Penyebab Humidifier Tidak Keluar Uap Asap Dan 9 Cara Mengatasinya

Mungkin sudah banyak artikel yang membahas tentang cara memperbaiki humidifier yang rusak, seperti uap asap yang tidak keluar. Sayangnya, beberapa artikel tersebut tidak akurat dan relevan, sehingga saya harus membuat artikel yang lebih spesifik terkait cara troubleshoot humidifier yang tidak mengeluarkan asap.

Menurut beberapa konten channel di youtube, uap asap yang tidak keluar biasanya bisa saja disebabkan oleh humidifier diffuser yang lama tidak dinyalakan. Tapi tenang saja, karena kerusakan seperti itu bisa diperbaiki dengan mudah. Cukup dengan sedikit sentuhan, pelembab ruangan bisa kembali normal.

Cara Memperbaiki Humidifier Tidak Keluar Uap

humidifier tidak keluar uap
Ilustrasi humidifier mengeluarkan asap/uap

Jika pelembab udara menyala sebagaimana mestinya tetapi tidak mengeluarkan uap, maka kalian harus mencari tahu dulu penyebabnya. Setelah itu, kalian bisa coba memperbaiki humidifier tergantung kerusakannya.

Cara paling mudah ialah dengan mendiamkan humidifier beberapa saat. Kalau cara ini belum juga berhasil, maka ada beberapa trik jitu yang bisa kalian coba praktekkan.

1. Humidifier tidak mengeluarkan uap, atau asap keluar namun dalam jumlah kecil padahal lampu daya indikator menyala. Coba perhatikan hal berikut:

  • jumlah air dalam tanki kurang
  • air dalam tanki terlalu penuh
  • bagian membran rusak sehingga perlu diganti
  • jika mesin pelembab udara berisik, coba cek dan bersihkan transducernya kalau kotor

2. Apabila semprotan uap humidifier berbau tidak sedap, maka bisa saja:

  • bau plastik baru beberapa model humidifier
  • air kotor, sehingga reservoir atau penyimpanan air perlu dibilas
  • membran kotor, perlu dibilas kemudian dikeringkan

3. Sensor piezoloeketrik yang aus juga bisa menjadi penyebab humidifier tidak mengeluarkan asap. Biasanya hal ini ditandai dengan keluarnya air mancur dari humidifier.

4. Cek bagian evaporator pelembab. Jika bermasalah, segera ganti!

See also  Cara Kerja Air Conditioner (AC) Beserta Komponen dan Fungsinya
humidifer tidak keluar asap
Bongkar humidifer yang tidak keluar asap
penyebab humidifier tidak mengeluarkan asap
Bersihkan bagian humidifier yang tersumbat

5. Coba bongkar humidifier dan bersihkan bagian seperti yang ditunjukkan pada gambar. Biasanya bagian tersebut terlihat kotor, dipenuhi air dan tersumbat. Setelah selesai, pasang kembali komponennya.

6. Cara lainnya adalah dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  • cek sensor pada humidifier
  • cek tegangan controller nya dengan multimeter jika punya
  • cek soketnya, apakah terhubung dengan benar
  • pasang kembali sesuai urutan

7. Jika kalian menggunakan humidifer tipe evaporative, maka segera periksa filternya karena masalah umumnya terjadi di bagian ini. Akan tetapi, penyumbatan juga dapat terjadi pada humidifier model ultrasonik dan steam, terutama jika kalian memakai air yang banyak kotoran.

8. Penyebab lainnya humidifier yang tidak mengeluarkan asap ialah karena adanya endapan mineral yang dapat menyumbat sistem terlepas dari modelnya. Itu sebabnya produsen merekomendasikan penggunaan air suling. Membersihkan tangki dan alasnya secara menyeluruh akan menghilangkan penumpukan ini.

9. Kalian mungkin harus menunggu. Diperlukan waktu agar elemen pemanas untuk bisa menghasilkan efek yang diinginkan, terutama jika elemen pemanas ditutupi dengan endapan mineral. Menunggu 4 sampai 5 menit dapat memperbaiki masalah ini, tetapi penting juga untuk memeriksa tingkat humiditas sebenarnya di area tersebut.

Related posts