Breaking News

Gulai Belacan, Resep Sederhana dan Manfaat nya

Gulai Belacan, Resep Sederhana dan Manfaat nya

caramesin.com – Gulai Belacan, Resep Sederhana dan Manfaat yang Terkandung Di Dalamnya,Gulai Belacan, resep sederhana dan manfaatnya. Selain kaya akan budaya dan bahasa, Indonesia juga kaya akan makanan yang lezat.

Ciri khas makanan Indonesia adalah jumlah bumbu yang dikandungnya. Rempah-rempah ini membedakan makanan Indonesia dari negara lain. Salah satu hidangan yang bisa dipilih adalah gulai belacan. kamu tidak tahu? Ada cerita besar di balik nama kari ini. Nama Belacan sendiri diambil dari nama salah satu suku di Riau yaitu Belacan.

Kata belacan sendiri berarti terasi. Hal inilah yang memungkinkan masyarakat Riau menyiapkan hidangan dengan bahan dasar terasi atau udang. Kari belacan ini memiliki tekstur daging udang yang sangat halus. Sedangkan kuah kelapanya kental dan memiliki rasa pedas dari tambahan cabai rawit. Hal ini tentu akan disukai oleh orang yang langsung mencobanya. Membuat gulai ini tidak sulit, jadi siapapun bisa mencobanya.

Resep kari belacan

Kari dengan rasa manis yang dominan ini memiliki resep yang sederhana. Dimana, bahan dan cara membuatnya sangat mudah digunakan.

Bahan Kari Belacan

1 kg udang besar.
Minyak goreng
asam jawa
1,5 sendok teh lada
2 sendok gula pasir
1 liter santan
Garam secukupnya
3 bungkus terasi

Bahan halus

7 siung bawang putih
15 siung bawang putih,
10 buah cabai rawit
20 cabai merah
10 kacang hazel

Bagaimana cara melakukannya

Setelah semua bahan disiapkan, tinggal beberapa langkah lagi untuk membuat gulai belacan ini. Berikut langkah-langkah atau caranya.

  • Pertama, cuci udang sampai tidak ada kotoran yang tersisa
  • Kemudian siapkan minyak dalam wajan. Tunggu hingga minyak memanas.
  • Tambahkan bumbu halus dan terasi ke dalam wajan. Tunggu hingga warnanya berubah menjadi merah kecoklatan dan tercium bau harum.
  • Saat aromanya hilang, Anda bisa langsung masuk ke dalam udang.
  • Setelah masak, tambahkan santan, gula, merica, garam dan asam jawa. Kemudian aduk hingga santan mendidih dan mengental.
  • Tunggu beberapa menit hingga sausnya berkurang.
  • Gulai belacan siap disajikan.
See also  Rekomendasi Handphone Selfie Terjangkau di Tahun 2022

Manfaat Kari Belacan

Selain mengetahui bahan dan cara pembuatannya, masyarakat juga harus mengetahui manfaat gulai ini. Berikut pembahasannya. Jaga kesehatan jantungmu

Kandungan belacan mencegah masuknya racun ke dalam jantung. Oleh karena itu menjaga kesehatan jantung dan mencegah serangan jantung.

Mengurangi resiko kanker

Selain itu, gulai belacan juga bermanfaat dalam mengurangi risiko kanker. Hal ini karena belacnya mengandung vitamin B yang memiliki manfaat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Pencegahan anemia

Selain itu, diet khas Riau ini juga bisa mencegah anemia. Mengkonsumsi gulai ini bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh. Ini mencegah anemia.

Meningkatkan kinerja otak

Protein hewani yang ditemukan dalam gulai belacan, seperti ayam atau domba, mungkin berperan dalam meningkatkan kinerja otak. Sangat bagus, terutama digunakan oleh anak-anak. di mana kecerdasan otak dapat dibangun. Nah, itulah beberapa hal tentang gulai belacan. Mulai dari resep, cara membuatnya, hingga khasiatnya. Selain udang, gulai ini juga bisa menggunakan daging.

Check Also

Suzuki GSX-R150: Apa yang membuat motor sport ini menarik?

  caramesin.com-Seperti pabrikan sepeda motor lainnya, Suzuki juga merilis motor sport versinya. Ya, motor tersebut …