Breaking News

Mengenal Dollar Cost Averaging, Metode Mengenai Investasi yang Ramah bagi Pemula

Mengenal Dollar Cost Averaging, Metode Mengenai Investasi yang Ramah bagi Pemulacaramesin.com Naik turunnya pasar modal adalah hal yang biasa, hal ini biasa disebut dengan volatilitas atau risiko pasar. Salah satu cara berinvestasi untuk mengakali naik turunnya risiko pasar adalah dengan menggunakan teknik dollar cost averaging.

Diungkapkan CNBC Indonesia, per April 2021, jumlah investor pasar modal mencapai 5.088,093 SID mengutip informasi dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Jumlah ini meningkat 31,11% dari posisi menjelang akhir tahun 2020 yang mencapai 3.880.753 SID. Sementara itu, pada Maret 2021, ada 4,84 juta investor SID di pasar modal.

Semakin banyaknya investor pasar modal membuat siapapun memiliki kesempatan untuk berinvestasi, jangan sampai mereka yang masih pemula kewalahan dan tidak memiliki keinginan untuk berinvestasi. Semua hal dipertimbangkan, rata-rata biaya dolar adalah cara berinvestasi yang mudah, terutama bagi investor pemula.

Anda dapat menggunakan ide ini dalam berbagai jenis instrumen investasi, baik itu investasi emas, dana bersama, saham, deposito, dll. Dengan menggunakan teknik rata-rata biaya dolar, Anda dapat memperluas kemungkinan keuntungan sambil mengurangi risiko kerugian dalam investasi.

Apa itu dollar cost averaging?

Pernahkah Anda mendengar istilah ini? Apa itu rata-rata biaya dolar? Gagasan sederhana tentang rata-rata biaya dolar adalah tabungan biasa, di mana Anda menginvestasikan jumlah uang tunai yang sama secara konsisten atau bulanan.

Terlepas dari kondisi moneter saat ini, dollar cost averaging akan membantu Anda lebih disiplin dalam membeli unit investasi, baik unit investasi tersebut naik maupun turun.

Manfaat menerapkan dollar cost averaging

  • Metode yang sangat ramah untuk investor pemula

Banyak individu yang masih ragu dan enggan berinvestasi karena menganggap perlu memahami dan mempelajari berbagai teknik dan analisis. Memang sih vital dan wajib, tapi kalau ilmunya belum sampai ke situ, strategi ini memungkinkan siapa saja untuk mulai berinvestasi karena idenya seperti menabung, tinggal konsisten saja.

See also  Manfaat Sayur Kol Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh
  • Mencegah momen buruk investasi

Berinvestasi dalam jumlah tunggal atau langsung dalam jumlah besar pasti dapat memberikan pengembalian yang sangat besar. Namun, Anda harus memiliki opsi untuk menguasai market timing (memiliki opsi untuk menebak biaya pembelian terendah, serta biaya penjualan tertinggi) untuk menghindari kerugian yang sangat besar.

Memang, strategi rata-rata biaya dolar dapat mencegah Anda dari saat-saat buruk ketika berinvestasi, khususnya ketika Anda membeli unit dengan biaya terlalu tinggi, atau menjual unit dengan biaya rendah. Karena dengan teknik yang membutuhkan konsistensi dalam berinvestasi ini, Anda akan mendapatkan nilai yang khas, tidak akan terlalu tinggi atau terlalu rendah.

  • Tidak terlalu berat, layaknya cicilan

Sebagian besar individu kini terkejut ketika mendengar kata investasi, karena biasanya membutuhkan modal awal yang sangat besar. Jika Anda tidak memiliki rencana keuangan besar untuk berinvestasi dalam jumlah ganda atau tunggal, strategi rata-rata biaya dolar dapat dianggap sebagai angsuran tetapi sebagai investasi.

  • Mengurangi risiko kerugian

Karena seperti instalasi dan penyimpanan normal, metode ini mengurangi risiko kehilangan investasi Anda. Jika investasi dilakukan secara langsung dalam jumlah besar, seperti metode lump sum, jika harga satuan investasi turun, kerugiannya lebih besar daripada investasi dalam jumlah kecil.

Dengan metode rata-rata penghematan biaya dolar, ini adalah metode yang paling direkomendasikan bagi investor baru jika ingin mulai berinvestasi. Anda tidak perlu khawatir tentang analisis dan teknik terlebih dahulu dan menunggu waktu pasar yang tepat.

Sederhananya, tingkatkan investasi Anda setiap bulan dan biarkan investasi Anda bekerja. Bahkan, nilai investasi Anda mungkin tampak kecil pada awalnya. Namun jika dilakukan secara rutin dan dalam waktu yang lama akan memakan waktu yang lama hingga menjadi sebuah bukit, angka tersebut akan mengejutkan Anda nantinya.

See also  Ini Redmi Note 10 Pro 8/128 Harga dan Spesifikasi Lengkap

Deposito, investasi minim risiko

Jika Anda ingin berinvestasi dengan risiko rendah, seperti tabungan, cobalah memulai dengan deposito terlebih dahulu. Sebagai bank digital terkemuka di Indonesia, Bank Neo Niaga (Bank Neo) memiliki produk #BeraniMore love deposit yaitu Neo WOW Deposit lho.

Masa berlaku deposit Neo WOW sangat berbeda, dari 7 hari hingga 1, 3, 6 dan 12 bulan dengan nominal deposit mulai dari Rp 200.000. Tidak hanya itu, suku bunga deposito yang ditawarkan juga tinggi, mulai dari 6,5% p.a. hingga 8% per tahun.

Jangan khawatir, Bank Neo terdaftar dan juga dikelola oleh OJK. Caranya juga sangat mudah, Anda tidak perlu lagi ke bank. Semuanya mungkin dengan telapak tangan Anda, hanya menggunakan smartphone. Daftar sekarang dan investasikan dengan senang hati!

Check Also

Quién Es Sofía Castillo, Es Realmente La Hermana De Paloma Mami

Quién Es Sofía Castillo, Es Realmente La Hermana De Paloma Mami

caramesin.com – Quién Es Sofía Castillo, Es Realmente La Hermana De Paloma Mami,  Está en …

Leave a Reply

Your email address will not be published.