagai konduktor dengan konduktivitas termal yang baik.

See also  what human feeling are you quiz tiktok Viral

7. Elektroda tengah

Ini adalah konduktor energi listrik, juga disebut kepala busi, yang terhubung ke terminal. Itu terbuat dari kombinasi tembaga, besi, nikel dan logam.

8. Ground

Ujung busi yang bersentuhan langsung dengan badan kendaraan

Cara Kerja Busi

Busi terhubung dengan listrik tegangan tinggi yang dihasilkan koil pengapian. Saat elektron mengalir dari koil melalui kepala busi tercipta perbedaan tegangan listrik antara bagian tengah dan samping pada elektroda.

Pada saat itu tidak ada arus yang dapat mengalir ini karena gas campuran bahan bakar dan udara yang terdapat di celah masih berfungsi sebagai insulator. Namun seiring tegangan yang terus naik, hal ini mengubah struktur gas itu.

Ketika tegangan cukup maka gas bakal terionisasi dan berubah menjadi konduktor kemudian membuat elektron-elektron bisa melintasi celah.

Busi biasanya membutuhkan tegangan lebih dari 20.000 volt agar menyala dengan benar. Ketika arus elektron terus bertambah melintasi celah, temperatur bisa meningkat sampai 60.000 Kelvin (59.000 derajat celcius).

Panas yang kuat itu menyebabkan gas yang telah terionisasi meluas dengan sangat cepat, seperti ledakan kecil dan berbunyi ‘klik’ saat terjadi percikan.

Panas dan tekanan tinggi memaksa gas bereaksi satu sama lain dan pada akhir periode percikan terdapat bola api kecil yang ukurannya tergantung campuran bahan bakar dan udara.

Jika bola api itu berukuran kecil dikenal dengan istilah pengapian mundur, sementara yang terlalu besar disebut pengapian maju. Pabrikan mobil telah mengindikasikan bahwa waktu pengapian yang tepat ditentukan oleh kondisi mesin dan jenis bahan bakar yang direkomendasikan.

Demikian penjelasan mengenai fungsi busi dan cara kerja busi. Komponen penting dari kendaraan ini harus ditangani secara teratur sesuai dengan petunjuk di manual karena tidak peduli seberapa kuat anak Anda, itu dapat dihancurkan oleh penggunaan.

See also  MENGATASI MASALAH PENGLIHATAN TANPA OPERASI LASER. PARA AHLI MENGKLAIM DAPAT MEMPERBAIKI PENGLIHATAN MATA ANDA SENDIRI DI RUMAH."

Check Also

Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik

Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik

caramesin.com – Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik, Industri manufaktur pada era ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published.