Breaking News

Review Tecno Spark 8C,1 jutaan bisa ekspansi RAM dan punya layar 90 Hz

caramesin.com-Tecno Spark 8C dijual dengan harga Rs 1.549.000. Pada harga ini, ponsel ini memungkinkan ekspansi RAM hingga 7GB dan menawarkan kecepatan refresh layar 90Hz.

Bisa dikatakan ponsel bermerek Tecno ini merupakan pendatang baru di Indonesia. Setelah beberapa kali meluncurkan ponsel di tanah air, kini merek yang berada di bawah payung Transsion Holding ini memperkenalkan ponsel terbaru bernama Tecno Spark 8C di Indonesia.

Ponsel ini ditenagai oleh prosesor Unisoc T606 yang dipadukan dengan RAM 4GB (dapat diupgrade hingga 7GB) dan penyimpanan internal 64GB. Jangan lewatkan tampilan refresh rate 90Hz, Anda bisa mendapatkan semua fitur tersebut dengan harga Rs 1.549.000. Bagaimana pertunjukannya? Di bawah ini adalah hasil review saya.

Karakteristik proyek

Bodi belakang Spark 8C memiliki bahan matte, jadi bisa diasumsikan ponsel ini tidak mudah kotor akibat noda sidik jari. Yang membuat bodi perangkat ini tidak biasa adalah adanya pola garis vertikal di sebelah kanan. Karena itu, desain bodi ponsel ini tidak monoton. Modul kamera kamera ini berwarna hitam dan tidak dirancang untuk menonjol. Selain itu, lensa kamera tidak dibuat terlalu menonjol. Karena itu, Anda tidak perlu takut untuk meletakkan ponsel di permukaan yang keras. Sensor sidik jari terletak di bagian belakang ponsel, di dekat modul kamera.

Seperti kebanyakan ponsel saat ini, Spark 8C hadir dengan soft case sebagai pelindung tubuh di kotak ritelnya. Soft case ini juga memungkinkan bodi ponsel tidak terlalu licin saat digenggam.

Ada berbagai port dan lainnya di ponsel ini. Di bawah ini Anda akan melihat port audio 3,5mm, mikrofon, port USB untuk pengisian daya dan transfer data, serta speaker. Untuk port USB masih menggunakan jenis micro USB yang bisa dibilang sudah usang.

See also  Kopling Mobil Los: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Di sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol power. Meskipun kedua tombol berada di sisi yang sama, kemungkinan penekanan yang salah sangat kecil. Pasalnya, setiap tombol memiliki tekstur yang berbeda.

Di sisi kanan hanya ada slot kartu SIM. Slot ini bisa menampung dual SIM dan microSD yang masing-masing punya tempat tersendiri, bukan slot hybrid. Oleh karena itu, Anda tetap dapat memasukkan kartu microSD meskipun telah memasukkan dua kartu SIM ke dalam slotnya. Sekarang saatnya untuk melanjutkan. Layar yang digunakan Spark 8C adalah LCD berbasis IPS. Ukuran layar ini adalah 6,6 inci yang cukup besar dan memiliki water drop notch di bagian atasnya. Bezel pada layar ini tidak terlalu tebal, terutama di sisi kiri dan kanan.

Berbicara soal tampilan, ponsel ini memiliki refresh rate 90Hz, refresh rate yang cukup tinggi ini memungkinkan pergerakan konten di layar menjadi lebih mulus dibandingkan dengan tampilan refresh rate standar 60Hz.

Sebelumnya disebutkan bahwa kapasitas RAM ponsel ini dapat diperluas dengan memakan sebagian memori internal. Tecno menyebut metode ini Memory Fusion. Dengan Memory Fusion, Anda dapat meningkatkan 4GB RAM dasar hingga 7GB. Hal ini dilakukan dengan mengalokasikan ROM mulai dari 1GB, 2GB dan 3GB yang dapat dipilih sebagai RAM virtual.

