Terdapat 5 Ciri Kompresor Kulkas Rusak atau Mau Mati

caramesin.com – 5 Ciri – Ciri Kompresor Kulkas Rusak atau Mau Mati,Tidak jarang orang yang tidak mengetahui apa saja ciri-ciri kompresor kulkas yang rusak. Alasannya adalah, pada kenyataannya, saya tidak memiliki keahlian dalam kerangka berpikir mesin pendingin itu. Saya juga sering mendapat pesan baik melalui email atau whatsapp talk menanyakan kenapa kulkas tidak dingin? untuk alasan apa kompresor pendingin sering berganti-ganti? selanjutnya, pertanyaan lain semacam itu.

Oleh karena itu, tampak jelas saya menulis artikel yang membahas masalah kompresor pendingin ini. Tujuannya agar pembaca lain juga mengetahui apa saja tanda-tanda jika kompresor pendingin bermasalah.

5 Ciri – Ciri Kompresor Kulkas Rusak atau Mau MatiSaya juga tidak bermaksud untuk meremehkan rekan-rekan teknisi saya yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia refrigerasi. Saya hanya perlu menyampaikan beberapa tanda kompresor kulkas rusak yang paling dikenal berdasarkan pengalaman pribadi.

Seperti yang mungkin kita ketahui, kompresor adalah peralatan utama di setiap mesin refrigerasi. Anda dapat membayangkan ini adalah kehidupan mesin Kulkas.

Tentu saja, jika peralatan ini rusak, baik lemari es maupun sistem kontrol suhu tidak dapat bekerja dengan benar. Karena hanya dengan kompresor ini proses pendinginan bisa terjadi. Memang, berikut adalah tanda-tanda jika mesin kompresor rusak. Kulkas tidak dingin
Ciri pertama yang mudah kita tangkap adalah lemari esnya tidak dingin. Jika kemarin es batu membeku kemarin, tetapi sekarang tiba-tiba mencair lagi, itu berarti kompresor di pendingin rusak.

Namun, kami juga tidak bisa langsung memberikan keputusan 100 persen karena sebenarnya ada banyak kemungkinan jika pendingin tidak dingin. Dalam hal ini saya proaktif menulis artikel yang berjudul Penyebab Pendingin Tidak Dingin, silahkan dibaca.

Suara kompresor jelas dan berisik

Pernahkah Anda mendengar suara kompresor pendingin yang jelas dan berisik? Memang itu tandanya kompresor mau jalan. Biasanya, Anda hanya perlu menunggu beberapa hari sampai benar-benar hilang. Penyebabnya bisa karena usia kompresor sudah terlalu lama, sehingga ada alat-alat di bagian dalam yang sudah habis. Akibatnya, suara menjadi bising dan cukup mengganggu telinga.

See also  Resistor Variabel: Pengertian, Simbol, Cara Kerja dan Jenisnya

Arus kompresor naik melewati batas terbesar

Jika kita mengecek ampere kompresor sampai naik melewati batas paling ekstrim, ini juga merupakan gejala dari pendingin kompresor yang rusak. Namun dalam hal ini kita juga perlu mengecek tekanan freon, soalnya jika tekanan freon banyak juga bisa mengakibatkan kenaikan ampere.

…Jadi, kita perlu tahu berapa PSI tekanan freon dan selanjutnya ampere kompresor terbesar. Dengan begitu kita bisa menyelesaikan apakah motor kompresor benar-benar rusak atau hanya kebanyakan kita mengisi gas freon.

Motor kompresor hanya suara dengungan

Dalam hal ini pendingin masih menyala, tetapi motor kompresor hanya berdengung tidak sampai menyala secara teratur. Penyebabnya bisa karena tegangan catu daya terlalu rendah, atau bahkan saat terkena tegangan tinggi atau rendah. Kalau sudah begini, biasanya sebentar lagi ampere kompresor akan naik dan setelahnya motor akan menendang ember.

Kompresor tidak mau hidup dengan cara apa pun

Memang, karakteristik terakhir dari kompresor pendingin yang cacat adalah motor tidak menyala dengan cara apa pun meskipun kita mencolokkannya ke listrik. Dalam hal ini, PTC hand-off atau over-burden mungkin putus. Oleh karena itu perlu dilakukan pengujian dengan memberikan tegangan kompresor secara langsung.

Saya telah memahami karakteristik kompresor lemari es yang cacat, di sini bukanlah tujuan pencipta untuk meremehkan. Namun, jika ada sesuatu yang perlu Anda tambahkan atau sesuatu yang tidak Anda ketahui, Anda dapat menuliskannya di bagian komentar. Sangat berkewajiban untuk Anda, idealnya berguna.

Related posts