Tampilkan Pria Transgender Hamil, Iklan Calvin Klein Jadi Kontroversi

caramesin.com-Tampilkan Pria Transgender Hamil, Iklan Calvin Klein Jadi Kontroversi Label Calvin Klein ramai dikritik sejumlah netizen pasca merilis iklan bertemakan hari Ibu. Pasalnya iklan tersebut memperlihatkan Roberto Bete, laki – laki transgender yang sedang hamil berpose bersama pasangan  Erika Fernandes. Pasangan asal Brazil tersebut siap menyambut kelahiran putranya yang akan diberi nama Noah. Mereka mengenakan pakaian dalam Calvin Klein di mana Fernandes mengenakan kaus putih dan celana, sedangkan Bete dalam celana Calvin Klein, memamerkan kehamilannya.

Bersama beberapa potret lain, yakni ibu seorang bayi sekaligus seniman asal Afrika Selatan dan potret keluarga seorang konsultan fashion, caption tujuan dari kampanye hari ibu ini diungkapkan. “Hari ini, untuk mendukung para perempuan dan ibu di seluruh dunia, kami menyoroti realita keluarga baru” jelas label Calvin Klein dalam akun Instagram resminya.

Iklan Calvin Klein itu pun langsung viral di media sosial setelah dipublikasikan. Berbagai respon terlontar––sebagian menyanjung inklusivitas yang ditampilkan dan sebagian lainnya menyindir aksi kontroversial rumah mode ini. Tidak sedikit komentar yang mengungkapkan ketidaksetujuan dan tidak akan membeli produk Calvin Klein lagi. Beberapa orang membalas mereka sebagai transphobia.

“Sementara itu, pakaian dan produkmu dibuat di negara dengan komunitas LGBTQ yang akan dihukum atau dibunuh oleh hukum yang mereka tegakkan. Ini tidak lebih dari sekadar perilaku mengisyaratkan dan melanjutkan pemisahan mengerikan yang telah terjadi di negara kita,” tulis sebuah akun yang berhasil mendapatkan lebih dari 2.000 likes karena pendapat ini. Anggapan lainnya muncul bahwa rumah mode menjadikan komunitas ini hanya sebagai alat pemasaran.

Beauties, ini bukan pertama kali kampanye Calvin Klein menuai kritik lho! Sebelumnya, iklan kontroversial Calvin Klein Jeans tahun 1980 dinilai paling provokatif, yakni Brooke Shields yang berusia 15 tahun menyebutkan tagline “apa yang ada diantara aku dan Calvin-ku? Tidak ada”. Iklan tersebut dilarang tayang di televisi. Skandal ad campaign Calvin Klein lainnya adalah supermodel Kate Moss yang saat itu masih berusia 17 tahun tampil telanjang dada di iklan tahun 1992.

See also  Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde

Related posts