Kamera

Ponsel Tecno Spark 8C memiliki kamera belakang ganda, kamera utama memiliki sensor dengan resolusi 13 MP. Untuk kamera kedua, Tecno menyebutnya AI Lens dan belum ada informasi lebih lanjut mengenai resolusinya. Saat memotret di siang hari, hasil yang diberikan kamera ini cukup baik dalam tampilan warna untuk ponsel sekelasnya. Tetapi ada beberapa bagian langit yang terlalu terang. Di sisi lain, ada bagian bawah pohon yang menunjukkan pencahayaan yang kurang. Namun, detail yang dihadirkannya cukup bagus karena tekstur daunnya bisa terlihat cukup jelas di kejauhan.

See also  BeauPicks: Rekomendasi Bedak Tabur dengan Sensasi Ringan dan Hasil Tetap Flawless

Saya juga beralih untuk mengambil gambar dengan zoom digital. Pada perbesaran 2x, hasil yang Anda berikan menunjukkan artefak underexposure di sisi kanan pohon. Selain itu, kualitas detailnya juga tampak menurun. Namun secara keseluruhan, memotret dengan zoom 2x di siang hari masih bermanfaat.

Saya masih menguji di Zoom. Zoom maksimum yang dapat dilakukan kamera ponsel ini adalah 4x. Hasil yang diberikannya telah mengalami pengurangan detail yang sangat penting. Tekstur pepohonan dan rerumputan tidak terlihat jelas. Pada dasarnya, hindari pemotretan 4x zoom dengan ponsel ini.

Sekarang saatnya untuk mencoba mode HDR. Untuk ponsel Rs 1,5 crore, Spark 8C memiliki kualitas HDR yang baik saat memotret subjek yang menghadap jauh dari matahari. Warna hijau daun tetap terlihat jelas dengan paparan langit yang tidak terlalu agresif. Bahkan, awan tipis masih terlihat di area langit sebelah kiri.

Kamera Spark 8C juga dapat memotret dengan latar belakang bokeh. Singkatnya, pemisahan antara subjek dan latar belakang cukup jelas, tanpa tumpang tindih yang mengganggu. Sayangnya, ada perubahan dalam rendering eksposur yang terlalu agresif untuk kepala subjek. Di sisi lain, tidak mungkin mengubah intensitas bokeh dengan kamera ini.

Kamera depan ponsel ini dilengkapi dengan sensor beresolusi 8MP. Seperti kamera belakang, kita juga bisa menggunakan efek bokeh di latar belakang menggunakan mode Portrait. Untuk ponsel entry-level, kualitas bokeh kamera depan Spark 8C cukup baik meskipun ada beberapa gangguan di tepi subjek.

Saat saya memotret di malam hari dengan kamera depan, hasilnya adalah banyak eksposur yang mengganggu. Ini disorot di sebelah kiri bangunan yang saya potret. Ada juga kebisingan di beberapa area. Oleh karena itu, ketajaman hasil secara keseluruhan menurun. Kabar baiknya adalah foto malam hari terlihat cerah dan menunjukkan keseimbangan putih yang baik.

See also  Mengenal Tentang Motor Starter yang Sering Digunakan Sehari-hari.

Saat mengambil foto selfie di malam hari, hasilnya cukup cemerlang. Wajah dan pakaiannya terlihat jelas. Bahkan jika ada beberapa kebisingan latar belakang, itu tidak terlalu mengganggu. Respons tombol rana juga dapat diandalkan, sehingga hasilnya tidak tampak buram pada bidikan malam hari.

Seperti disebutkan di atas, salah satu kamera belakang Spark 8C adalah lensa AI. Artinya, ia mengandalkan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi foto yang diambil. Selama saya mengujinya, AI kamera ini mendeteksi garis luar di foto dengan cukup akurat sehingga warnanya bisa disesuaikan.

Pergi ke tes perekaman video. Anda harus berhati-hati saat merekam video dengan Spark 8C, karena ponsel ini tidak memiliki sistem stabilisasi. Ini dibuktikan dengan hasil goyang saat merekam video sambil berjalan. Selain stabilisasi, kualitas gambar video yang diberikannya pun cukup baik.

Check Also

brigadir j

Hubungan Terlarang Menjadi Motif Ferdy Sambo Habisi Brigadir J,

caramesin.com – Hubungan Terlarang Diduga Jadi Motif Ferdy Sambo Habisi Brigadir J, Amarah Tak Terbendung …

Leave a Reply